Pohon Kenanga, Pohon Penghasil Minyak Atsiri yang Melimpah

oleh -46 kali dilihat
Pohon Kenanga, Pohon Penghasil Minyak Atsiri yang Melimpah
Pohon kenanga-foto/Pixabay

Klikhijau.com – Pohon kenanga telah menjadi flora identitas Sumatera Utara. Bernama latin Cananga odorata Lam Hook.F. & Thoms. Di Indonesia, pohon ini tersebar di di Jawa, Sumatera, Sulawesi,  Maluku, dan Kalimantan,

Kenanga memiliki dua varietas, yaitu habitus pohon dengan tinggi  antara 10 hingga 40 meter.

Varietas ini memiliki bunga yang menggantung dalam rangkaian satu hingga tiga buah. Bunga yang dihasilkan dari varietas ini bermahkota lebar.

Bunganya juga memiliki bau yang wangi berbau wangi. Namun, ada satu kelemahan pada bunganya, yakni  mudah gugur.

KLIK INI:  Pernah Melihat Kunang-kunang? Ini Fakta Tentangnya

Buah pada pohon kenanga ini berbentuk bulat telur hingga bulat telur sungsang. Warnanya cokelat tua kehitaman. Ketika telah masak akan menjadi hitam.

Buahnya terpisah, memiliki biji yang kecil berwarna cokelat pucat. Buahnya bisa memiliki biji antara 8 hingga 12 per buah

Varietas kedua adalah habitus perdu yang memiliki tinggi dua sampai  meter,  yaitu varietas fruticosa (Craib) Sincl.

Jenis kedua ini memiliki bunga yang kurang menarik. wangi bunganya juga tidak sewangi dengan varietas yang pertama.

Namun, ada yang menarik dari bunganya karena bisa berbunga sepanjang tahun. Keunikan lain bunga dari jenis perdu ini karena  tidak pernah membentuk buah.

Ia memiliki daun tunggal kedudukan berseling, bentuk bundar telur lonjong atau bundar telur lanset, pangkal daun lancip atau bundar kadang asimetrik, tulang daun sekunder berjumlah tujuh hingga 13 pasang.

Pohon kenanga berasal Asia Tropika bagian timur. Pohon ini tumbuh tersebar atau berkelompok dalam hutan dataran rendah, dekat pantai, beriklim basah dan panas sampai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Jika ingin memperbanyak pohon ini, caranya muda, yakni dengan generatif melalui biji dan vegetatif melalui stek, cangkok dan okulasi.

Manfaat bunga kenanga

Karena memiliki bau yang wangi pada bunganya, maka bunga kenanga ini biasa disuling guna minyak atsiri. Umumnya diperdagangkan sebagai bunga rampai.

Purnama Pramita Sari Sihombing, (2019) menuturkan, minyak kenanga dari Indonesia sudah lama dikenal di pasaran dunia.

Bahkan Indonesia menjadi pemasok minyak kenanga terbesar di dunia yang mencapai  50 ton pertahun.

KLIK INI:  Kabar Buruk, 30 Persen Spesies Pohon Terancam Punah

Di Indonesia sendiri, masyarakat biasanya mencampurkan bunga kenanga dengan tembakau.

Tujuan pencampuran itu adalah agar menghasilkan tembakau yang berbau harum. Bunganya juga dimanfaatkan sebagai wewangian, di antaranya pengharum rambut, pakaian, tempat tidur, bahkan sudah naik kelas sebagai bahan kosmetik.

Sementara untuk kulit batang atau pepagan dimanfaatkan  sebagai bahan tali untuk anyaman, bahan serat dan dapat sebagai obat luka.

Sedangkan untuk kayunya  banyak dimanfaatkan untuk  perkakas rumah tangga dan industri pertukangan payung, sampan, alat musik dan kentongan.

Pohon ini dapat dimanfaatkan pula sebagai tanaman hias  atau pohon peneduh di tepi jalan.

Klasifikasi ilmiah

Pohon kenanga, seperti halnya pohon lain yang tumbuh di dunia. Juga memiliki klasifikasi untuk memudahkan dalam indentifikasi dan membedakannya dengan pohon lain. Berikut klasifikasi ilmiah pohon kenanga

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Cananga
  • Spesies : Cananga odorata (Lam.) Hook.f. & Thomson

Pohon kenanga hanyalah satu dari sekian banyak spesies pohon di Indonesia. Karenanya wajar saja Indonesia dikenal sebagai megabiodiversiti di dunia karena  kekayaan keanekaragaman hayatinya yang melimpah.

KLIK INI:  Kayu Suren, Manfaatnya dan 5 Fakta Menarik Tentangnya