Bunga Pukul Delapan, Bunga Liar, Cantik dan Pengendali Hama

Publish by -4.316 kali dilihat
Bunga Pukul Delapan, Bunga Liar, Cantik dan Pengendali Hama
Bunga pukul delapan - Foto/Bibitunggul

Klikhijau.com – Bunga pukul delapan (Turnera subulata) termasuk tanaman yang memiliki peran besar dalam rangka pengendalian hama terpadu dan merupakan tanaman berfaedah.

Tanaman berfaedah (benificial plant) adalah jenis – jenis tanaman penghasil nektar yang dikembangkan sebagai sumber makanan (food source) bagi serangga parasitoid yang merupakan musuh alami bagi hama tanaman (Bakti, Rusmarini, Setyawati, 2018).

Mengapa dinamakan Bunga Pukul Delapan?

Bunga dengan nama ilmiah Turnera subulata hanya mekar beberapa jam saja, sekitar jam 8 pagi sampai sekitar jam 12 siang. Maka dari itu, jenis tumbuhan ini dinamakan bunga pukul delapan.

Nama lain dari tanaman bunga pukul delapan (Turnera subulata) adalah lidah kucing (Jawa) dan holly rose (Inggris). Varietas bunga pukul delapan selain ada yang berwarna putih, juga ada yang berwarna kuning. Buah tanaman ini berbentuk telur lebar dengan biji lebih dari 30.

KLIK INI:  Kenali Jenis Hewan Langka Dilindungi di Indonesia yang Harus Dijaga

Dilansir dari greeners, Turnera subulata merupakan jenis tanaman yang mirip dengan Turnera ulmifolia, tetapi keduanya biasa disebut dengan bunga pukul delapan. Hanya saja Turnera subulata mempunyai bunga berwarna putih dan mempunyai ukuran daun yang lebih kecil dibandingkan dengan daun dari Turnera ulmifolia.

Tumbuh Liar

Bunga Turnera subulata ditemukan tumbuh liar di tanah telantar, di ladang, di tanah pemakaman, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok.

Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat dan Meksiko ini dapat ditemukan di daerah pasir yang kering pada ketinggian 10–250 meter di atas permukaan laut, tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung atau sedikit terlindungi.

Nama lain dari Turnera subulata adalah lidah kucing (Jawa) dan holly rose (Inggris). Di Indonesia, bunga pukul delapan ini banyak dijumpai tumbuh di daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

KLIK INI:  Bunga Asoka yang Cantik, Si “Anti Sedih” yang Manfaatnya Menakjubkan!
Klasifikasi Bunga Pukul Delapan
KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
BangsaViolales
SukuTurneraceae
MargaTurnera
JenisTurnera subulata J.E Smith
Manfaatnya

Bunga Turnera subulata ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, ladang, tanah pemakaman, tepi sungai, dan pada umumnya tumbuh berkelompok.

Tumbuhan berbunga ini dikenal sebagai tanaman hias, tanaman pengendali hama, dan juga sebagai tanaman obat. Berdasarkan penelitian, tanaman ini mengandung zat seperti terpenoid, flavonoid, steroid, benzenoid, alkaloid, dan lipid.

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah daun dan akarnya. Menurut buku Daftar Tanaman Obat dan Khasiatnya karya Nafan Akhun Daun dan akar digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung dan tidak nafsu makan, rematik sendi yang disertai bengkak, bengkak karena memar, dan lemah setelah sembuh dari sakit berat.

KLIK INI:  Wow, Penjualan Bunga di Turki Tembus Angka 6,6 Triliun Jelang Valentine

Dalam pengobatan, rebusan akar tumbuhan ini dapat digunakan untuk reumatik sendi disertai bengkak, juga bengkak yang disebabkan memar.

Sementara itu, berdasarkan riset yang dilakukan Coutinho, dkk (2009), bahwa tumbuhan ini berpotensi sebagai antibiotik terhadap Staphylococcus aureus resisten-metisilin (taphylococcus aureus resiten metisilin; dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “Methicillin-resistant Staphylococcus aureus/MRSA”).

Untuk obat yang diminum, rebus daun atau akar segarnya sebanyak 15 gram. Setelah dingin, saring dan minum airnya. Untuk obat luar, tumbuk daun segar secukupnya, tambahkan kapur sirih secukupnya lalu aduk rata. Tempelkan pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak dan memar, lalu balut.

Selain itu, keberadaan bunga Turnera subulata di alam berperan sebagai sumber pakan bagi satwa liar penghisap nektar, seperti kupu-kupu. Nektar yang dihasilkan oleh tumbuhan ini dapat menarik kehadiran kupu-kupu yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran khususnya di bidang Biologi.

KLIK INI:  Lalat Buah, Sang Penyerang Buah dan 5 Fakta Menarik Tentangnya
Cara Menanam dan Merawat Turnera subulata

Kita bisa menanam dan merawat sendiri bunga pukul delapan dengan langkah-langkah sebagai berikut

  • Persiapan Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bunga pukul delapan yakni campuran tanah dan pupuk kompos atau bisa juga pupuk kandang dengan perbandingan komposisi 1:1.

Setelah semuanya disiapkan, masukkan media tanam dalam polybag yang sudah disiapkan sebelumnya. Beri jeda waktu satu hari sebelum penanaman bunga pukul  delapan, supaya tanah dan unsur hara yang didapat dari pupuk dapat merata. Jangan lupa jaga kelembapan media tanamnya.

  • Persiapan Bibit

Tanaman bunga pukul 8 dapat diperbanyak melalui stek batang. Pilih bunga pukul delapan sesuai warna yang diinginkan. Potong bagian bunga yang terlihat sudah tua, batangnya besar, dan yang terpenting bebas dari hama serta penyakit.

Potong bagian batang tersebut sepanjang 8-10 cm, rendam dalam larutan fungisida bila perlu untuk menghindari tanaman tersebut terserang penyakit berbahaya.

KLIK INI:  Paku Sarang Burung, Tanaman Hias Berdaun Panjang yang Merumah di Hati
  • Penanaman

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam berdiameter 5 cm dengan kedalaman 5 cm pula, setelah bagian batang dari bunga pukul 8 diletakkan dalam lubang tanamnya, lalu tutup kembali lubang dengan tanah dan sedikit padatkan.

Siram dengan sedikit air agar kelembapan tetap terjaga dengan baik. Pada awal penanaman, hendaknya letakkan polybag di area yang terlindung dari pancaran sinar matahari langsung.

Setelah nampak tunas baru bermunculan dari batang stek, maka pindahkan bibit tanaman tersebut ke media tanam yang lebih luas. Biasanya hanya perlu menunggu sekitar 2 minggu untuk bisa memindahkan bunga pukul delapan ini.

Pemindahan harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak merusak akar tanaman dan membuat bibit bunga pukul delapan tersebut mati. Tidak jauh berbeda dengan teknik penanamannya, berikut cara memindahkan bunga pukul delapan ke area tanam yang baru.

Persiapkan media tanam dengan komposisi yang sama dengan penyemaian.

KLIK INI:  Bunga Euphorbia, Selain Berbunga Ranum Juga Antimikroba hingga Atasi Luka Bakar

Lalu, buatlah lubang tanam dengan kedalaman kurang lebih 15 cm, kemudian letakkan bunga pukul delapan pada lubang tanam tersebut, lalu tutup kembali sambil dipadatkan dan siram dengan air secukupnya.

  • Perawatan Tanaman

Lakukan penyiraman sesekali saja jika kondisi tanah sudah nampak kering atau dua hari sekali dalam kondisi cuaca normal.

Jika ada gulma atau tanaman pengganggu lainnya tumbuh disekitar bunga maka segera lakukan penyiangan.

Lakukan pemangkasan untuk membentuk banyak cabang serta merangsang munculnya bunga Turnera subulata lebih cepat lagi.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman Turnera subulata terpenuhi maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK.

Bunga ini akan berbunga dalam waktu 1,5-2 bulan saja sejak masa tanam jika ditanam melalui stek batang.

Demikian ulasan Turnera subulata yang banyak khasiatnya. Semoga bermanfaat, Sahabat hijau!

KLIK INI:  Bunga Kastuba, Tanaman Merah Cerah, Manfaat dan Cara Merawatnya

KLIK Pilihan!