Pada 7 Manfaat Istimewa Rumput Putri Malu, Juga Terdapat 7 Makna Filosofisnya

Publish by -209 kali dilihat
Penulis: Redaksi
manfaat putri malu
Rerumputan liar putri malu-Foto/Ist

Klikhijau.com – Lantaran bereaksi bila tersentuh, tumbuhan liar satu ini akhirnya dijuluki rumput putri malu. Nama latinnya Mimosa pudica, putri malu tergolong tumbuhan liar yang punya khasiat istimewa bagi kesehatan. Tumbuhan satu ini memiliki sifat antibakteri, antidepresan, antivenom, afrodisiak, anti-asma, antikonvulsan, dan anti-kesuburan.

Mengutip dari situs Wikipedia, rumput putri malu pada umumnya mempunyai ciri khas, yakni memiliki kemampuan dalam melakukan gerak seismonasti (tigmonasti), yaitu jika daun tanaman putri malu disentuh maka daun akan mengatupkan anak-anak daunnya.

Gerakan menguncup tersebut merupakan cara putri malu melindungi dirinya. Terutama untuk melindungi diri dari serangan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) di sekitarnya.

Dilansir dari Health Benefits Times, kata Mimosa berasal dari kata Yunani mimikos, yang berarti ‘meniru’ atau ‘palsu’. Melalui kata Latin mimus dan suffix -osa, yang berarti ‘berlimpah’. Nama Pudica spesifik berasal dari kata Latin yang berarti ‘sederhana’ atau ‘malu-malu’.

Pada sifatnya yang sensitif dan pemalu itu, Mimosa pudica kaya manfaat dan juga mengandung makna filosofis yang menarik bagi manusia. Berikut ini 7 manfaat istimewa rumput putri malu dan juga 7 makna filosfisnya di dalamnya.

KLIK INI:  Lebih dari Separuh Pohon Endemik Eropa Terancam Punah, Ini Sebabnya!

#Manfaat putrid malu

  1. Menyembuhkan Batuk

Tanaman putri malu ini yang berduri dan tumbuh liar ternyata dapat dikonsumsi sebagai solusi batuk khususnya batuk yang disertai dengan dahak. Caranya? Ramuan diracik dengan cara merebus 10 hingga 15 gram daun putri malu dengan air secukupnya sampai mendidih dan setelah dingin bisa diminum.

Selain menyembuhkan batuk, tanaman ini juga ampuh digunakan untuk menyembuhkan masalah pernafasan lainnya seperti pilek serta penyakit pernapasan atas lainnya.

  1. Mengatasi Insomnia

Anda yang mengalami gangguan susah tidur atau lebih dikenal dengan istilah insomnia mungkin harus mencoba konsumsi putri malu. Kandungan dalam putri malu bisa mengatasi masalah imsomnia atau susah tidur. Rebus 50 gram putri malu secukupnya dan diminum malam hari sebelum pergi tidur.

  1. Meningkatkan Stamina Untuk Pria

Walau tumbuh liar tanpa perlu ditanam dan terkadang mengganggu, tanaman putri malu ternyata berguna untuk meningkatkan stamina pria saat berhubungan seksual. Bagaimana caranya? Rebus 15 lembar daun putri malu bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja kemudian saring dan minum hingga habis yang khasiatnya akan terasa 30 menit sesudah minum air rebusan daun ini.

KLIK INI:  Tapak Dara, Tanaman Hias Indah dan 7 Manfaat Ajaibnya
  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Putri malu dikenal bisa menghambat pertumbuhan bakteri periodontitis seperti Actinobacillus actinomycetemcomitans, Capnocytophaga spp dan juga Treponema denticola.

Bahkan, banyak orang menggunakan batang tanaman ini untuk membersihkan gigi sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Juga dapat  mengurangi plak, mengatasi dingivitis, memutihkan gigi dan juga periodontitis.

  1. Mengobati Luka

Sebuah riset juga membuktikan jika akar dari putri malu sangat baik dimanfaatkan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini dikarenakan dalam akar putri malu mengandung fenol yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan dalam sebuah situs luar negeri juga dikatakan jika tanaman ini juga berguna untuk pertolongan pertama luka bakar.

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan tanaman putri malu juga bisa anda manfaatkan sebagai pelancar saluran kemih. Faktanya, kandungan dalam daun ini memiliki sifat anti bakteri sehingga tubuh bisa terhindar dari serangan bakteri serta kuman.

  1. Menyembuhkan Rematik

Rematik memang penyakit  yang kadang sepele tapi sangat mengganggu. Pada banyak penelitian dijelaskan betapa penyakit ini bisa disembuhkan dengan konsumsi makanan tertentu. Tidak hanya dengan memaanfaatkan daun sukun untuk asam urat dan rematik, namun putri malu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada sendi tersebut.

Rematik adalah salah satu masalah peradangan yang terjadi di area persendian karena autoimun dalam tubuh yang rendah.

KLIK INI:  Meniran, Tumbuhan Liar Sang Pemelihara Imun Tubuh yang Layak Dimengerti

#Makna filosofisnya

  1. Pembelajaran dari akarnya yang kuat

Walau tumbuh liar, tanaman ini punya akar yang menancap kuat ke dalam tanah. Bila usianya semakin menua, akarnya pun semakin kokoh. Hal ini memberi pembelajaran menarik, betapa perlunya kita memiliki pendirian sekokoh kuat akar putri malu. Orang yang punya pendirian dan prinsip yang kuat tentu tidak mudah digoyahkan oeh orang lain. Prinsip ini juga tentu berkaitan dengan betapa pentingnya memiliki keyakinan kuat atas kebesaranNya.

  1. Di balik batangnya yang berduri

Putri malu merendah di tanah, tetapi ia tidak gampang disepelekan. Mengapa? Putri malu memiliki batang yang berduri. Hal ini bermakna bahwa setiap kita harus memiliki proteksi diri yang kuat dalam menghadapi musuh. Dengan begitu, orang akan takut untuk berbuat jahat, karena ia tahu bahwa terlalu berisiko untuk melukai atau mencelakai kita.

  1. Daunnya mengatup saat disentuh

Ciri khas putri malu ini jika diaplikasikan dalam kehidupan mengandung makan bahwa setiap orang entah itu wanita ataupun pria hendaknya menjauhkan dirinya dari semua sentuhan yang dapat menjerumuskan dirinya dalam dosa. Ini sesungguhnya merupakan cermin yang harus dilihat oleh manusia, yakni saat  hatinya disentuh, saat dia mendapat masalah, inilah saatnya dia untuk mengatup dirinya, mengintrospeksi segala tindakan dan perbuatannya, sehingga ia akan menyadari ada beberapa hal yang harus ia perbaiki.

  1. Mampu membedakan rangsangan makhluk hidup dan benda mati

Ia memang sensitive terhadap sentuhan, tetapi yang istimewa adalah putrid malu dapat membedakan mana rangsangan mahluk hidup dan benda mati. Hal ini dapat dimaknai betapa kita harus mampu membedakan hal yang baik dan buruk dalam kehidupan kita. Kita sudah tahu apabila ada kejahatan yang menuju bahkan telah datang dalam kehidupan kita. Saat hal buruk itu datang maka kita langsung menutup diri kita dari bahaya tersebut seperti putri malu.

KLIK INI:  Jabejabe, Gulma yang Hobi Menggoreskan Luka
  1. Filosofi bunganya yang menawan

Diam-diam, putrid malu menyimpan bunga yang indah yang mungkin jarang diperhatikan. Ciri ini berarti bahwa setiap orang yang kelihatannya pemarah, pemalu, pendiam, maupun yang lain pasti memiliki keindahan dan keanggunan dalam dirinya. Maka dari itu jangan pernah menghakimi seseorang itu dari luar dan gosip semata.

  1. Memiliki duri yang apabila diinjak akan menyakitkan

Duri ini diumpamakan perlawanan atau pembelaan bagi siapapun yg menyakiti diri atau kehormatannya dan tak segan-segan membalas siapapun yg menyakitinya,jadi orang kuffar, dzalim, fasik, munafik berfikir 1000 kali kalau hendak menyakitinya karena seseorang yang terlihat lemah akan kuat saat dia merasa terancam dan melakukan pembelaan diri.

  1. Saat sore, semua daun dan bungannya ditutupnya

Diumpamakan bahwa setiap orang dilarang keluar rumah, apalagi pada sore hari kecuali ada hal hal urgen atau benar-benar mendesak dan sangat penting. Maka tetaplah diam di rumah, mengajar dan membimbing anak dan keluarga serta melakukan hal baik yang berguna  di rumah.

Itulah 7 manfaat utama putri malu beserta 7 manfaat filosofis di baliknya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

KLIK INI:  Ayo, Kenali Buah yang Disebutkan dalam Alquran Beserta Kasiatnya!

 

Itulah 7 manfaat utama putrid malu beserta 7 manfaat filosofis di baliknya. Semoga bermanfaat!

Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Beberapa sumber

KLIK Pilihan!