Potensi Baru Tempat Pembuangan Sampah, Bisa Jadi Sumber Energi Surya

oleh -265 kali dilihat
Vietnam Beralih ke Energi Surya, Bagaimana dengan Indonesia?
Panel surya/foto-DW

Klikhijau.com – Saat ini pemerintah daerah di seluruh Amerika Serikat sedang memanen sejumlah besar energi dari pembangkit listrik tenaga surya.

Menariknya sumber energi surya itu berasal dari tempat pembuangan sampah tertutup yang dibangun tahun lalu. Fakta itu diungkapkan dalam laporan terbaru yang dirilis oleh  World Resources Institute  dan Resource Management Institute (RMI).

Laporan tersebut menemukan total 21 tempat pembuangan sampah yang telah dimanfaatkan untuk menghasilkan 207 megawatt tenaga surya.

Itu menunjukkan peningkatan 10 kali lipat dalam energi yang dihasilkan dari tanah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

KLIK INI:  KLHK Menyegel Tempat Pembuangan Sampah Ilegal Sebuah Komplek Perumahan di Bogor

Laporan tersebut menemukan bahwa total 21 tempat pembuangan sampah telah digunakan untuk menghasilkan 207 megawatt energi matahari. Ini berarti bahwa energi yang dihasilkan oleh tanah telah meningkat 10 kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut laporan Brightfield RMI, ada potensi besar untuk meningkatkan produksi ini secara nasional. Tempat pembuangan sampah tertutup yang tersedia dapat menghasilkan hingga 60 GW energi surya.

Daya sebesar itu cukup untuk memenuhi semua kebutuhan listrik Carolina Selatan. Lonjakan pembangkit listrik telah mendorong tumbuhnya minat untuk memproduksi energi bersih oleh pemerintah daerah.

Secara tradisional, tempat pembuangan sampah dibiarkan tanpa pengawasan dan sebagian besar terkunci karena tidak layak huni.

KLIK INI:  Ini 2 Poin Penting Deklarasi G20 Bali di Sektor Energi
Diubah jadi lapangan golf

Sementara vegetasi hijau dapat tumbuh di ladang, mereka sebagian besar diklasifikasikan sebagai ladang coklat secara lingkungan. Dalam beberapa kasus, area tersebut telah diubah menjadi lapangan golf.

Hanya saja dengan mengubahnya menjadi lapangan golf sama sekali tidak mendukung pemulihan lingkungan. Jauh lebih baik jika dijadikan pembangkit listrik tenaga surya.

Karena dengan pembangkit listrik tenaga surya, tempat pembuangan sampah  yang awalnya “menjijikkan” dapat dengan mudah diubah menjadi tempat yang memiliki tujuan, yakni sebagai sumber energi baru terbarukan.

Alasan mengapa panel surya bekerja dengan baik dengan lahan seperti itu adalah karena tidak perlunya investasi lebih lanjut dalam hal pengembangan lahan untuk solar.

Lagi pula, sebagian besar tempat pembuangan sampah didirikan dekat dengan akses jalan dan jalur pasokan listrik . Akibatnya, memanfaatkan tenaga surya dari fasilitas tersebut bisa lebih mudah.

KLIK INI:  Mengulik Sederet Fakta Tenaga Surya yang Jarang Terungkap

Di antara proyek-proyek penting baru-baru ini adalah satu kesepakatan Brightfield di Columbus, Ohio, yang akan menghasilkan hingga 50 megawatt energi setelah selesai.

Proyek serupa juga diumumkan pada Januari 2021 untuk dikembangkan di atas lahan seluas 240 hektar di Houston, Texas .

“Ada lebih banyak uji tuntas, ada lebih banyak desain dan rekayasa, dan waktu orang yang harus cukup untuk merencanakan ini,” kata Matthew Popkin,.

Manajer transformasi perkotaan di RMI itu juga menambahkan, jika  memasang pasak di rumput di lapangan acak dengan buruk, tanahnya mungkin rusak. Namun, jika menempatkan saham di tempat pembuangan sampah dengan buruk, masyarakat mungkin akan menderita.

KLIK INI:  Jenis dan Tips Mengatasi Polusi Cahaya, si Pembawa Bahaya dalam Terang
Bukan hal baru

Sebenarnya mengubah tempat sampah menjadi sesuatu yang baru dan berguna, bukanlah hal baru.  Sebagian besar penggunaannya diubah menjadi sesuatu, hanya saja cukup mahal dan berisiko.

Misalnya, tempat pembuangan sampah telah diubah menjadi taman untuk hewan liar. Namun, metode ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Langkah dalam tempat pembuangan sampah menjadi  taman untuk satwa liar, selain butuh investasi besar, juga  berisiko terhadap kesehatan  hewan.

Karena itu, mengubahnya menjadi sumber energi baru, jauh lebih bermanfaat dan lebih hemat biaya.

KLIK INI:  Energi Baru Terbarukan, Kekuatan Baru Energi Dunia

Sumber: Inhabitat