Mengecek Bank Sampah Terdekat dari Rumah, Klik Ini!

Publish by -34 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
bank sampah terdekat
Bank Sampah Sahabat di Purbalingga yang memadukan antara edukasi sampah dan literasi-Foto/Ist

Klikhijau.com – Mencari tahu di mana Bank sampah terdekat dari rumah adalah langkah pertama kita menjadi bagian dari keluarga ramah lingkungan (eco family). Dengan mengetahui alamat bank sampah, kita dapat memulai menabung beberapa jenis sampah yang layak jual.

Seperti diketahui bank sampah adalah tempat menjual atau menabung jenis-jenis sampah tertentu (plastik, logam, besi dan lainnya). Bank sampah didirikan oleh individu, komunitas atau instansi pemerintah dan swasta untuk mengurangi timbunan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Bank sampah dianggap solusi terbaik dalam daur ulang sampah dan satu cara mengubah minset masyarakat terhadap sampah yang selama ini dianggap tidak berguna.

Di kota-kota besar, bank sampah sudah sangat ramai dan berdiri di hampir semua kelurahan. Menurut data Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), di seluruh Indonesia terdapat lebih dari 4.000 bank sampah. Keberadaannya tersebar di hampir seluruh kota dan daerah di Indonesia.

KLIK INI:  10 Tips Hemat Kertas di Tempat Kerja

Bank sampah juga menjadi prasyarat atau penilaian penting kota bersih dalam penghargaan ADIPURA dan prasyarat khusus sebuah sekolah kategori ADIWIYATA. Itulah sebabnya, bank sampah semakin menjamur dan berkontribusi sebagai wadah edukasi pengelolaan sampah di masyarakat.

Bank sampah terdekat

Sahabat hijau, bagaimana cara praktis mengetahui bank sampah terdekat dari rumah? Pertama, tanyakan ke pihak terkait seperti Ketua RT, Ketua RW atau pihak kelurahan. Pihak-pihak ini umumnya mengetahui keberadaan bank sampah terdekat, karena biasanya pendirian bank sampah berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Setelah mengetahui di mana alamatnya, list daftar bank sampah terdekat. Paling tidak pilih dua atau tiga bank sampah terdekat atau tanyakan secara khusus bank sampah yang dianggap bagus.

Setelah itu, luangkan waktu secara khusus berkunjung secara informal ke bank sampah tersebut. umumnya pegiat atau pengurus bank sampah sangat senang dikunjungi warga. Mereka tentu antusias bila ada warga yang tertarik bertanya-tanya apalagi berminat jadi nasabahnya.

KLIK INI:  Geliat Positif dari Bank Sampah 'Butta Barakka' SD Inpres Pannara Makassar

Tanyakan beberapa hal penting antara lain jenis sampah apa saja yang bisa ditabung. Lalu, cek update harga jenis sampah dan prosedur untuk menjadi nasabahnya.

Pastikan bank sampah yang Anda pilih itu sangat aktif dan terbuka setiap saat serta sudah memiliki banyak nasabah. Lalulintas keluar masuk penjualan dan tabungan sampah menentukan bagus tidaknya neraca keuangan sebuah bank sampah.

Bila manajemen dan neraca keuangannya bagus, bank sampah tersebut layak mendapat kepercayaan.

Nah, setelah semuanya sudah dilakukan. Mulailah Anda memilah sampah dari rumah. Pisahkan antara jenis sampah yang punya nilai jual. Sampah untuk kompos atau biopori di halaman rumah dan sampah yang dibuang ke TPA.

Itulah cara mudah mencari tahu sekaligus menjadi nasabah bank sampah, sekaligus menjadi bagian penting yang berkontribusi dalam penurunan beban sampah. Ayo memulai!

KLIK INI:  Cerita dari 'Suroboyo Bus' yang Menerima Bayaran Sampah Plastik
Editor: Anis Kurniawan
Sumber: Klikhijau.com

KLIK Pilihan!