HAKLI Bulukumba Lakukan Ini untuk Wujudkan Kesehatan Lingkungan

oleh -284 kali dilihat
HAKLI Bulukumba Lakukan Ini untuk Wujudkan Kesehatan Lingkungan
Pembagian tumbler kepada pengguna jalan/foto-ist
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Kesehatan lingkungan jadi salah satu fokus perhatian saat ini. Tujuannya untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Kasus kesehatan akibat buruknya kualitas lingkungan, kini masih menjadi masalah yang sangat serius dan mencemaskan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Bulukumba, Kamis 26 September 2019 kemarin, memperingati Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia.

Peringatan itu dijadikan sebagai momentum yang sangat tepat untuk mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat.

KLIK INI:  2 Warga Jepang Ikut Aksi Bersih di Kelurahan Matekko, Bulukumba

Utamanya yang terkait dengan peningkatan kesehatan lingkungan untuk mencegah munculnya penyakit.

Selain itu, juga bertujuan agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya. Dan juga agar mengurangi penggunaan sampah botol atau gelas plastik.

Karena itu, dalam kegiatan itu dilakukan juga kampanye  mengurangi penggunaan bahan plastik, sayangi pohon untuk masa depan, hemat air, listrik dan mengurangi penggunaan tisu.

Peringatan tersebut dipimpin langsung Sekertaris Dinas Kesehatan Bulukumba A. Aprisal dan Ketua HAKLI Bulukumba  Anjas Marhadi. Dengan mengambil tema Climate Change Challenges, Time For Global Enviromental Health to Act in Unison.

“Tema ini relevan dengan tantangan perubahan iklim, di mana manusia terancam karena berbagai masalah lingkungan. Pesan dari momen ini jelas yakni saatnya semua pihak berkontribusi positif untuk mewujudkan kesehatan lingkungan,” kata Anjas Marhadi.
Adaptasi perubahan iklim
Menurut Anjas,  lingkungan sehat adalah wujud nyata dari aksi adaptasi perubahan iklim. Semua harus bergerak selamatkan lingkungan.
KLIK INI:  Adipura Bergerak ke Selatan, Menuju Bulukumba

Adapun muatan kegiatannya, yakni cuci tangan pakai sabun (CTPS), membawa kotak makanan dan tas belanjaan sendiri.

Selain itu, ada juga pembagian masker dan tumbler kepada pengendara yang melintas di area bundaran pinisi Kota Bulukumba. Yang menjadi pusat peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia

Zainal Abidin, salah seorang warga yang melintas di bundaran pinisi mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Terima kasih HAKLI Bulukumba yang senantiasa peduli dan mengingatkan kami akan pentingnya kesehatan lingkungan,” ungkapnya.

Tak bisa dinafikkan, kesehatan dan lingkungan memiliki hubungan yang erat. Lingkungan yang sehat berpeluang besar menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit.

KLIK INI:  Akhirnya Peta Hukum Adat Ditetapkan