Berapa Umur Sayuran Siap Panen? 10 Jenis Sayuran Ini Paling Cepat Panen!

Publish by -38.938 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Berapa Umur Sayuran Siap Panen? 10 Jenis Sayuran Ini Paling Cepat Panen!
Panen sayur Pakcoy dengan media tanam hidroponik di rumah Billy Sulaikha Nenda di Parepare - Foto/ Billy

Klikhijau.comBerapa umur sayuran siap panen? Pertanyaan ini banyak diajukan khususnya bagi pemula yang ingin berkebun di rumah. Seperti diketahui, ada beberapa jenis sayuran yang dapat dipanen dalam waktu singkat hingga kurang dari satu bulan.

Umumnya, pilihan jenis tanaman sayur di rumah karena alasan usia panen. Oleh sebab itu, mengetahui usia panen tanaman sayur sangat penting agar kamu dapat memastikan apakah pertumbuhannya subur atau sebaliknya.

Pengetahuan tentang usia panen sayuran juga membantu kamu melakukan masa panen yang tepat. Usia panen yang pendek memungkinkan kamu menanam beragam sayuran di rumah. Manfaatnya sangat dahsyat karena kamu bisa menikmati varian sayur segar setiap saat.

Berikut daftar umur panen 10 sayuran yang mudah ditanam serta usia panen yang relatif singkat!

KLIK INI:  Tips Belanja Aman, Sehat, dan Ramah Lingkungan di Tengah Pandemi
#Kangkung

Rasanya jenis sayuran yang satu ini adalah yang paling gampang ditanam dan cocok di segala musim. Pertumbuhannya juga muda dan tidak rewel. Dengan memanfaatkan pupuk kompos atau kotoran ayam, kangkung dapat bertumbuh subur di halaman rumah.

Kamu juga dapat menanamnya dengan sistem hidroponik atau dengan polybag. Penyiraman yang cukup paling dibutuhkan untuk jenis sayuran satu ini.

Nah, berapa umur kangkung bisa dipanen? Bila pertumbuhannya subur, kangkung dapat dipanen pasa usia tanam selama tiga minggu atau di kisaran waktu 21 hari hingga 30 hari.

#Bayam

Tanaman bayam yang dijual di pasaran, sebenarnya bisa saja ditanam di halaman rumah tanpa perlu lahan yang luas. Bayam dapat ditanam dengan polybag, ditanam langsung atau dengan hidroponik. Menariknya, usia panen bayam sangat cepat yakni antara 25 – 30 hari saja.

KLIK INI:  Selain Renyah, Sayur Sawi Putih Punya 3 Manfaat yang Menakjubkan
#Sawi

Seperti halnya kangkung, sayur sawi juga mudah tumbuh dan bisa ditanam dengan media apa saja. Usia panen sawi juga sangat cepat yakni antara 25 – 30 hari. Singkat bukan? Karenanya, sawi banyak dijumpai di halaman rumah bahkan sangat cocok ditanam dengan hidroponik.

#Timun

Anda yang menyukai timun karena gemar konsumsi lalapan, timun termasuk sayur dengan usia panen cukup cepat yakni bisa dipanen di usia 30 hari.

#Selada

Selada paling banyak ditanam dengan hidroponik. Sayuran satu ini memang membutuhkan asupan air yang memadai sehingga cocok dengan hidroponik. Bila tertarik menanam selada, tidak perlu galau karena usia panen sayur renyah satu ini hanya sekitar 40 hari bahkan bisa lebih cepat.

#Kacang panjang

Menanam kacang panjang memang cukup menyita waktu karena harus mengurus hingga tanaman ini merambat dan berbuah. Namun, tidak perlu khawatir sebab kacang panjang sudah dapat dipanen pada usia 40 – 45 hari.

KLIK INI:  6 Ide Mengemas Liburan Anak di Rumah yang Ramah Lingkungan
#Wortel bayi

Sayuran satu ini termasuk varietas yang dapat dipanen pada umur 30 hari saja. Menanam wortel bayi bisa langsung di tanah atau menggunakan wadah tertentu.

#Pare

Sayuran satu ini dikenal karena rasanya yang pahit. Walau pahit, pare kaya nutrisi seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C hingga Vitamin K yang dibutuhkan tubuh. Bila menggemari sayuran satu ini karena kandungan nutrisinya, tidak ada salahnya menanam sendiri di rumah. Pare bisa dipanen pada umur 40 – 50 hari saja.

#Pakcoy

Sayuran jenis ini termasuk paling cepat dipanen yakni sekitar 45 hari saja. Beberapa orang sukses melakukan budidaya pakcoy dari rumah dengan media tanam hidroponik.

#Sawi putih

Sawih putih selain renyah di lidah juga kaya manfaat. Jadi, tidak ada salahnya menanamnya di rumah. Terlebih usia panen sayur satu ini tergolong pendek yakni antara 55 – 60 hari saja.

Itulah jenis sayuran dengan usia paling cepat dipanen, semoga menjawab pertanyaan banyak Sahabat soal Berapa umur sayuran siap panen. Selamat menanam! Bila tertarik beli bibit sayuran lihat di SINI!

KLIK INI:  Sensasi Bahagia Berkebun di Rumah, Mulailah dengan Menanam 4 Jenis Sayuran Ini!
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!