Polusi Ozon Tingkatkan Suhu Global dan Hambat Produksi Tanaman

oleh -143 kali dilihat
Polusi Udara Perburuk Kualitas Tidur Manusia
Ilustrasi polusi udara - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Polusi ozon di permukaan tanah, pada tahun 2017 lalu ditemukan telah mengakibatkan hampir setengah juta kematian dini di seluruh dunia.

Saat ini sebagian besar penduduk dunia diduga menghirup udara yang tidak sehat, salah satunya adalah polusi ozon.

Ke depannya tantangan kesehatan lingkungan juga diduga bakal dirasakan oleh masyarakat di negara-negara berkembang akan semakin parah seiring dengan meningkatnya polusi ozon.

Polusi ozon di permukaan tanah, atau troposfer ditemukan pula mengancam ekosistem penting lainnya,  seperti hutan.

KLIK INI:  Lebih Baik Mana, Tidur Siang Lama atau Sebentar bagi Perkembangan Otak Anak?

Ozon sendiri terbentuk secara alami di stratosfer 7,5 mil di atas permukaan laut dan membantu melindungi dari sinar matahari yang berbahaya. Tapi di troposfer, wilayah terendah atmosfer, itu merusak Bumi. Reaksi fotokimia antara bahan kimia yang mudah menguap menciptakan gas rumah kaca.

Keberadaan polusi ozon berkontribusi terhadap peningkatan suhu global dan menghambat produksi tanaman. Caranya dengan mengurangi kemampuan tanaman untuk mengubah sinar matahari bagi pertumbuhan.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa polusi ozon juga dapat mencegah serangga mengendus tanaman dan bunga liar yang bergantung padanya.

Tanaman berkomunikasi melalui senyawa volatil organik yang memberi sinyal kepada penyerbuk bahwa bunga menunggu mereka. Namun, polusi ozon mengacaukannya.

Menurut tinjauan di Trends in Ecology and Evolution polusi ozon mengotori tanaman dan  meninggalkan tanda-tanda cedera dari beragam rona dan bentuk serta daun yang berubah warna.

KLIK INI:  Durasi Memasak Buras yang Ideal, Ini 2 Opsi yang Layak Dicoba!

Serangga penyerbuk, seperti lebah dan kupu-kupu menyerbuki tanaman dengan berpindah dari bunga ke bunga yang lain. Hal itu membantu meningkatkan reproduksi. Namun, proses ini telah terganggu oleh meningkatnya kadar ozon, yang berdampak pada kelangsungan hidup fauna dan flora.

Profesor Evgenios Agathokleous dari Nanjing University of Information Science and Technology di China, yang merupakan penulis utama tinjauan tersebut mengatakan,  ada banyak kebisingan tentang efek langsung agrokimia pada penyerbuk, subjek perhatian masyarakat yang mendalam. Tetapi sekarang muncul bahwa ozon adalah a ancaman diam bagi penyerbuk dan penyerbukan. Dampak ozon ini telah lama terlewatkan.

Mempengaruhi waktu pembungaan

Agathokleous juga menambahkan, pencemaran ozon dapat mempengaruhi waktu dan durasi pembungaan sedemikian rupa sehingga terjadinya pembungaan tidak sinkron dengan aktivitas penyerbuk.

KLIK INI:  Benarkah Internet Menyumbang Emisi Gas Rumah Kaca?

“Itu juga dapat mengubah warna bunga, mengganggu sinyal visual ke penyerbuk. Pencemaran ozon juga dapat langsung bereaksi dengan serbuk sari, menurunkan kualitasnya, tetapi juga secara tidak langsung mengubah jumlah serbuk sari,” ujar Agathokleous.

Ketika rusak, tanaman mengalami kesulitan berfotosintesis dan berjuang untuk menyediakan energi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Agathokleous menambahkan bahwa perubahan dalam komposisi campuran yang mudah menguap juga dapat memiliki implikasi parah bagi penyerbuk karena mereka mungkin tidak mengenali tanaman inang dan kualitasnya dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di masa lalu.

“Dalam jaringan tanaman, polusi ozon dapat menurunkan jumlah nutrisi yang penting bagi serangga, meningkatkan kelimpahan bahan kimia yang berbahaya bagi serangga yang menelannya, dan menurunkan kualitas keseluruhan jaringan tanaman,” ungkap Agathokleous.

KLIK INI:  5 Cara Memerdekakan Serangga dari Kepunahan

Menurut penelitian baru-baru ini, empat puluh persen spesies serangga dunia menurun drastis. Mereka menghilang sekitar delapan kali lebih cepat daripada burung, mamalia, dan reptil.

Tetapi, bahkan jika tidak dapat bekerja dengan bug, efek polusi pada manusia tidak dapat disangkal. menurut Organisasi Kesehatan Dunia, polusi udara menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, dan penyakit pernapasan kronis hingga sekitar 4,2 juta kematian per tahun.

KLIK INI:  Waspada, Polusi Udara Lebih Mematikan Daripada Rokok

Sumber: Newsweek