7 Cara Alami Membasmi Lalat Buah di Rumah tanpa Bahan Berbahaya  

Publish by -560 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
7 Cara Alami Membasmi Lalat Buah di Rumah tanpa Bahan Berbahaya  
Lalat buah - Foto/Pertanianku

Klikhijau.com – Serangan lalat buah (Bactocera sp) di rumah memang menjemukan, lalu bagaimana cara membasmi sang lalat agar menjauh tanpa racun?

Banyak yang menyingkirkannya dengan semprot spray instan atau pestisida. Namun, cara ini jelas punya risiko dan sisi negatif yang buruk bagi lingkungan juga kesehatan.

Adakah bahan alami yang simpel dan murah untuk mengusir lalat buah di rumah? Berikut 7 langkah praktis yang bisa Anda coba lakukan di rumah khususnya saat musim hujan.

  • Jaga kebersihan rumah dan jangan ada piring kotor

Kebersihan rumah sangat mempengaruhi kemunculan lalat buah. Bersihkan rumah secara berkala khususnya di bagian-bagian tertentu yakni di dapur atau di tempat cuci kotor. Jangan biarkan ada area yang selalu basah karena sang lalat menyukai tempat lembap. Satu hal lagi, jangan biarkan ada piring kotor, sebab di sana ada sisa dan aroma makanan yang jelas mengundang lalat.

KLIK INI:  Hendak Mudik dengan Rasa Cinta Pada Lingkungan, Ikuti Tips Ini!
  • Memakai daun belimbing

Daun belimbing tak disukai oleh lalat buah. Ini merupakan cara tradisional yang sudah dikenal lama masyarakat di pedesaan. Letakkan daun belimbing segar di meja makan atau di meja dapur dalam jumlah yang cukup, lalat buah akan menjauh.

  • Memakai lilin kecil

Menyalakan lilin kecil di meja makan atau di tempat tertentu bisa dicoba untuk mengusir lalat. Api kecil akan terlihat sebagai musuh alami yang menakutkan bagi serangga satu ini.

  • Gunakan sengatan aroma cuka apel

Cuka apel memiliki aroma khusus yang sangat disukai lalat buah. Jadi, cairan ini dapat Anda olah untuk menyingkirkannya. Caranya? Siapkan bahan antara lain: cuka apel secukupnya, gula pasir, air dan wadah khusus.

Campurkan bahan-bahan yang ada, lalu taruh di tempat strategis di mana lalat-lalat akan mampir dan terperangkap mati di dalamnya.

KLIK INI:  7 Tips Memilih Produk Fashion Ramah Lingkungan
  • Tanam tumbuhan yang jadi musuh alaminya

Untuk diketahui, ada tumbuhan khusus yang tak disukai atau dapat dijadikan sebagai musuh alami serangga. Ini artinya, lalat buah misalnya dapat dicegah populasinya dengan menanam ragam tumbuhan yang aromanya tak diminati sang lalat. Apa saja? Empat tumbuhan ini bisa jadi pilihan yakni kemangi, daun pandan, bunga lavender atau daun mint.

  • Perangkap lem tikus

Dengan menggunakan lem tikus, lalat buah bisa disingkirkan. Caranya sangat simpel. Siapkan botol bekas air mineral atau perangkap berwarna kuning, lem perangkat tikus. Olesi botol dengan lem dan beri sedikit wewangian dari ekstrak daun wangi. Kemudian gantung perangkap di bagian yang aman dari jangkauan anak-anak. Serangga ini akan menempel di sana.

  • Memakai buah timun atau semangka

Selain daun dengan aroma khas, buah semangka atau timun juga bisa dipakai menyingkirkan lalat buah. Caranya adalah dengan meletakkan buah tersebut pada sebuah wadah misalnya botol bekas. Tutup dengan plastik lalu dilubangi. Lalat buah akan terjebak di sana.

Tidak hanya di rumah, serangga juga bisa disingkirkan secara alami di lahan pertanian tanpa pestisida.  Ada dua cara alami yang bisa dilakukan. Pertama, secara alami yakni dengan melindungi, melestarikan atau memberi ruang pada musuh alaminya berkembang biak. Musuh alaminya ini akan menyerang balik serangga seperti lalat.

Kedua, secara klasik yakni dengan mengimpor musuh-musuh alami dari daerah asal hama, kemudian mengembangkannya secara massal dan melepaskan ke lapangan untuk menekan populasi hama sasaran.

Cara alami ini diketahui memiliki banyak manfaat ekologi antara lain mencegah potensi pencemaran lingkungan dan menjauhkan penggunaan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan mahluk lainnya.

Itulah cara alami membasmi lalat buah di rumah, selamat mencoba!

KLIK INI:  Tips Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias, Klik Ini!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!