14 Resolusi Hijau di Tahun 2024 yang Mudah Diterapkan

oleh -23 kali dilihat
Pilih Apa Aksimu untuk Bumi Tercinta di Hari Lingkungan Hidup?
Ilustrasi - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Apa resolusimu di tahun baru ini? Pertanyaan seperti itu selalu tiba di tahun baru. Ada banyak jawaban untuk menjawabnya.

Satu di antaranya yang bisa jadi jawaban adalah berperilaku lebih ramah lingkungan. Hanya saja perilaku ini belum begitu populer.

Meski belum populer, bukan berarti kita tidak bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku ramah lingkungan, jika ditelisik, akan membawa pada pola hidup sehat dan hemat.

Sahabat hijau, jika ingin menerapkan perilaku ramah lingkungan di tahun 2024 ini. Banyak cara yang bisa ditempuh. Berikut 14 di antaranya:

KLIK INI:  Tudung Lampu Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Kol
  • Menghabiskan makanan

Percayalah, sahabat hijau tidak akan rugi saat menghabiskan makanan. Selain membuat lebih kenyang. Cara tersebut juga mengajari kita untuk tidak boros dan menghargai makanan.

Lebih dari itu, dengan menghabiskan makanan, secara otomatis kita telah bersifat adil dan baik pada lingkungan. Karena tidak menghabiskan makanan, berarti kita telah memproduksi sampah makanan. Sampah jenis ini akan berakhir di lingkungan dan mencemarinya, yang dapat menyebabkan peningkatan emisi gas rumah kaca.

  •  Membawa botol minum sendiri

Di tahun 2024 ini, kebiasaan membeli air kemasan penting dihentikan. Apalagi air minum kemasan, baik gelas maupun botol dominan terbuat dari plastik.

Jangan heran jika sampah dari air kemasan menyesaki lingkungan, khususnya laut. Karena itu, bawalah air minum sendiri.

Selain lebih sehat, car aini juga jauh lebih hemat. Jadi, bawalah tumbler ke mana pun saat bepergian.

  •  Membawa tas belanja sendiri

Membawa tas belanja sendiri yang dapat digunakan berkali-kali adalah resolusi hijau perlu diterapkan. Selain mengurangi penggunaan kantong plastik. Cara ini juga dapat mengurangi pengeluaran sahabat hijau. Jadi, lebih hemat.

Ocean Crusaders melaporkan, lebih dari 1 juta kantong plastik berakhir jadi sampah setiap menitnya. Jadi, saat menggunakan tas belanjaan sendiri. Sahabat hijau juga telah mengurangi sampah plastik.

KLIK INI:  Azza dan Cara Berbagi THR yang Tetap Ramah Lingkungan
  • Bersepeda untuk perjalanan jarak pendek

Jika jaraknya dekat dan medannya mudah ditempuh dengan sepeda. Parkirlah kendaraan bermotor sahabat hijau. Lalu gunakan sepeda. Cara ini adalah upaya mengurangi jejak karbon—salah satu pemicu pemanasan global yang meresahkan.

Selain ramah lingkungan, bersepeda juga dapat menjadi terapi yang baik bagi kesehatan.

  •  Perbanyak jalan kaki

Berjalan kaki, juga cara jitu mengurangi jejak karbon. Kurangi ketergantungan pada kendaraan bermotor dan rasa malas berjalan kaki dengan alasan lelah.

Melakukan aktivitas yang rutin berjalan kaki, selain hemat juga sangat baik bagi kesehatan. Menurut penelitian  American Heart Association, orang yang berjalan kaki lebih sering setiap hari memiliki risiko kematian yang jauh lebih rendah, daripada orang yang kurang aktif bergerak.

KLIK INI:  6 Hal yang Bisa Dilakukan Merayakan Hari Bumi di Tengah Pandemi
  • Matikan lampu

Saat hendak tidur atau saat tidak lagi digunakan. Padamkanlah lampu. Hemat energi adalah perilaku yang ramah lingkungan dan dapat masuk sebagai resolusi hijau di tahun 2024 ini.

  • Cabut peralatan Listrik

Terkadang kita tidak mencabut peralatan listrik seusai menggunakannya, misalnya charger gawai. Mencabut peralatan listrik yang tidak lagi digunakan, bukan hanya menghemat energi, tapi juga dapat menghemat pengeluaran sahabat hijau berupa tagihan pembayaran listrik.

  • Kurangi penggunaan tisu

Tisu telah menjadi bagian sulit terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tapi, ingat hanya sulit, bukan berarti penggunaannya tidak bisa dihentikan atau diminimalkan.

Tisu terbuat dari kayu (pohon) semakin banyak tisu digunakan, maka semakin banyak pula pohon ditebangi.

Karena itu, beralihlah menggunakan kain untuk melap meja, tangan atau apapun yang perlu dilap. Kain dapat digunakan berkali-kali karena jika kotor bisa dicuci.

Sementara tisu, meski praktis dan terlihat elegan, hanya dapat digunakan sekali saja dan berakhir di tempat sampah.

Bayangkan, menurut Ocean Conservancy, saat sahabat hijau beralih ke kain, itu dapat membantu mengurangi 13 miliar pon tisu setiap hari.

KLIK INI:  7 Tips Penting Saat Perkemahan Anda Terjebak Hujan
  • Beralih ke energi ramah lingkungan

Saat ini, sumber energi masih dikuasai oleh bahan bakar fosil (batu bara). Meski begitu, sumber energi baru terbarukan mulai banyak dilirik.

Beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan adalah solusi jitu untuk melawan perubahan iklim. Tidak ada salahnya mencoba memasang panel surya di rumah sahabat hijau.

  •  Membeli pada pedagang lokal

Saat ini, banyak yang suka berbelanja online. Meski cara tersebut lebih praktis dan hemat tenaga. Namun, kurang baik terhadap lingkungan.

Proses pengantaran akan menciptakan jejak karbon karena menggunakan kendaraan bermotor. Maka, tidak ada salahnya di tahun 2024.

KLIK INI:  Perlukah Perlakuan Khusus Pada Tas Belanja Selama Masa Pandemi Covid-19?
  • Menjadi vegetarian paruh waktu

Tidak ada salahnya membatasi konsumsi daging. Karena mengurangi separuh asupan daging dapat mengurangi jejak karbon sekitar satu ton setiap tahun.

 Jadi, menjadi vegetarian separuh waktu bukanlah hal buruk, sebab itu baik bagi kesehatan dan juga lingkungan.

  • Ganti bola lampu di rumah

Bola lampu atau bohlam telah banyak berubah. Dulu bola lampu dominan adalah lampu pijar atau CFL.

Saat ini telah ada LED yang efisien dan dianggap ramah lingkungan. Karena itu, mengganti bola lampu dari CFL ke LED adalah solusi yang bijak untuk berperilaku hemat energi.

  • Beralih ke kendaraan listrik

Peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik mulai gencar dilakukan. Tujuannya untuk mengurangi jejak karbon.

Karena itu, jika ada niat untuk membeli kendaraan atau mengganti kendaraan sahabat hijau, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memiliki kendaraan listrik saja.

KLIK INI:  8 Cara Sederhana Mendaur Ulang Pakaian Bekas Agar Layak Pakai
  • Naik kendaraan umum

Kurangi menggunakan kendaraan pribadi. Cobalah menggunakan kendaraan umum. Cara ini dapat memangkas jejak karbon dari kendaraan bermotor.

Menggunakan kendaraan umum juga memungkinkan sahabat hijau mendapat relasi atau teman baru selama perjalanan. Jadi, tidak ada salahnya memasukkannya sebagai resolusi hijau di tahun 2024 ini dan tahun-tahun mendatang.

 Demikianlah, semoga bermanfaat

KLIK INI:  12 Jurus Jitu Mengusir Cicak dari Rumah Secara Alami