Ini Satu Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Difungsikan

oleh -355 kali dilihat
Daun Pepaya
Daun Pepaya baik untuk kesehatan dan melunakkan daging/foto-istimewa
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Pepaya adalah buah ajaib yang ada di mana-mana. Disukai siapa saja dan di segala musim. Rasanya enak karena kelezatan dagingnya yang lezat.

Buah yang berasal dari daratan Amerika selatan dan Meksiko ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, terutama Vitamin A dan Vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada satu bagian dari pepaya yang juga tak kalah istimewanya. Daun buah pepaya (carica papaya). Rasanya memang pahit tiada tara.

Aromanya yang menyengat hidung bila dikonsumsi berpotensi membuat kita mual. Tak sedikit orang menghindarinya walau sudah tahu kandungan dahsyatnya.

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang kompleks, seperti protein, kalsium, lemak, vitamin A, B, dan C.

KLIK INI:  Sop Ubi Mama Icha, Pompa Semangat WCD Warga Batua Raya, Makassar

Daunnya bermanfaat bagi kesehatan, seperti dapat meredakan kram saat menstruasi, melancarkan ASI ibu menyusui, menyembuhkan demam berdarah, memperbaiki saluran pencernaan, menguatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.

Daunnya bahkan diyakini dapat meluruhkan penyakit berbahaya, seperti kangker, hingga tekanan darah tinggi.

Manfaat daun pepaya yang jarang difungsikan

Apakah itu? Bagi penggemar daging, pastikan Anda menanam pohon pepaya. Pasalnya, daunnya mengandung enzim papain yang mampu melunakkan daging.

Jadi, bila selama ini terganggu dengan daging yang keras dan seolah dapat merontokkan gigi, tidak ada salahnya memanfaatkan daunnya.

Memang banyak cara yang biasa dilakukan untuk melunakkan daging masakan. Memasaknya dengan durasi waktu yang lama misalnya. Cara ini efektif dapat membuat daging menjadi empuk.

KLIK INI:  Tak Terbayang, Jeans Rupanya Berpotensi Merusak Lingkungan

Tetapi, rasa daging tidak enak dan lezat lagi, karena terlalu banyak kehilangan air. Daging akan melepaskan banyak kandungan proteinnya akibat pemanasan berlebihan.

Cara lainnya adalah dengan memukul-mukul daging sebelum dimasak. Cara ini, selain repot tentu membutuhkan tenaga super. Dengan enzim papain, daging segar yang empuk dapat dinikmati. Bagaimana caranya?

Tutup daging segar dengan daun pepaya selama beberapa jam. Bila ingin lebih empuk lagi, cukup dengan mengambil air perasan daun pepaya dan merendam daging di dalamnya.

Setelah itu, jangan lupa bilas dagingnya berkali-kali dan merebusnya sebelum dikonsumsi.

Enzim papain pada daun pepaya, ternyata dapat memecah protein daging secara alami. Inilah yang menyebabkan tekstur daging menjadi lembut dan lezat. Silakan mencoba!

KLIK INI:  Kaya Manfaat, Kacang Mete Bagus Dijadikan Camilan di Pagi Hari