Penyebab Bunga Peace Lily Anda Sekarat dan Cara Memulihkannya!

oleh -15,709 kali dilihat
Penyebab Bunga Peace Lily Anda Sekarat dan Cara Memulihkannya!
Ilustrasi Peace Lily - Foto/smartgardenguide.com

Klikhijau.com – Peace Lily ( Spathiphyllum ) atau lili perdamaian merupakan tanaman hias yang indah dan biasanya mudah dirawat di dalam ruangan. Memang menjengkelkan ketika ada yang salah, tetapi harus bisa diatasi agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Mari kita lihat mengapa Peace Lily Anda mungkin sekarat dan langkah-langkah untuk membantu mengembalikannya.

Cara memperbaiki Peace Lily yang sekarat

Jika masalahnya belum sepenuhnya parah, tanaman bunga lily Anda masih bisa diselamatkan. Sebagian besar spesimen yang bermasalah akan tampak pada perubahan warna daunnya, tetapi masalah paling umum juga terlihat di bagian akar. Lepaskan pot dengan hati-hati dan periksa akarnya.

Anda dapat menghilangkan dedaunan yang rusak, tetapi pertimbangkan untuk menjaga sebagian daun hijau – ini masih menghasilkan energi yang dibutuhkan tanaman Anda untuk pemulihan.

KLIK INI:  Ramah Lingkungan, Ini 5 Sedotan yang Berasal dari Tumbuhan

Tips lainnya:

  • Sterilkan alat pemotong Anda dengan alkohol isopropil (gosok) untuk menghindari masuknya atau menyebarkan patogen.
  • Pangkas daun di pangkalan mereka.
  • Jangan berikan pupuk ke tanaman yang sakit dengan harapan dapat memberikan dorongan — ini dapat mengejutkan sistem akar dan menambah keracunan tanah.
  • Meskipun mereka beradaptasi dengan kelembapan yang lebih rendah, bunga lili tumbuh lebih baik dengan tingkat yang lebih tinggi. Kelembaban yang tinggi bisa menjadi senjata rahasia untuk membantu mereka pulih.
  • Sirkulasi udara yang baik bermanfaat.
  • Penyembuhan membutuhkan waktu, jadi bersabarlah.
Daun sekarat tidak selalu masalah

Jangan khawatir tentang hilangnya daun tua sesekali dari Peace Lily Anda. Anda dapat memangkas dedaunan yang tidak sedap dipandang jika masih ada daun sehat lainnya.

peace lily
Ilustrasi Peace Lily yang layu – Foto/smartgardenguide.com

Juga, jangan khawatir jika bunga putih (spathes) mereka yang indah mulai mati. Mereka mungkin berubah menjadi hijau sebelum menjadi coklat, tetapi seluruh batang bunga dapat dicabut dengan aman.

KLIK INI:  6 Tanaman Hias yang Piawai Melepaskan Oksigen di Malam Hari
Kelebihan air (Overwatering)

Overwatering adalah penyebab paling umum dari kematian Peace Lily. Perhatikan dedaunan kuning, layu, dan tanda-tanda busuk akar. Rawat segera, dan hindari menyiram sesuai jadwal. Terendam air, suhu dingin, masalah nutrisi, hama, atau penyakit juga dapat membuat tanaman Anda stres dan menyebabkan penurunan kualitas.

Sejatinya ini adalah tanaman yang haus, terutama dalam cuaca panas, dan menyukai tanah yang lembab, tetapi mereka akan tenggelam dalam keadaan yang terlalu basah dan kelebihan air.

Karenanya, biarkan tanah sedikit mengering di antara sesi penyiraman untuk mengoksidasi akar dan mencegah masalah jamur. Biarkan beberapa inci teratas mengering sebelum benar-benar dilembabkan kembali. Alirkan kelebihan air melalui tanah untuk sepenuhnya merehidrasi campuran dan menyiram tanah.

Bunga lili dapat layu secara dramatis ketika mereka membutuhkan air: waktu yang ideal untuk membasahi kembali adalah sebelum mereka mulai layu. Di sinilah dibutuhkan pengalaman khusus, dimana Anda harus menyiramnya di momen yang tepat.

KLIK INI:  Melirik Nasib Beruang Kutub di Tangan Pemanasan Global

Berikut beberapa pertimbangannya:

  • Ketahuilah bahwa konsumsi air tanaman bervariasi sesuai dengan kondisi lingkungan. Salah satu alasan umum penyiraman berlebihan adalah mengikuti jadwal rutin yang tidak menyesuaikan dengan suhu yang lebih dingin atau tingkat cahaya yang lebih rendah.
  • Jika pot tanaman berada di dalam wadah luar dekoratif, pastikan untuk memeriksa bahwa tidak ada air yang menggenang di bagian bawah. Kosongkan wadah dari sisa air setelah penyiraman.
  • Gejala klasik overwatering adalah daun menguning, tetapi dedaunan juga bisa berubah warna menjadi coklat, biasanya di ujung dan tepi.
  • Jika tanaman Anda layu di tanah basah, itu mungkin berarti pembusukan telah masuk dan mematikan akarnya. Jangan sampai sejauh ini! Periksa tanah: busuk akar ditandai dengan adanya bau busuk.
  • Perawatan dasar untuk overwatering adalah dengan membiarkan tanah mengering dan kemudian melanjutkan pengaturan yang tepat. Jika Anda ingin mencoba menyelamatkan tanaman yang busuk akar, pangkas bahan yang membusuk dan saring di tanah segar.
Perhatikan suhu ruangan

Peace Lily tumbuh subur pada suhu rumah normal tetapi mengalami stres saat kondisi turun di bawah 41ºF (5ºC). Suhu yang sangat dingin dapat menyebabkan Peace Lily sekarat. Simak panduan merawat tanaman dalam ruangan pada Artikel ini.

Daun yang menguning atau menghitam adalah tanda-tanda trauma yang disebabkan oleh dingin. Anda mungkin tidak mendapatkan banyak peringatan sebelum kerusakan terjadi, jadi berhati-hatilah untuk melindunginya.

Catatan : Jendela dapat menjadi dingin secara tidak terduga, jadi jauhkan tanaman dari kaca yang tidak berinsulasi. Area ini menghangat pada siang hari; namun dingin pada malam hari atau selama cuaca dingin.

KLIK INI:  Sisca dan Wahid, Beri Kado Indah di Hari Gajah Sedunia dan HUT RI ke 75
Pencahayaan yang tidak tepat

Peace Lily adalah salah satu tanaman hias terbaik yang menyukai cahaya redup – mereka bahkan dapat berbunga dalam kondisi yang cukup redup – tetapi mereka tidak dapat tumbuh dalam keadaan terlalu redup.

Ini masalah yang mudah diperbaiki: cukup berikan kondisi yang lebih cerah. Peace Lilies bisa tumbuh subur di jendela yang menghadap ke utara.

Mereka juga dapat menangani cahaya terang tidak langsung, tetapi dengan cepat hangus di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari pagi yang lembut umumnya tidak apa-apa, tetapi jika tanaman terkena sinar matahari langsung dan Anda melihat bintik-bintik coklat, tanaman perlu perlindungan lebih.

Penyakit yang sering menyerang

Anda dapat meminimalkan risiko penyakit dengan menghindari stres tanaman. Usahakan agar dedaunan tetap kering, karena beberapa patogen potensial mudah menyebar melalui air.

Ada beberapa penyakit yang kerap menyerang tanaman ini antara lain:

KLIK INI:  Bunga Pukul Sembilan, Sering Dianggap Gulma Namun Kaya Manfaat

Cylindrocladium spathiphylli adalah patogen paling umum yang memengaruhi Peace Lily. Ini adalah infeksi akar yang dimulai dengan lesi coklat kemerahan dan berkembang menjadi akar yang kolaps dan membusuk. Gejala awal daun bagian bawah layu dan menguning.

Penyakit yang terbawa air ini paling aktif pada cuaca hangat. Biasanya yang terbaik adalah membuang tanaman dengan gejala lanjut, tetapi buang bahan yang terinfeksi dengan hati-hati: spora sangat mudah menular.

Phytophthora parasitica adalah patogen Spathiphyllum umum lainnya. Ini menyebabkan gejala yang mirip dengan Cylindrocladium – layu, dedaunan menguning, dan kerusakan akar. Ini menginfeksi tanah dan menyebar dengan mudah melalui campuran yang terkontaminasi.

Jaga agar daun tetap kering jika Anda mencurigai adanya infeksi Phytophthora, dan buang spesimen yang terkena dampak parah dengan aman.

KLIK INI:  Mengapa Pohon Jati Menggugurkan Daunnya di Musim Kemarau?
Hama

Tanaman tidak terlalu rentan, sehingga invasi sering kali merupakan tanda bahwa beberapa tekanan lain telah menurunkan pertahanan tanaman.

Pengunjung utama yang tidak diinginkan yang mungkin Anda lihat adalah hama tanaman rumahan yang umum: kutu daun, kutu putih, dan sisik. Kondisi kering juga mengundang tungau laba-laba.

Anda dapat memberantas serangga individu dengan setetes alkohol gosok; sabun insektisida adalah obat yang sangat baik dan lembut dari tumbuhan untuk serangan yang lebih besar.

Atau bawalah tanaman ke kamar mandi dan siram dengan larutan sabun.  Ulangi setiap empat hingga tujuh hari sampai situasinya terkendali.

Catatan : Jika Anda baru saja menyiram, hindari perendaman tanah lebih lanjut dengan membungkus pot dengan plastik.

KLIK INI:  Iman Mati, Spesies Badak Sumatera di Malaysia Berakhir