Kenali 5 Jenis Tanaman yang Dapat Mengusir Lalat di Rumah

oleh -328 kali dilihat
Kenali 5 Jenis Tanaman yang Dapat Mengusir Lalat di Rumah
Ilustrasi - Foto/Unsplash

Klikhijau.com – Tak jarang ketika sedang beraktivitas di rumah, kita dibuat tidak nyaman dan terganggu oleh keberadaan serangga seperti lalat.

Secara umum lalat memiliki banyak jenis dan spesies tertentu, namun yang sering kita jumpai dikenal dengan sebutan lalat rumah (musca domestica). Keberadaan lalat di rumah juga merupakan indikasi dari kebersihan yang kurang baik.

Dilansir dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa salah satu sumber penyakit seperti disentri, diare, demam tipes, kolera, infeksi mata, Infeksi kulit  disebabkan oleh lalat yang hinggap pada makanan dan minuman yang kita komsumsi.

Ini menunjukkan bahwa masalah lalat adalah salah satu masalah yang tidak dapat dianggap sepele karena memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah lalat tanpa mengocek kantung terlalu dalam?

Berikut ini 5 tanaman yang tidak disukai lalat yang dapat  kamu coba simpan di rumah, selain tanpa tambahan bahan kimia, tanaman ini juga bisa kamu jadikan penghias interior ruangan.

KLIK INI:  Sehimpun Tips yang Perlu Diterapkan Agar Perjalanan Lebih Berkelanjutan
Jenis tanaman dan cara pemanfaatannya
  • Kemangi

siapa yang tidak kenal dengan tanaman satu ini, daunnya berwarna hijau, seringkali digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan.

Aroma khas yang terdapat pada daun kemangi ternyata dapat mengusir lalat secara permanen dan antivirus pada daun kemangi yang mampu menciptakan lingkungan rumah yang sehat.

Cara pemanfaaatan

Rebus air hingga mendidih lalu masukkan 2 hingga 3 daun kemangi (bersama batang) selama satu jam lebih. Selanjutnya pindahkan air rebusan tadi ke dalam mangkuk atau piring. Simpan di tempat-tempat yang sering dihingapi lalat.

Airnya juga bisa kamu simpan ke dalam semprotan, cara ini umumnya digunakan untuk area yang tidak dapat terjangkau. Sempotkan secara rutin agar lalat tidak berkembang biak di dalam rumah.

Cara efektif lainnya bisa kamu coba tanpa melalui proses perebusan. Pertama siapkan pot bunga yang menarik, lalu pindahkan tanaman kemangi kedalam pot yang sudah kamu siapkan.

KLIK INI:  Lalat Buah, Sang Penyerang Buah dan 5 Fakta Menarik Tentangnya

Selanjutnya dapat kamu simpan di tempat-tempat yang sering di hinggapi lalat. Selain untuk mengusir lalat. Kemangi bisa kamu jadikan penghias interior rumah.

  • Rosemary

Rosemary dikenal memiliki bunga yang indah dan sering digunakan sebagai tanaman hias. Di balik keindahanya bunga roremory ternyata ia juga  memiliki aroma yang khas yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir lalat karena bersifat repellent(penolak) dan memilki aktivitas insektisida.

Cara memanfaatkannya

Karena terkenal indah, Rosemary bisa kamu jadikan sebagai penghias ruangan. Dengan memastikan kamu telah memindahkannya kedalam pot yang sudah berisi tanah.

Selanjutnya bisa kamu simpan di area seperti ruang tamu hingga dapur. Aroma dari rosemary dapat membuat nyamuk pergi dan tidak datang lagi.

KLIK INI:  Tips Sederhana agar Sayur yang Dimasak Tetap Hijau dan Segar

Kamu juga bisa mencobanya dengan merebus bunga rosemary, selama beberapa jam dan menyimpannya diarea yang lalat sukai seperti permukaan datar.

Jika sisa airnya masih banyak, maka bisa kamu coba untuk masukkannya kedalam semportan. Semprot lalat yang hinggap pada lantai atau tempat-tempat dengan suhu lembab.

  • Geranium

Hampir semua jenis geranium memilki aroma yang mirip seperti lemon dan mawar, sebagian jenisnya lagi memiliki aroma yang tak sedap. Namum umumnya geranium mempunyai zat geraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh serangga seperti lalat.

Selain itu Geranium memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat bertahan dalam cuaca ekstrim sekalipun. Ini memungkinkan untuk kamu penyimpannya di dalam rumah.

KLIK INI:  Intip 6 Cara Ampuh Menyimpan Cabai Agar Tetap Awet
Cara pemanfaatan

Pindahkan tanaman geranium yang ada di luar rumah kamu ke dalam pot tanaman yang cantik. Simpan di bagian yang sering di hinggapi lalat.

Rebus bunga geranium hingga mendidih, lalu siapkan wadah untuk menyimpan air rebusan geranium. Selanjutnya dapat kamu letakkan di tempat-tempat yang disukai lalat. Kamu juga dapat memasukkan air bunga geranium kedalam semporatan sebagai alternative lainnya.

  • Daun pandan wangi

Tanaman satu ini dikenal memiliki aroma khas yang berbeda dari tanaman lainnya. Tak jarang,  daun pandan wangi dijadikan perwarna dan pewangi pada makanan.

Kandungan senyawa saponin dan polifenol dan ditunjang dengan aroma khasnya ini dapat membunuh dan membuat lalat secara pernamen tidak dtang lagi.

Cara memanfaatkannya

Bersihkan daun pandan wangi yang masih segar, dan ambil pisau, iris dengan irisan kecil dan halus. Siapkan tempat piring atau mangkuk. Selanjutnya dapat kamu taruh ditempat yang benyak dihinggapi lalat.

Juga bisa kamu rebus daun pandan wangi dan menaruhnya kedalam botol semprotan. Selanjutnya bisa kamu gunakan dengan lebih praktis.

KLIK INI:  Tips Sederhana Mengusir Tungau dari Tempat Tidur secara Alami
  • Mint

Daun mint memiliki dua jenis yakni spearmint dan peppermint, kedua jenis ini memiliki sifat pertumnuhan yang terbilang cepat.

Daun mint sejak dulu dikenal hampu mengusir serangga seperti lalat, selain itu sering dijadikan sebagai tanaman hias. Kandungan menthol dan menthone dalam daun mint dapat membunuh serangga dengan menghambat proses sintesisnya.

Cara pemanfaatannya

Ada dua pilihan yang bisa kamu coba. Pertama menaman dari biji dan kedua adalah memindahkan tanaman mint yang sudah dewasa kedalam pot yang sudah kamu siapkan. Selanjutnya dapat kamu simpan di tempat-tempkat yang sering di hinggapi lalat.

Cara efektif lainnya bisa kamu coba adalah merebus daun mint dari daun,batang dan bunganya selama satu jam lebih. Setelah itu siapkan wadah seperti mangkuk. Selanjutnya bisa kamu letakkan di tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat seperti dapur dan lain-lain.

Jika masih ada tersisa air dari rebusan daun mint maka kamu bisa mencoba cara lain. Seperti menyiapkan botol semprotan yang sudah kamu bersihkan sebelumnya, masukkan sisa air rebusan tadi kedalam semprotan. Cara ini umunya untuk daerah-daerah yang tidak dapat  di jangkau.

Itulah beberapa jenis tanaman untuk mengusir lalat yang bisa kamu coba. Selain 5 bahan ini, beberapa bahan alami lainnya juga sering dipakai mengusir lalat, diantaranya daun belimbing.

Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Peduli Lingkungan, Bisa Dimulai dari 10 Tindakan Sederhana Ini!