Ini Manfaat Kurma yang Tak Banyak Diketahui Orang!

oleh -183 kali dilihat
Ini Manfaat Kurma yang Tak Banyak Diketahui Orang!
Ilustrasi kurma
Uni Kurnia

Klikhijau.com – Selain takjil, kurma juga sangat identik dengan nuansa ramadan. Namun berbeda dengan keberadaan takjil, kurma bisa didapatkan meski tidak sedang dalam suasana ramadan.

Saat ini juga, banyak toko kurma yang baru beroperasi hingga masuk ke daerah-daerah. Menyediakan berbagai varian kurma, serta dengan tawaran harga yang lumayan aman di kantong. Sehingga semua kalangan bisa menikmatinya.

Buah yang berasal dari arab ini, selalu diistimewakan umat muslim saat bulan ramadan. Warnanya yang kecoklatan mengandung citarasa otentik dengan rasa manisnya yang mendominasi.

Khasiat kurma bagi kesehatan sudah sangat familiar dikalangan muslim seantero raya hingga dunia. Namun ternyata kandungan nutrisi yang tinggi dan beragam pada kurma juga berkhasiat untuk kecantikan loh. Bagi kaum hawa tentu ini kabar baik bukan ?

Kandungan, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K, vitamin C, kalsium, asam folat, karbohidrat, protein, potassium, dan serat. Berpadu dan saling berkolaborasi dalam satu buah kurma yang bermanfaat untuk kulit dan kecantikan.

Jadi, untuk kaum hawa jika kamu penikmat kurma, dan rutin mengkonsumsinya, maka selain sehat kamu juga akan mendapat khasiatnya bagi kecantikan kulitmu.

KLIK INI:  Tak Sekadar Diseruput, Ini 5 Pemanfaatan Lain dari Biji Kopi yang Jarang Dibahas!

Berikut beberapa manfaat kurma jika dikonsumsi secara rutin.

  • Menghaluskan dan melembutkan kulit

Vitamin A dan vitamin C diyakini sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Rusaknya jaringan kulit membuatnya terlihat kasar dan kusam.

Nah, perpaduan vitamin A dan C pada kurma bisa menjaga kelembutan dan kehalusan kulit, khususnya pada kulit wajah. Kurma bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Efeknya akan lebih terasa. Karena, vitamin A dan C pada kurma bisa langsung meresap pada lapisan kulit paling luar.  Caranya, cukup mudah. Haluskan beberapa butir buah kurma lalu campurkan air secukupnya. Kemudian aduk merata, selanjutnya oleskan ke seluruh bagian wajah. Selamat mencoba.

  • Memperbaiki sel kulit yang mati

Kulit kering membuat wajah terlihat nampak tidak segar. Dalam masalah ini, jaringan kulit yang rusak membutuhkan nutrisi vitamin B5 dan vitamin B6. Dan kabar baiknya, kandungan pada kurma memiliki dua vitamin itu.

Mengonsumsi kurma secara rutin, akan membantu proses perbaikan jaringan sel kulit mati atau rusak. Efeknya, kulit wajah akan kembali terawat, lebih bersih, segar, dan sehat. Juga akan membantu kulit agar terlindungi dari paparan sinar UV pada matahari.

KLIK INI:  Sedapnya Nasi Berenang yang "Ngangenin" di Wonomulyo Sulbar
  • Kulit akan lebih awet muda

Selain kandungan vitaminnya yang berlimpah, kurma juga memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan pada kurma ini bisa membantu kulit dalam melawan dan mencegah penyebab munculnya penuaan dini.

Penuaan dini biasanya ditandai oleh adanya flek hitam atau bintik-bintik gelap pada wajah. Hal ini disebabkan oleh kulit wajah yang sering terpapar debu dan sinar matahari yang menyatu diudara dan berbentuk polusi.

Nah, antioksidan bisa berperan untuk menangkis dan menangkal radikal bebas yang ada udara, seperti polusi itu.  Sehingga jika dikonsumsi secara rutin kurma bisa membantu mencegah penuaan dini, dan mampu menjaga kerusakan sel pada kulit wajah. Sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan berseri.

  • Menjaga kesehatan rambut

Bukan hanya untuk kulit wajah, manfaat mengejutkan dari kurma yakni, bisa difungsikan untuk rambut. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, diperlukan nutrisi vitamin B5 dan B6. Kedua vitamin ini juga bisa diperoleh dari buah kurma.

KLIK INI:  Perihal Tarajju’, Kue Khas Bugis-Makassar Berbahan Ubi

Selain itu, Kurma juga bisa menutrisi rambut yang bercabang dan kelihatan kusam, agar terlihat lebih hitam dan sehat. Caranya, selain dengan rajin mengonsumsi kurma secara langsung. Menggunakan sari kurma sebagai masker rambut secara rutin, akan membuat rambut lebih terlihat hitam dan sehat.

  • Menguatkan dan menyuburkan rambut

Bagi kaum hawa, rambut rontok berlebih memang selalu membuat resah dan gelisah. Nah, jangan sedih lagi, karena mengonsumsi kurma secara teratur bisa membantu mengatasinya.

Dalam hal ini, kurma bekerja menghantar nutrisi ke akar rambut hingga menembus kulit kepala. Itulah yang membuat rambut akan terlihat jauh lebih kuat dan terbebas dari keguguran atau rontok.

Bukan hanya itu, zat-zat pada kurma juga mampu menutrisi kulit kepala yang membantu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga seiring pertumbuhan rambut yang akan semakin panjang rambut juga akan terlihat lebih lebat.

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Bunga Teratai Bisa Diolah Jadi Makanan