Kabar Buruk, 30 Persen Spesies Pohon Terancam Punah

oleh -151 kali dilihat
Pohon Pinus, Tanaman Pionir yang Kontroversi
Ilustrasi pohon/foto - @nicho_pura

Klikhijau.com – Manfaat dan peran penting pohon, rupanya tak bisa menyelamatkannya dari ancaman kepunahan. Iya, banyak spesies pohon yang terancam punah.

Ada sebuah  laporan yang ditebitkan Botanic Gardens Conservation International (BGCI), Rabu, 1 September 2021 mengungkapkan hal tersebut.

Menurut laporan BGCI itu, hampir  sepertiga spesies pohon di seluruh dunia berada dalam ancaman kepunahan. Dan ratusan lainnya sudah berada di gerbang kepunahan.

Laporan yang bertajuk State of the World’s Trees mengungkapkan terdapat 17.500 spesies pohon yang terancam tinggal nama alias punah. Jumlah tersebut berkisar  30% dari total pohon yang diketahui.

KLIK INI:  Anak Gajah Sumatera Diselamatkan dari Jerat Tali Nilon di Aceh

Sementara  440 spesies yang terdapat di alam liar, memiliki kurang dari 50 individu yang saja tersisa.

Laporan tersebut cukup mengejutkan dan mengkhawatirkan, sebab jika dihitung secara keseluruhan, maka jumlah spesies pohon  yang terancam punah, jauh lebih banyak dari pada jumlah gabungan mamalia, amfibi, burung,  dan reptil yang juga terancam punah.

Paul Smith selaku Sekretaris Jenderal BGCI mengatakan bahwa laporan itu merupakan peringatan bagi semua orang di seluruh dunia jika  pohon sedang membutuhkan bantuan agar bisa bertahan.

Akan menghilangkah spesies yang lain

Di antara pohon yang paling terancam,  di antaranya spesies dipterokarpa dan  magnolia. Kedua spesies ini tumbuh di hutan hujan Asia Tenggara

Selain kedua spesies di atas,  pohon-pohon yang cukup populer—yang sering dijadikan dialog dan lambang dalam sebuah film juga terancam, di antaranya pohon ek, pohon, eboni, dan maple dan eboni.

Meski dianggap penting dalam  membantu mendukung ekosistem alami. Menciptakan udara bersih dan segara. Menyumbangkan oksigen, dan juga dan dianggap penting untuk memerangi pemanasan global dan perubahan iklim. Namun, kisah “kepahlawanan” pohon berada diambang akhir.

Hal paling menakutkan dari kepunahan satu spesies pohon, dampak yang ditimbulkan bukan hanya untuk pohon itu sendiri, tapi akan  menyebabkan hilangnya banyak spesies lainnya. Kita semua tahu, pohon adalah rumah bagi banyak spesies, termasuk tumbuhan.

“Setiap spesies pohon memiliki arti penting bagi jutaan spesies lain, khususnya yang bergantung pada pohon, dan bagi orang-orang di seluruh dunia,” ujar Smith.

KLIK INI:  P3E Suma KLHK Gelar Diskusi Peningkatan Kapasitas Kehumasan
Pohon-pohon Indonesia juga terancam

Di antara enam negara yang terancam kehilangan keanekaragaman spesies pohon, Indonesia termasuk di dalamnya.

Menurut laporan tersebut, Indonesia bersama lima negara lainnya, yakni  Malaysia,  Kolombia, China,  dan Venezuela berpotensi besar kehilangan spesies pepohonannya.

Di antara enam negara yang disebutkan oleh BGCI tersebut,  Brasil berada di urutan pertama yang memiliki spesies pohon terancam punah, yakni sebanyak 1.788 spesies.

Setidaknya ada tiga ancaman teratas yang membuat  spesies pohon terancam punah.  Ketiganya adalah ulah manusia. Pertama adalah produksi tanaman, kedua penebangan kayu, dan ketiga adalah peternakan

Bagaimana dengan perubahan iklim dan cuaca ekstrim? Ancaman dari kedua hal itu menurut laporan tersebut berada di urutan keempat.

Perubahan iklim dan cuaca ekstrim membuat setidaknya 180 spesies pohon terancam secara langsung oleh naiknya air laut dan cuaca buruk. Khususnya yang  spesies pulau seperti magnolia yang ada di Karibia.

Spesies pohon yang berada di pulau memiliki kerentanan risiko yang jauh lebih besar di bandingkan yang tumbuh di luar pulau.

Laporan tersebut menilai jika hal itu  sangat memprihatinkan karena banyak pulau memiliki spesies pohon endemik  yang tidak mungkin ditemukan di tempat lain.  Dan kepunahannya merupakan kabar duka yang perlu ditangisi.

Sumber: Reuters.com

KLIK INI:  Lewat Pohon Ara, Yudhistira Menggugat Walikota