Mengenal Agrivoltaik dan Keuntungan Melimpah bagi Petani

oleh -670 kali dilihat
Mengenal Agrivoltaik dan Keuntungan Melimpah bagi Petani
Sistem agrivoltak-foto/goodnewsnetwork.org

Klikhijau.com – Dunia saat ini dipaluti berbagai masalah. Dua diantaranya adalah perubahan iklim dan ledakan populasi manusia.

Keduanya tak membawa kabar baik, sebab dunia akan menghadapi kekurangan air, energi dan makanan (krisis pangan) di tahun-tahun mendatang.

Kedua ancaman itu membuat para ilmuwan memutar otak untuk menemukan solusinya. Salah satu caranya adalah memanfaatkan enaga surya untuk pertanian berkelanjutan.

Agrivoltaik dianggap sebagai salah satu solusi untuk menangani perubahan iklmi dan ledakan populasi manusia. Istilah ini berasal dari dua kata, yakni agriculture dan photovoltaics.

KLIK INI:  Peran Komunitas MTS Atasi Perubahan Iklim melalui Pengelolaan Sampah

Agri sendiri mengacu pada produksi pangan sedangkan  voltaik berhubungan dengan produksi energi. Jadi keduanya dikombinasikan dan  membentuk agrivoltaik, yang merupakan kombinasi dari produksi tenaga surya di samping tanaman.

Fotovoltaik sendiri merupakan teknologi pengubahan energi dari sinar surya (matahari) menjadi energi listrik secara langsung. Peralatan fotovoltaik ini berbentuk kumpulan sel surya, disusun secara paralel dan disatukan menjadi modul surya.

Di bidang yang sedang berkembang ini, susunan panel surya terjalin ke dalam lanskap pertanian, ditempatkan di antara tanaman atau tepat di atasnya, tergantung pada lokasi dan jenis tanaman.

Saat ini, China memegang gelar untuk proyek agrivoltaik terbesar di dunia. Ini adalah sistem panel fotovoltaik yang komprehensif yang ditempatkan di atas goji berry regional.

Menurut Solar Plaze, “Proyek besar 640 MW dikatakan telah membantu mengurangi penguapan kelembaban tanah antara 30% dan 40%, serta meningkatkan iklim regional dan memperbaiki ekosistem kawasan dengan meningkatkan keanekaragaman hayati.”

KLIK INI:  Apa Kelebihan dan Kekurangan Perkembangbiakan Tanaman secara Generatif?  

Negara-negara lain juga berkecimpung dalam sistem agrivoltaik, yakni India, Malaysia, Taiwan, dan Prancis semuanya memiliki proyek yang sedang dikerjakan. Oregon State University memiliki pertanian agrivoltaic di Aurora, Oregon. Peternakan kecil di seluruh dunia juga mengadopsi praktik tersebut.

Meski tampak seperti kombinasi yang aneh untuk menciptakan energi terbarukan di tengah lahan pertanian. Ada sejumlah manfaat melalui dengan praktik agrivoltaik seperti dikutip dari Inhabitat, di antaranya:

  • Mengakomodasi kelangkaan lahan

Sistem agrivoltaik memanfaatkan lahan yang tersedia dengan menanam tanaman pangan dan menghasilkan energi pada saat yang sama, dengan jumlah ruang yang sama. Yang satu tidak mengambil dari yang lain.

Ini adalah proses yang bekerja dengan baik di daerah dengan ketersediaan lahan yang terbatas. Daripada memilih antara pertanian dan produksi energi terbarukan, kita dapat memiliki keduanya.

KLIK INI:  Literasi Mengenai Satwa Liar Minim di Ruang Publik
  • Meningkatkan produksi makanan

Hubungan antara tanaman dan panel surya secara mengejutkan bersifat simbiosis. Penggunaan ladang secara eksklusif untuk produksi tanaman, ilmu sistem agrivoltaik memungkinkan panel untuk meningkatkan tanaman sambil tetap memompa daya.

Tanaman seperti tomat, paprika, beri, dan tanaman anggur mendapat manfaat dari naungan tambahan yang disediakan panel. Karena mereka kurang stres di lingkungan yang lebih terlindungi, mereka menghasilkan panen yang lebih tinggi.

  • Produksi energi yang lebih tinggi

Pendinginan di bawah panel juga membantu memaksimalkan produksi energi dengan membuat panel surya bekerja lebih efisien.

Lingkungan tanaman jauh lebih dingin daripada tanah keras, menyediakan kontrol suhu yang memaksimalkan keluaran energi. Air yang terjadi pada tanaman juga berkontribusi pada efek pendinginan.

KLIK INI:  Terlihat Diam, Ini Hal Menakjubkan yang Dilakukan Pohon untuk Manusia
  • Menghasilkan energi

Salah satu keuntungan nyata dari agrivoltaik adalah  bergantung pada panel surya untuk menghasilkan energi. Energi ini kemudian dapat digunakan untuk menyalakan pompa irigasi, lampu gudang, rumah, peralatan pertanian dan banyak lagi.

Jika ada kelebihan bisa dijual kembali ke jaringan atau disimpan di baterai . Karena ini adalah energi terbarukan, ini adalah sumber yang bersih dan pasokan yang tidak terbatas.

  • Penghematan finansial bagi petani

Selain itu, investasi di muka melihat pengembalian dalam penghematan energi, dengan sistem agrivoltaik umumnya membayar sendiri dalam waktu sekitar 14 tahun. Selain penghematan energi, petani juga menghemat biaya air.

Hal ini terlihat melalui suhu tanah yang lebih rendah. Lebih sedikit panas tidak hanya berarti tanaman minum lebih sedikit, tetapi juga lebih sedikit penguapan.

Sistem agrivoltaik telah terbukti meningkatkan keuntungan bagi petani, dengan hasil panen yang lebih tinggi. Jika seorang petani menggunakan tenaga surya, itu berarti menggandakan hasil panen dan menggandakan energi.

KLIK INI:  Apa Itu 'Sustainability' atau Keberlanjutan?
  •  Mengurangi penggunaan air

Tanaman menggunakan lebih sedikit air karena mereka mendapat penangguhan paparan dari matahari tanpa henti. Bahkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh memiliki titik jenuh cahaya di mana mereka tidak lagi mampu mensintesisnya.

Secara tradisional ini berarti sinar matahari terbuang sia-sia dan tanaman rentan terhadap panas berlebih. Sebagai tanggapan, tanaman menyerap air tambahan untuk mengatasi kondisi seperti kekeringan.

Panel fotovoltaik bekerja untuk membatasi limbah itu, mengurangi konsumsi air di sepanjang jalan.   Panel surya dapat ditempatkan di atas saluran air untuk mengurangi penguapan dan memanfaatkan sepenuhnya lahan.

  • Lebih baik untuk lingkungan

Produksi energi bersih membawa manfaat listrik tanpa polusi udara , tidak seperti yang disebabkan oleh bahan bakar fosil. Dengan krisis air saat ini dan yang sedang berlangsung, agrivoltaik dapat juga menjadi bagian dari solusi konservasi air.

KLIK INI:  Perubahan Iklim Jadi Ancaman Serius bagi Burung Migran