Perihal Songkolo, Kuliner Merakyat Sulsel dan Manfaat Beras Ketan bagi Tubuh

oleh -141 kali dilihat
Songkolo bagadang
Songkolo bagadang, makanan khas Sulsel/Foto-Cookpad

Klikhijau.com – Selain kaya budaya dan destinasi wisata, Sulawesi Selatan juga memiliki beraneka ragam kuliner yang khas dan mampu memanjakan lidah dengan harga bersahabat.

Salah satu kuliner yang selalu mampu menjadi pilihan saat lapar adalah songkolo bagadang. Songkolo adalah salah satu makanan khas di Sulsel. Dinamakan songkolo karena berasal dari kata ‘sokko’ yang berarti nasi ketan. Ya, songkolo adalah olahan dari beras ketan.

Sedangkan sematan kata bagadang atau begadang ditambahkan, karena makanan ini kerap dijumpai hingga larut malam. Apalagi di kota-kota besar di Sulawesi, kuliner ini akan dengan sangat mudah ditemukan di malam hari. Harganya pun ramah di kantong.

Menu ini termasuk dalam jenis makanan berat. Karena terbuat dari bahan utama beras ketan putih atau hitam. Beras ketan ini dimasak bersama dengan sari kelapa atau ‘santan’. Itulah yang membuat rasa sokko menjadi gurih dan legit.

KLIK INI:  Kacang Tunggak Segudang Manfaat, Cegah Kerusakan Mata hingga Lancarkan Pencernaan

Apalagi dengan tambahan parutan kelapa yang telah diolah menjadi ‘bajabu’ atau serundeng. Bajabu kerap kali menjadi pasangan terbaik untuk menyantap nikmatnya sokko. Perpaduan yang pas untuk menggoyang lidah.

Biasanya, songkolo atau sokko dikolaborasikan dengan ikan teri kriuk, telur asin, dan sambal tomat. perpaduan rasa yang beragam, ada manis, asam, pedas, gurih dan legit. Apalagi jika dinikmati saat malam hari, tidur akan terasa lebih nyenyak.

Cara memasak songkolo terbilanglah mudah, karena hanya dikukus saja. Namun, sebelum dikukus biasanya beras ketan direndam terlebih dahulu.

Beras jenis ini (ketan) mengandung serat, dan hampir tidak memiliki lemak atau kolesterol. Beras ini juga memiliki kadar protein, vitamin B, selenium, seng, magnesium, tembaga, dan fosfor.

Berikut 5 manfaat beras ketan yang baik untuk tubuh ;

  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi olahan beras ketan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu disebabkan dari kandungan antioksidan yang ada pada ketan. Antioksidan mampu menjadi penangkal berbagai macam penyakit.

Selain antioksidan, beras ketan juga mengandung berbagai vitamin, tembaga, dan seng. Efeknya, dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Dampak lainnya, yakni membantu metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Sehingga tubuh bisa lebih sehat dan kuat.

  • Bisa jadi masker organik untuk kesehatan kulit wajah

Bukan hanya memberi manfaat di dalam tubuh, antioksidan yang terkandung dalam beras ketan juga sangat berguna untuk kulit wajah. Bagi kulit, antioksidan sangat diperlukan untuk membantu mempercepat produksi kolagen yang berperan membuat kulit nampak lebih kenyal dan elastis.

Selain diolah menjadi makanan, beras ketan juga bisa dijadikan masker atau lulur organik sebagai salah satu bahan perawatan untuk meremajakan kulit. Pada setiap bulir beras ketan juga mengandung vitamin C, B6, B2, B1 dan E, yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

  • Cegah keroposan tulang

Dalam beras ketan terkandung 2 miligram kalsium, 4 miligram magnesium, 0,2 miligram besi, 7 miligram fosfor dan 9 miligram kalium. Kekayaan nutrisi pada beras ketan ini sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Dalam sehari tubuh manusia membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium. Kekurangan kalsium, berdampak pada tulang yang akan mudah keropos, kerapuhan gigi, katarak, dan perubahan di otak.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung

Beras ketan mampu membantu menjaga kesehatan jantung manusia. Hal itu disebabkan karena ketan mengandung jumlah lemak yang rendah. Sebab, dalam satu setengah cangkir beras ketan menyediakan kurang dari 2 gram protein dan kurang dari seperempat gram lemak.

Lemak berlebih selalu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol. Namun, hal itu tidak berlaku dalam beras ketan, yang rendah kandungan lemak atau kolesterolnya.

Itulah mengapa jenis beras ini, selalu menjadi pilihan yang baik bagi oarang-orang yang memilik kondisi jantung, tekanan darah tinggi dan atau mereka yang berjuang melawan obesitas.

  • Bantu turunkan berat badan

Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum. Gluten dapat membantu menurunkan berat badan, juga memberikan energi dalam tubuh. Sama halnya beras ketan yang juga bisa berfungsi menurunkan berat badan karena kandungannya yang rendah lemak.

Nah, itulah sekilas tentang songkolo dan manfaat beras ketan bagi tubuh. Semoga memberi manfaat sahabat hijau.

KLIK INI:  Daeng Rimang dan Aroma Kue Tradisional di Pasar Pangkal EH Makassar