Cara Membuat Pot dari Barang Bekas, Murah dan Ramah Lingkungan

Publish by -225 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Cara Simpel Membuat Pot dari Barang Bekas, Murah dan Ramah Lingkungan
Pot dari kaleng bekas - Foto/Trubus

Klikhijau.com – Bagaimana cara membuat pot dari barang bekas? Saat ini sudah beredar banyak tutorial membuat pot tanaman dari daur ulang sampah. Ada yang membuat pot dari handuk bekas, popok bayi, hingga sampah plastik.

Jadi, tinggal memilih saja mau pilih yang mana dan langsung mempraktikkannya. Semangatnya jelas yakni pemanfaatan kembali barang bekas atau sampah agar tidak menjadi beban lingkungan.

Sahabat hijau, kali ini kami membagikan kisah dan pengalaman seorang pegiat bank sampah di Purbalingga, Jawa Tengah. Namanya Raden Roro Hendarti, Pendiri Komunitas Limbah Pustaka yang banyak memberi materi pelatihan tentang kreasi daur ulang sampah.

Berikut beberapa barang bekas yang bisa disulap jadi  pot tanaman, sebagaimana pengalaman ibu Roro Hendarti.

KLIK INI:  Benda-Benda yang Dapat Menyimpan COVID-19 dan Durasinya Bertahan!
  • Pot bunga dari kaleng

Kaleng tempat makanan atau kaleng plastik bekas jangan langsung dibuang. Kaleng ukuran kecil hingga besar dapat digunakan sebagai pot bunga, baik gantung maupun pot di tanah. Caranya gampang, cukup diberi beberapa lubang pada bagian bawahnya dengan memakai pakai atau alat lainnya. Setelah itu, isi dengan media tanam dan tanaman sesuai selera.

  • Pot bunga dari styrofoam bekas

Styrofoam yang dikenal sebagai sampah abadi terutama bila terbuang ke laut, ternyata dapat dijinakkan dengan pemanfaatan kembali. Salah satunya adalah dengan menyulapnya jadi pot bunga. Caranya? Styrofoam dilubangi bagian atasnya seukuran gelas air kemasan. Gelasnya dilubangi bagian bawahnya dan diletakkan di lubang styrofoam.

Bagian bawah styrofoam diberi air dan pupuk AB +. Lalu, bibit tanaman yang sudah disemaikan dimasukkan ke dalam gelas yang sebelumnya diberi kain. Jadilah hidroponik.

  • Pot dari pralon bekas

Bekas pralon pun bisa dimanfaatkan sebagai pot. Pralon dibuat dalam posisi berdiri lalu dilubangi bagian sisi kanan dan kiri secara memutar. Di dalamnya diberi media tanam dan siap ditanami. Bila kondisi pralon tidak pecah, bisa juga diberi lubang untuk hidroponik.

KLIK INI:  Cerita Sukses Fitriyanti di Palu, Sulap Sampah Jadi Jutaan Rupiah
  • Bekas kemasan minyak goreng

Bekas kemasan mintak goreng jangan langsung dibuat karena sangat baik digunakan sebagai pot tanaman.  Selain kemasan minyak goreng juga dapat memakai kemasan sabun cuci, sabun cuci piring, pewangi, pembersih lantai dan lainnya.

Caranya, bagian atasnya dibuka lalu dibersihkan terlebih dahulu. Diberi media tanam dan siap ditanami.

  • Bekas bener

Bekas bener bisa dijahit dan dibuat seperti kantong berukuran sesuai selera. Bagian bawahnya dilubangi lalu diberi media tanam.

  • Pot bunga dari botol bekas

Botol air mineral 600 ml atau 1,5 liter dilubangi agak besar di salah satu sisinya. Bagian bawah diberi lubang kecil. Sedangkan bagian ujung kanan dan kiri diberi tali. Bisa disusun sesuai selesai  lalu diberi media tanam dan ditanami. Tanaman dalam botol bekas bisa dibuat dalam posisi menggantung atau  diletakkan langsung di tembok. Tutorial lebih lengkap tentang cara memanfaatkan sampah botol bekas jadi hidroponok dapat dilihat DI SINI!

Selain benda-benda di atas sebagaimana pengalaman Raden Roro Hendarti dari Purbalingga. Ada pula cara kreatif membuat pot bunga dengan memanfaatkan popok bayi seperti yang dilakukan Rudi Ngowos di Kota Batu Malang.

Itulah beberapa Cara Membuat Pot dari Barang Bekas, semoga dapat menginspirasi. Kerja-kerja kreatif dengan menggunakan sampah juga akan menyelamatkan lingkungan dari ancaman bahaya sampah plastik.

Selamat mencoba!

KLIK INI:  Terbuat dari Sampah Plastik, Gelang Tikos ini Memberi Motivasi Pada Tiap Warnanya
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!