Penasaran Apa Manfaat Ikan Bolu? Ini Jawabannya

oleh -4,051 kali dilihat
Ikan bolu
Ilustrasi Ikan bolu
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – Di depan rumah kekasih, terdapat satu warung sop saudara. Setiap hari, asap mengepul dari tungku pembakarannya. Hanya ada dua macam yang sering saya lihat di bakar warung tersebut, ayam dan ikan bolu atau bandeng.

Di warung sop saudara, menu utama yang ditawarkan memang ikan bolu. Di mana pun itu. Ikan bolu telah menjadi ciri khasnya.

Ia memiliki penikmat tersendiri, meski mengonsumsinya harus ekstra hati-hati karena bertulang banyak.

Saya termasuk beberapa kali menjadi korban tulangnya karena tersangkut di leher. Barangkali kamu juga pernah mengalaminya.

Selain menjadi ciri khas tersendiri bagi warung sop saudara, ikan bolu memang harus diakui memiliki rasa yang gurih, rasa daging netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak atau dibakar.

Meski bertulang banyak, ternyata ikan yang bernama latin chanos chano tersebut memiliki  banyak manfaat.

KLIK INI:  Komodo dan 10 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Tiada
  • Mengandung gizi dan nutrisi

Ikan bolu memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram ikan bandeng terkandung 20 gram protein, 4,8 gram lemak, dan 123 kalori energi.

Selain itu juga mengandung 20 miligram (mg) kalsium, 150 mg fosfor, 2 mg zat besi, 67 mg natrium, 271,1 mg Kalium, 45 mikrogram (mcg) vitamin A, 0,05 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2.

  • Menyehatkan ginjal

Kandungan vitamin B12 di dalam ikan bolu dapat membantu proses ekskresi atau pembuangan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi bolu secara teratur, vitamin B12 akan meningkatkan kerja ginjal dan mencegah penumpukan limbah yang dapat menyebabkan gangguan nefrolitiasis atau penyakit batu ginjal.

  • Mencegah penyakit jantung koroner dan kolesterol

Kandungan turunan asam lemak omega 3 berupa ERA dan DHA bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah sehingga serangan jantung koroner pun bisa dicegah.

Selain itu, asam lemak ini juga bersifat hipokolesterolemik yang bisa menurunkan kadar kolesterol.

  • Baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin

Ikan bolu merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Ini baik untuk ibu hamil dan janin yang membutuhkan banyak protein untuk pembentukan tulang serta kecerdasan otak.

Asam lemak tidak jenuh dalam ikan bandeng baik untuk pertumbuhan sistem saraf, otak, dan kecerdasan janin serta mencegah depresi pada ibu hamil.

KLIK INI:  Jangan Sepelekan Perannya, Ini yang Akan Terjadi Bila Semut Punah
  • Menunjang fungsi tulang dan gigi

Jika kamu gemar makan ikan ini terlebih yang dipresto sehingga tulangnya bisa dimakan akan mendapatkan sejumlah kalsium yang baik untuk fungsi tulang dan gigi.

  • Menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh

Ikan bolu juga berkhasiat menjaga mata serta meningkatkan kekebalan tubuh lewat kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada ikan bandeng.

  • Mencegah depresi

Ikan bolu mengandung potasium yang dapat melancarkan aliran darah serta mengendurkan otot dan saraf yang tegang.

Selain itu menurut seorang pakar teknologi pangan IPB (Institut Pertanian Bogor), Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, konsumsi 100 gram ikan bolu yang kaya EPA dan DHA secara teratur dapat menurunkan risiko terkena depresi dan penyakit saraf lainnya.

KLIK INI:  Jangan Dibuang, Ini Manfaat Tulang Ikan bagi Kesehatan!