Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat

Publish by -1.239 kali dilihat
Bunga Pukul Empat Tebar Manfaat, dari Kanker hingga Usir Jerawat
Bunga pukul empat (Mirabilis jalapa L) - Foto/Farmasi-id

Klikhijau.com – Bunga pukul empat tersebar luas ke seluruh pulau di Indonesia. Di Indonesia dikenal dengan sebutan kembang pagi sore atau bunga pukul empat. Nama tersebut diberikan karena biasanya bunga ini akan mekar pada sore hari (Hanani, Prastiwi dan Karlina, 2017).

Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) merupakan tumbuhan musiman (herba perrenial) yang dapat tumbuh hingga 1,5 m dan memiliki warna bunga yang indah. Bunga ini termasuk ke dalam suku Nyctaginaceae atau suku kampah-kampahan yang memiliki 30 genus dan ada sekitar 300-400 spesies. Ada 5 genus dan 10 atau 11 spesies berada di Pakistan (Khan, 2017).

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan biasanya ditanam oleh masyarakat sebagai tanaman hias di halaman rumah atau sebagai pembatas pagar rumah. Tanaman ini tumbuh baik di daerah yang mendapat cukup sinar matahari, mulai dataran rendah sampai 1200 meter di atas permukaan air (Setiawati, dkk, 2008).

Mirabilis jalapa lebih dikenal dengan sebutan “Keindahan malam” atau keajaiban dari Peru. Mirabilis mempunyai arti keindahan dan jalapa merupakan nama populer di Amerika Utara. Bunga Mirabilis jalapa mempunyai keunikan yaitu dapat merubah warna bunga dalam satu pohon.

KLIK INI:  Kenali 7 Jenis Pot, Tanaman yang Pas dan Plus Minusnya!

Keunikan lainnya dari bunga Mirabilis jalapa atau bunga pukul empat adalah bunga hanya mekar pada sore hari yaitu sekitar pukul empat sore sehingga oleh masyarakat tanaman ini digunakan sebagai tanda masuknya waktu ashar.

Morfologi Bunga Pukul empat

Bunga Mirabilis jalapa termasuk jenis tanaman yang memiliki akar tunggang. Akar berwarna putih dan memiliki rasa manis. Setelah cukup umur, akar akan berkembang menjadi umbi. Umbi berwarna coklat kehitaman dan berbentuk bulat memanjang. Umbi yang dihasilkan memiliki ukuran panjang 7 cm–9 cm dan diameter 2 cm – 5 cm.

Batang tanaman ini termasuk dalam golongan batang basah atau herbaceous. Tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 20 cm–80 cm, berbentuk bulat bercabang dengan permukaan licin dan berbukubuku serta disetiap buku-buku akan tumbuh tunas daun yang baru.

Daun Bunga ini berwarna hijau, bertulang daun menyirip. Bentuk daunnya berbentuk seperti jantung, pangkal daun membulat, tepi daun rata, ujung daun meruncing, letak berhadapan serta berwarna hijau tua. Ukuran panjang daun bunga pukul empat sekitar 5cm – 11 cm, lebar 4 cm – 7 cm (Hanani, Prastiwi dan Karlina, 2017).

KLIK INI:  Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!

Menurut buku Gembong Tjitrosoepomo yang berjudul Taknsonomi Tumbuhan Spermatophyta, bunga pukul empat termasuk golongan bunga tunggal, terletak di ujung batang atau flos terminalis, serta mempunyai daun pelindung yang saling menyatu.

Bunga termasuk ke dalam bunga banci aktinomorf atau sedikit zigomorf. Bunga berbentuk segitiga seperti terompet dengan bagian ujung bertaju lima, benang sari pipih berjumlah 1-10, tersusun dalam dua lingkaran.

Biji mempunyai serbuk sari spheroidal, berukuran 125- 140 μm, pori-pori dengan ukuran melingkar ± 5 µm. Exine 10-15 µm tebal, spinulose; tinggi duri 0,5-1 µm (Prammanick, 2015).

Mempunyai Banyak Sebutan

Tanaman bunga Mirabilis jalapa juga populer dengan sebutan kembang pukul empat, pukul ampa (Minahasa), kembang asar (Lampung), kupa oras (Ambon), noja (Bali) dan cako rana (Ternate). Dalam bahasa asing disebut four o’clock plant atau four o’clock flower (Inggris).

KLIK INI:  Bunga Hydrangea, Cantik nan Populer, Ini 10 Fakta Menarik Tentangnya!

Tanaman ini juga disebut gul adnan (Urdu), laleh abbasi (Persia), oshiroi-bana (Jepang), nachtschone (Belanda), purple jasmine (Hong Kong), bella di notte (Italia) atau Belle de nuit (Prancis) yang artinya “beauty of the night”.

Manfaat Bunga pukul empat

Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa L.) merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Hampir dari seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, terutama dalam bidang kesehatan. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Misalkan, biji bunga pukul empat dapat dijadikan masker alami untuk mengatasi masalah jerawat (Ayuni, Lestari, Mulyanti, 2015).

  • Ovisida Aedes aegypti

Ekstrak daun Mirabilis jalapa dapat digunakan sebagai ovisida nyamuk Aedes aegypti.  Senyawa yang terkandung dalam ekstrak daun ini dapat melemahkan daya tetas telur, mengganggu struktur korion telur, merusak fluiditas membran sel, dan mempengaruhi perkembangan embrio telur nyamuk Aedes aegypti (Oktafiana, 2018).

  • Mengatasi Maag

Bunga ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi penyakit tukak lambung atau maag. Senyawa aktif dalam kandungan bunga ini berkhasiat mengatasi luka atau radang pada lambung.

KLIK INI:  Peperomia dan Tali Hati, Penghias Teras yang Estetik Bermahar Selangit
  • Mengatasi Keputihan

Kandungan senyawa aktifnya serta baunya yang harum membuat bunga sore hari ini telah lama dimanfaatkan untuk meredakan dan mengatasi keputihan pada wanita. Bunga ini juga baik untuk menjaga organ kewanitaan.

  • Menangkal Kanker

Sifat antioksidan senyawa dalam Mirabilis jalapa berkhasiat menangkal radikal bebas dan mengatasi kanker. Rebus saja beberapa kuntum bunga herbal ini lalu saring dan minum airnya.

  • Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Manfaat bunga ini juga ampuh dalam mengatasi dan menyembuhkan infeksi saluran kencing. Minum saja rebusan beberapa lembar bunga ini untuk mengatasi nyeri saat buang air kecil.

  • Mengusir Jerawat

Kandungan zat tepung yang terdapat dalam Mirabilis jalapa juga ampuh mengatasi jerawat. Dengan menumbuk bunga ini sebagai masker wajah berguna mengatasi gangguan kulit dan membuat wajah lebih cerah dan sehat.

Demikian ragam manfaat dan khasiat bunga pukul empat, Sahabat hijau. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Oxalis, Tanaman Cinta yang Mudah Dirawat

KLIK Pilihan!