9 Tips Sederhana Agar Pemberian Kado Lebih Ramah Lingkungan

oleh -21 kali dilihat
Cara Mengemas Tanaman Sebelum Dikirim Jauh sebagai Hadiah
Kiriman hadiah - Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Memberi kado atau hadiah kepada teman, kerabat atau kekasih adalah hal lumrah. Kado yang diberikan biasanya dikemas semenarik mungkin. Tidak sedikit yang akan membungkus kadonya dengan bahan plastik atau bahan yang kurang ramah lingkungan.

Padahal pemberian kado sesungguhnya dimaksudkan untuk memberi rasa bahagia kepada orang yang diberikan. Karena tujuannya untuk kebahagiaan, maka semestinya tidak ada yang akan tersakiti, termasuk lingkungan.

Jangan sampai kita membahagiakan orang lain, sementara kita merampas “kebahagian” bumi yang kita huni ini dengan cara mencemarinya dengan pemberian kado  kepada seseorang.

Memberikan kado adalah baik, yang kurang baik adalah apabila menyebabkan masalah bagi lingkungan. Karena itu, dikutip dari Treehugger berikut beberapa tips sederhana agar pemberiaan kado lebih ramah lingkungan:

KLIK INI:  Ini Makna Logo SPEI yang Resmi Diluncurkan KLHK
  • Berkreasi dengan kado buatan sendiri

Membuat sendiri kado yang akan dipersembahkan seseorang tentu jauh lebih baik. Karena kita dapat  menggunakan bahan yang sudah dimiliki. Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya.

Kado buatan sendiri juga akan menuntun kita lebih kreatif. Bisa saja kita memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat kado yang unik dan berbeda dengan yang banyak beredar di pasaran.

  • Membeli kadi tanpa kemasan

Membelilah yang tanpa kemasan luar tentu akan lebih baik. Jangan sungkan menolak wadah, khususnya wadah plastik sekali pakai dari toko tempat membeli hadiah.

KLIK INI:  5 Ide Kreatif dan Ramah Lingkungan Merayakan Ulang Tahun Perusahaan
  • Membeli barang bekas

Tidak ada salahnya membeli kado bekas dari toko barang bekas. Selain harganya lebih terjangkau, kado Anda juga akan lebih unik dan tentu saja akan mengurangi sampah yang dapat merusak lingkungan.

  • Tinggalkan kelebihan kemasan di toko

Saat Anda membeli kado dan memiliki kemasan berlebihan, sebaiknya jangan mengambil kemasan tersebut, kembalikan saja. Itu adalah salah satu upaya mengurangi sampah yang akan menyakiti lingkungan.

KLIK INI:  Cara Membuat Disinfektan dari Cuka Kayu Ala Daops Manggala Agni Gowa!
  • Jangan malu bertanya

Saat berbelanja, khususnya belanja online, jangan sungkan bertanya tentang kemasan sebelum melakukan pemesanan.

Dukunglah perusahaan  yang tempat atau wadah pengirimannya bebas plastik dan dapat didaur ulang sepenuhnya.

  • Bungkus kado dengan bahan mudah terurai

Saat membungkus kado, pertimbangkan bahan yang digunakan. Apakah mudah terurai jika terbuang ke lingkungan atau tidak.

Cobalah gunakan bahan yang muda terurai, misalnya koran, kertas kado bekas atau tas kado, kain atau kertas coklat. Daun-daun juga bisa digunakan sebagai pembungkus kado.

KLIK INI:  Intip 7 Tips Jitu Liburan Berkelanjutan untuk Lingkungan yang Lestari
  • Jika bisa, tak usah dibungkus

Pertimbangkan untuk tidak membungkus kado, atau sekadar membungkus kado dengan ala kadarnya.

Buatlah model pemberian kado yang baru. Di mana pemberian tersebut belum dibungkus lalu diserahkan kepada penerima.

  • Hindari yang dapat memicu api

Cobalah gunakan kertas dan karton yang tidak dapat  menjadi pemicu api. Sebab jika itu terjadi, maka ancaman kebakaran bisa saja mengintai lebih dekat.

  • Membeli pada toko terdekat

Jika ingin memberi kado kepada seseorang, usahakanlah membelinya di toko terdekat. Hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari penggunaan kendaraan bermotor, yang artinya Anda telah berperan mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan.

Demikianlah, selamat mencoba

KLIK INI:  Ini Tips Berkemah HUT Kemedekaan RI Tanpa Plastik