Philodendron Glosarium dan 7 Pertanyaan Penting Seputar Cara Perawatannya!

oleh -4,111 kali dilihat
Philodendron Glosarium dan 7 Pertanyaan Penting Seputar Cara Perawatannya!
Philodendron Glosarium koleksi Mas Iwan di Bogor - Foto/Ig:Iwan1510

Klikhijau.com – Philodendron glosarium, tanaman dari genus Philodendron yang cukup menawan dan banyak diminati. Tanaman dari famili Araceae ini dikenal sebagai tanaman merangkak asli Kolombia yang daunnya berbentuk love dengan urat putih mencolok.

Lazimnya tanaman daun, Philo glosarium menjanjikan daya tarik pada daunnya. Namun, tidak selalu mudah untuk melihatnya terus tegar memesona. Kesalahan perawatan bakal membuatnya kehilangan eksotika.

Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada cara mengantisipasi masalah dan penyakit pada tanaman. Terkhusus Philodendron glosarium, berikut ini kami memandu Anda memahami beberapa aspek penting dalam perawatannya.

Kami berharap impian Anda memiliki Philo satu ini bakal jadi kenyataan. Tanaman yang juga banyak dijumpai di Amerika Tengah, Peru, Brazil dan Venezuela ini memang termasuk yang menjadi sorotan.

Selain eksotis, Philo glosarium dikabarkan termasuk yang favorit  dan pesaing berat tanaman lain semisal Monstera deliciosa variegata atau Monstera epipremnoides.

KLIK INI:  Intip Kuis Berhadiah Philodendron Senilai 10 Juta Rupiah dari Planters Kawakan Ini!
Pertanyaan penting seputar perawatannya

Kami merangkum beberapa pertanyaan kunci yang relevan dengan cara perawatan Philodendron glosarium berikut ini agar kita lebih mudah memahami akar masalah dan solusinya.

Bagaimana cara merawat Philodendron gloriosum?

Tanaman ini membutuhkan campuran pot yang memiliki drainase yang baik dan menyukai tanah yang lembab. Pastikan untuk tidak terlalu banyak air karena tanah yang basah akan menyebabkan busuk akar. Persyaratan cahaya untuk tanaman ini adalah cahaya tidak langsung yang terang jika Anda merawat Philodendron gloriosum di dalam ruangan.

Di mana saya bisa membeli Philodendron gloriosum?

Philodendron gloriosum agak sulit ditemukan di galery tanaman yang ada. Namun, Anda dapat mencarinya di pasaran online. Lihat profil dan harganya di media sosial seperti instagram, facebook atau di marketplace.

Apakah Philodendron gloriosum saya sedang sekarat?

Hal pertama periksa daunnya. Apakah warnanya kuning? Jika demikian periksa tanahnya. Apakah sudah basah dan lembab selama beberapa waktu? Jika demikian, kemungkinan besar akar tanaman akan membusuk. Alasan berbeda untuk daun kuning bisa jadi karena sinar matahari langsung. Ada banyak alasan lain mengapa Gloriosum Anda terlihat sekarat. Alasan umum lainnya adalah hama. Periksa daun, batang dan rimpang sesering mungkin.

KLIK INI:  Selain Indah, Anthurium Bunga Ini Punya Hal Spesial yang Membahagiakan
Berapa tingkat pertumbuhan Philodendron gloriosum?

Philodendron Gloriosum cenderung tumbuh agak lambat. Diperlukan waktu hingga satu bulan agar lembaran baru muncul.

Dapatkah memakai lampu untuk Philodendron gloriosum?

Anda pasti bisa menggunakan lampu tumbuh jika Anda tidak bisa meletakkannya di dekat jendela yang mendapat cahaya terang tidak langsung.

Pastikan Anda memiliki jarak yang baik antara cahaya tumbuh dan daun tanaman Anda. Aturan umumnya adalah memiliki setidaknya 24 inci (61cm) antara lampu tumbuh dan daun tanaman Anda.

Jika tidak, ia mungkin terbakar dan jika cahayanya terlalu kuat juga bisa menguning dan jatuh.

Apa persyaratan cahaya untuk Philodendron gloriosum?

Ketika berbicara tentang kebutuhan cahaya, kita harus membedakan antara perawatan di dalam dan di luar ruangan. Di luar ruangan, Philodendron Gloriosum lebih menyukai semi-teduh daripada teduh. Di dalam ruangan, tanaman ini tumbuh paling baik dengan cahaya tidak langsung yang terang.

KLIK INI:  Sukulen, Tanaman Hias yang Efektif bagi Masyarakat Urban
Apakah Philodendron gloriosum beracun?

Tanaman ini beracun bagi manusia, kucing dan anjing. Ini dapat menyebabkan pembengkakan di area mulut serta kram dan iritasi. Dalam kasus yang sangat parah bila tertelan dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kram, gagal ginjal dan koma.

Masalah umum pada Philo glosarium

Berikut beberapa masalah umum yang potensial menyerang Philodendron glosarium serta cara mengatasinya:

Daun kuning

Ketika daun menguning, tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah. Daun tua menguning pada suatu titik waktu tertentu dan akan mati. Namun, jika daun muda pada tanaman mulai menguning, penyebabnya bisa bermacam-macam.

Daun kuning bisa disebabkan oleh  cahaya langsung. Tanaman ini tidak mengambil sinar matahari langsung dengan baik. Terlalu banyak akan menyebabkan daun menguning.

Bagaimana cara mengatasinya? Pindahkan Philodendron Gloriosum Anda ke lokasi yang mendapat cahaya terang tidak langsung dan mungkin berada jauh dari jendela.

Alasan lain untuk daun kuning overwatering . Kurangi penyiraman. Biasanya, frekuensi yang harus dikurangi dan bukan jumlahnya. Periksa tanahnya dan pastikan hanya sedikit lembab sampai hampir kering sebelum menyiram tanaman Anda.

KLIK INI:  11 Jenis Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!

Periksa campuran tanah. Apakah ini terkuras dengan baik? Apakah air keluar dari panci Anda dalam hitungan detik saat Anda menyiram? Jika tanah tetap basah dan bahkan lembek terlalu lama, Anda perlu berinvestasi dengan memakai campuran tanah yang dikeringkan dengan baik menggunakan perlit, batu apung dan atau kulit kayu anggrek.

Busuk akar

Busuk akar adalah penyebab overwating dan tanah yang terlalu padat dan terlalu lama basah. Gejalanya antara lain pertumbuhan terhambat, daun tidak berguguran dan daun menguning.

Jika Anda mencurigai adanya busuk akar atau jika Anda melihat daun kuning dan yakin bahwa hal tersebut tidak disebabkan oleh sinar matahari langsung, sebaiknya periksa akarnya. Busuk akar mengancam jiwa tanaman Anda.

Penyakit ini akan dengan cepat berpindah dari akar yang terinfeksi ke akar lainnya dan juga akan muncul di tanah.

Periksa akarnya dan lihat apakah sehat, tidak lembek dan lunak. Seringkali bagian dari akar mudah lepas dan terlihat hitam atau coklat saat membusuk.

Jika demikian, buang semua akar yang membusuk dan potong akar kembali ke bagian yang masih sehat. Kemudian bersihkan akarnya, ubah campuran pot sepenuhnya dan gunakan campuran pot yang mengering dengan baik.

KLIK INI:  4 Jenis Anthurium yang Pernah Naik Daun, Bagaimana Nasibnya Kini?
Hama

Hama tanaman adalah mimpi buruk pada tanaman indoor! Akan sangat membosankan untuk membasmi hama-hama kecil yang mengganggu ini.

Hama yang paling umum pada Philodendron Gloriosum adalah:

  • Tungau Laba-laba
  • Kutu daun
  • Kutu busuk
  • Skala
  • Agas Jamur
  • Kutu kebul

Sejumlah pakar tanaman hias menggunakan minyak neem sebagai sarana membasmi hama tanaman indoor. Untuk menggunakan minyak neem Anda harus menyemprotkannya ke Gloriosum Anda sampai semua bagian tanaman benar-benar basah. Terapkan sekali dan kemudian ulangi proses dalam waktu 2 minggu lagi.

Dua hal yang perlu jadi perhatian

Ada dua hal yang juga perlu jadi perhatian khusus pada tanaman ini yakni pemberian nutrisi dan pilihan pot tanaman. Berikut penjelasannya:

KLIK INI:  Philodendron Selloum, Keistimewaan, Pertumbuhan dan Tips Merawatnya
Pupuk

Jumlah pupuk yang tepat adalah kunci untuk pertumbuhan tanaman yang baik dan daun Gloriosum yang semakin besar. Gunakan pupuk cair dengan kekuatan setengah bulanan di musim semi dan musim panas dan kurangi pemupukan menjadi setiap 8 minggu di musim gugur dan musim dingin.

Pertumbuhan lambat dan daun kecil mungkin menjadi indikator bahwa tanaman Anda kekurangan nutrisi penting.

Pot

Gunakan pot dengan lubang drainase karena Anda membutuhkan tanah yang memiliki drainase yang baik dan Anda tidak ingin Philodendron gloriosum Anda terendam air. Lubang drainase akan memungkinkan kelebihan air mengalir dengan cepat.

Pot yang paling cocok untuk tanaman ini tidak bulat tapi persegi panjang dan sepanjang dan sesempit mungkin. Karena Philodendron gloriosum menjalar, ia akan merangkak di sepanjang tanah dan akan segera mencapai ujung pot bundar konvensional.

Setelah menggantung di tepi, akar tanaman tidak dapat lagi tumbuh ke dalam tanah dan akibatnya daun akan mengecil lagi.

Demikian pembahasan mengenai cara merawatan Philodendron glosarium, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Mengenal Tanaman Begonia Orange dan Cara Merawatnya