Makna yang Kelilingi Bunga Lili Berdasarkan Warnanya

Publish by -92 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Makna yang Kelilingi Bunga Lili Berdasarkan Warnanya
Bunga lili merah/Foto-Ist

Bunga lili adalah bunga yang dilelilingi makna berdasarkan warnanya

Klikhijau.com – Ketika pertama melihat bunga yang tumbuh di depan rumah. Saya bertanya pada Ibu, itu bunga apa? “Bunga lili,” jawab ibu.

Ibu memang biasa menanam bunga di halaman, meski tak banyak. Bunga lili adalah salah satu yang ia tanam.

Bunga ini tumbuh dengan tunas yang kuat, sekilas seperti tumbuhan kunyit, memiliki bunga eksotis yang memesona.  Identik dengan wujud dan maknanya yang cantik dan indah.

Lili atau Lilium adalah bentuk latin dari Leirion dan telah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Lilium merupakan salah satu genus dari suku/famili Liliaceae.

KLIK INI:  Fakta tentang Merak Putih, Burung Cantik dengan Ekor yang Berkilau

Jenis lili yang di tanama ibu adalah lili merah. Bunga ini tak hanya merah, ada putih, kuning dan lainnya.

Tidak hanya indah saat berbunga, rupanya bunga ini memiliki makna sesuai dengan warnanya, semisal bunga lili putih, yang memiliki makna suci atau bersih.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai makna bunga lili berdasarkan warnanya:

  • Lili merah

Lili merah seperti yang ditanam ibu saya, dikenal sebagai simbol kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah. Merah adalah lambang keberanian, sumber kekuatan, gairah, dan energi yang besar.

  • Lili oranye

Lili oranye justru memiliki makna yang negatif, terutama jika memberikannya dengan jumlah yang berlebihan. Lili oranye dikenal sebagai lambang kebencian, penghinaan, dan kesombongan.

  • Lili kuning

Lili kuning sering bermakna sebagai lambang perasaan yang bahagia. Selain itu, arti bunga lily kuning juga mengandung makna persahabatan. Warna kuning dapat memberikan kesan ceria dan bahagia

KLIK INI:  Balai Litbang LHK Produksi Parfum Tanpa Alkohol
  • Lili putih

Lili putih mengandung makna kesucian, kemurnian, ketulusan, kemuliaan, kehidupan baru, dan persahabatan.

Selain hal di atas, fakta lain tentang bunga lili adalah berasal dari daerah yang beriklim sedang yaitu bagian utara Eropa, Amerika Utara dan Jepang, serta merupakan tanaman herba berumbi lapis, yang tingginya 0,5 sampai 1,3 m.

Bunga lili lebih dominan tumbuh sebagai tanaman hias, yang cocok di tanaman di halaman rumah seperti yang dilakukan ibu saya itu.

Bunga lili juga merupakan lambang dari Organisasi Kepanduan Sedunia (WSOM). Lambang WOSM (World Organization of Scout Movement) dan di Indonesia digunakan tanda pengenal Gerakan Pramuka yang sering dipakai sebagai lencana pada pakaian pramuka.

Sementara menurut, Djadja Siti Hazar Hoesen, seorang peneliti di Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahwa lili oleh sebagian kultur masyarakat dilambangkan sebagai kesuburan dan ketenangan.

KLIK INI:  Meski Mengancam Nyawa, Kenapa Thailand Enggan Membunuh Ular?
Editor: Idris Makkatutu
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!