8 Manfaat Cuka yang Berkaitan dengan Pekerjaan Rumah Tangga

oleh -8 kali dilihat
8 Manfaat Cuka yang Berkaitan dengan Pekerjaan Rumah Tangga
Ilustrasi cuka - Foto/bisnis.com

Klikhijau.com – Cuka identik pula dengan masakan dan penyedap rasa, namun manfaat cuka bukan itu saja rupanya. Selain untuk dicicipi demi menambah selera makan pada ikan bakar atau sup, cuka juga berguna untuk ragam kebutuhan di rumah.

Yah, cuka dapat digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Penasaran apa saja yang bisa dibuat kinclong oleh larutan cuka dan apa saja hal lain yang bisa memanfaatkan cuka? Artikel ini akan mengulasnya.

Berikut 8 diantaranya manfaat cuka yang mungkin jarang terpikirkan di rumah:

  1. Membersihkan kaca jendela

Noda pada kaca jendela kerap sulit dibersihkan. Noda membandel tersebut rupanya bisa dilenyapkan seketika dengan cuka. Bagaimana caranya?

Campurkan cuka putih dan air secukupnya. Lalu gunakan cairan ini untuk mengelap jendela memakai kain atau spons. Setelah itu, lap kaca jendela dengan kain atau karet yang basah hingga benar-benar kinclong kembali.

KLIK INI:  Benarkah Berjilbab Berisiko Kekurangan Vitamin D? Klik Ini!
  1. Membersihkan microwave

Kamu mungkin bingung dan harus berpikir keras bagaimana cara membersihkan microwave di rumah? Bahan alami yang bisa dimanfaatkan adalah cuka.

Bagaimana caranya? Pertama-tama rebus larutan yang terdiri dari seperempat gelas cuka putih dan segelas air di dalam microwave hingga muncul uap pada jendela pintu microwave. Setelahnya, lap sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel pada jendela pintu microwave.

  1. Membersihkan kamar mandi

Pada noda membandel di kamar mandi ternyata bisa juga dituntaskan dengan larutan cuka. Caranya mudah yakni dengan menggosok spons yang telah direndam dalam larutan cuka selama beberapa waktu.

  1. Membersihkan coffee maker

Mesin pembuat kopi atau coffee maker yang kotor memang sulit dibersihkan. Jangan khawatir, sebab dengan memanfaatkan cuka, kotoran di coffee maker dapat diatasi dengan mudah.

KLIK INI:  Ngabuburit di Rumah Saja, Coba 9 Aktivitas Hijau Ini!

Yah, cuka ternyata sangat ampuh untuk melenyapkan sisa-sisa serpihan biji atau bubuk kopi serta minyak pada alat pembuat kopi.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengisi reservoar coffee maker dengan cuka putih. Lalu, operasikan mesin pembuat kopi dengan siklus brewing. Setelahnya, kosongkan teko pada coffee maker kemudian bilas kembali sisa cuka.

  1. Mengatasi kepala shower yang mampet

Pernah mengalami kejadian menyebalkan dimana kepala shower di kamar mandi kamu mampet? Hal seperti ini mengganggu aktivitas mandi. Jangan puyeng yah, cobalah memanfaatkan cuka untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya? Masukkan segelas cuka ke dalam sebuah wadah plastik. Lalu, celupkan kepala shower ke dalam wadah yang telah terisi cuka tersebut. Selanjutnya, rendamlah selama satu malam.

Ke esokan harinya, cobalah memasang kembali kepala shower dan nyalakan airnya agar bekas rendaman cuka dapat terbilas hingga bersih.

KLIK INI:  Terbuat dari Sampah Plastik, Gelang Tikos ini Memberi Motivasi Pada Tiap Warnanya
  1. Mencuci perlengkapan makan

Tak jarang ada noda menyebalkan pada piring dan gelas yang sulit hilang dengan pembersih biasa. Ini terjadi karena terlalu lama membiarkan peralatan makan tersebut tidak dicuci jadi noda menempel kuat.

Cobalah menggunakan cuka sebagai bahan alami membersihkannya. Bagaimana caranya? Mudah saja rupanya yakni cukup dengan mencampurkan cuka dengan cairan sabun. Gunakan cairan ini untuk membersihkan piring atau gelas dengan menggunakan spons atau kain. Lalu, bilas hingga bersih.

Bagaimana bila wadah alat masak dari bahan tembaga atau timah dengan noda sangat membandel? Cobalah mencampurkan 1 sendok teh garam, setengah cangkir cuka putih, dan tepung untuk membuat pasta.

Oleskan ke logam yang kotor lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan semir dengan kain lembut dan kering. Wadah akan kembali bersih.

KLIK INI:  3 Klub Sepak Bola Indonesia dengan Jersey Hijau sebagai Warna Kebesaran
  1. Menjaga bunga tetap cetar

Bagi kamu penggemar bunga atau tanaman hias, bahan alami cuka ternyata bisa kamu manfaatkan agar tampak tetap cetar nan segar.

Caranya adalah dengan memasukkan 2 sendok makan cuka putih dan 2 sendok makan gula ke dalam vas yang telah terisi air. Setelah itu, potong tangkai bunga dan ganti air setiap beberapa hari atau ketika air sudah mulai keruh.

  1. Meluruhkan tembok saat renovasi rumah

Renovasi ruangan di rumah kerap dilakukan untuk menambah ruangan atau mengubah posisi ruang. Bila ini dilakukan, tentu harus membongkar tembok di sana sini. Lumayan berat bagi tukang tentu saja. Terlebih bila bangunan tembok memang benar-benar kokoh.

Namun, cara ini bisa kamu coba lho! Manfaatkan larutan cuka untuk menyiram tembok atau bangunan yang akan dirobohkan. Diamkan beberapa saat sebelum merobohkannya dengan palu. Bagian tembok yang akan lekas roboh tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra berhari-hari.

Itulah 8 manfaat cuka untuk kebutuhan di rumah yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Berpegangan Tangan dengan Orang yang Dicintai, Cara Sehat yang Romantis