Mekar Hanya Sesaat, Luangkan Waktu Menikmati Keindahan 5 Bunga Ini!

Publish by -710 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Mekar Hanya Sesaat, Luangkan Waktu Menikmati Keindahan 5 Bunga Ini!
Bunga wijaya kusuma/foto-lazada

Bunga akan eksotis saat mekar

Klikhijau.com – Keindahan bunga bisa dinikmati saat mekar. Ada yang mekar lama ada yang mekar hanya sesaat.

Keindahan bunga yang mekar  sesaat jika ingin menikmatinya, Anda harus benar-benar meluangkan waktu. Jika tidak, bisa-bisa Anda kecolongan karena keburu layu.

Parahnya lagi, ada bunga yang hanya mekar dalam hitungan jam saja. Itu pun mekarnya sekali dalam setahun.

Berikut adalah bunga yang bisa Anda nikmati hanya dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam waktu beberapa jam. Itu pun ada yang hanya bisa dilihat sekali dalam setahun:

KLIK INI:  4 Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan, Poin Terakhir Menakjubkan!
  • Bunga pukul delapan

Keindahan bunga dengan nama ilmiah Turnera subulata ini hanya bisa dinikmati sesaat saja. Sebab hanya mekar beberapa jam, sekitar jam 8 pagi sampai sekitar jam 12 siang. Maka dari itu, jenis tumbuhan ini dinamakan bunga pukul delapan.

Bunga Turnera subulata ditemukan tumbuh liar di tanah telantar, di ladang, di tanah pemakaman, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok.

Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat dan Meksiko ini dapat ditemukan di daerah pasir yang kering pada ketinggian 10–250 meter di atas permukaan laut, tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung atau sedikit terlindungi.

Bunga pukul delapan termasuk tanaman yang memiliki peran besar dalam rangka pengendalian hama terpadu dan merupakan tanaman berfaedah.

  • Bunga pukul empat

Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa L.) merupakan tumbuhan musiman (herba perrenial) yang dapat tumbuh hingga 1,5 m dan memiliki warna bunga yang indah. Bunga ini termasuk ke dalam suku Nyctaginaceae atau suku kampah-kampahan yang memiliki 30 genus dan ada sekitar 300-400 spesies. Ada 5 genus dan 10 atau 11 spesies berada di Pakistan (Khan, 2017).

Bunga ini berasal dari meksiko.  Mekar hanya pada sore hari yaitu sekitar pukul empat sore sehingga oleh masyarakat tanaman ini digunakan sebagai tanda masuknya waktu ashar. Hal itu dikarenakan adanya rangsangan cahaya, gerakan ini dinamakan dengan fotonasti.

Ia merespons terhadap intensitas cahaya dan suhu di sekitarnya. Ketika suhu sudah mulai dingin, mulailah dia untuk membuka, ketika panas dan mulai sunny, dia akan mengatup sendiri. Bunga  ini mekar pukul empat  dan  kembali menguncup saat menjelang fajar.

KLIK INI:  Memikat dan Terus Diburu, Harga Janda Bolong Semakin Bombastis
  • Bunga naga

Tanaman yang awalnya dikenal sebagai tanaman hias ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan bermanfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit, diantaranya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, selain itu untuk mencegah kanker usus, penguat fungsi ginjal dan tulang, pelindung kesehatan mulut, pencegah pendarahan dan gejala keputihan, menguatkan daya kerja otak dan meningkatkan ketajaman mata (Sari dkk.,2010).

Bunga naga hanya mekar satu kali, dan itu terjadi di malam hari. Bila sampai pagi tidak ada terjadi penyerbukan, bunga akan rontok dan gagal berbuah.

Buah naga merupakan tanaman jenis kaktus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.  Bunganya di bagian tengahnya tampak sedikit berwarna kekuningan. Bunga tanaman ini hanya mekar pada malam hari (night bloom cereus).

  • Bunga teratai

Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily.

Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai).

Pada Nelumbo, bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi. Bunga ini akan mekar di malam hari dan kuncup di pagi hari.

KLIK INI:  Fantastis, Harga Terbaru Tanaman Hias Janda Bolong Tembus Rp 100 Juta!

Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun.

Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Bunga terdapat pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang. Diameter bunga antara 5–10 cm.

  • Bunga wijaya kusuma

Bunga ini mekar di malam hari, mulai pukul 9 atau 10 dan mekar sempurna saat tengah malam. Lalu, keesokan harinya saat matahari terbit, bunga pun layu dan mati.

Bunga wijaya kusuma akan  berbunga di malam hari karena menantikan batas suhu tertentu agar hewan yang membantu penyerbukannya keluar. Wanginya yang semerbak membuat hewan penyerbuk mendekat dan membantu proses penyerbukan yang menghasilkan buah.

Jika ingin melihat bunga ini mekar, Anda harus benar-benar meluangkan waktu, sebab mekar sekali dalam setahun.

Itulah bunga yang hanya bisa  dinikmati keindahannya sesaat.

KLIK INI:  Spesies Endemik Baru Reptil Ditemukan di Bali Barat

Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!