7 Jenis Tanaman Hias Gantung Ini Layak Dipajang di Rumah, Eksotik dan Menyejukkan!

oleh -60,235 kali dilihat
Peperomia-prostrata-dan-ceropegia-woodlii
Peperomia prostrata dan ceropegia woodlii
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Tanaman hias gantung punya pesona tersendiri karena tata letaknya dan juga varian bunga hias yang bertumbuh menggantung. Pada masyarakat perkotaan yang bentuk rumahnya cenderung minimalis, menempatkan tanaman hias bunga gantung sangatlah cocok.

Namun, tidak semua jenis bunga dapat ditanam dalam pot gantung. Bunga hias yang berbatang tinggi dan kuat tentu tidak tepat ditanam menggantung karena dapat menghambat pertumbuhannya.

Sahabat Hijau, kami merangkum tanaman hias yang layak dirawat menggantung dari hasil diskusi dengan pakar tanaman hias dari Bogor, Mas Iwan di awal pagi, Jumat 10 April 2020.

Berikut 7 jenis bunga yang bisa dipajang menggantung di rumah. Selain karena cocok tumbuh menggantung, tanaman ini juga punya daya pikat yang eksotik dan menyejukkan mata.

KLIK INI:  Disengat Tawon Vespa Affinis? Begini Cara Menanganinya!
  1. Peperomia
Tanaman hias gantung peperomia
Peperomia hope-Foto/Ist

Peperomia prostata adalah tanaman gantung yang berasal dari Brazil. Tanaman yang termasuk family piperaciae tersebut kini justru berkembang di Belanda dan Hongkong.

Jenis ini memang unik karena menyukai hidup di bawah naungan tanpa harus tersambar sinar matahari terik, sehingga cocok diusung di teras rumah. Jadi cocok pula dijadikan tanaman hias gantung. Oya, peperomia juga sudah dijual di pasaran Indonesia, termasuk di gallery bunga Mas Iwan di Bogor.

  1. Tali hati
Peperomia-prostrata-dan-ceropegia-woodlii
Peperomia dan tali hati-Foto/Ist

Selain peperomia, tanaman hias yang kini tren adalah Ceropegia woodlii alias tali hati. Tak mau kalah dengan pesaingnya, keistimewaan tali hati antara lain bentuknya yang manis. Perawatannya relatif muda, dan juga tahan naungan. Jadi sangat pas jadi tanaman gantung.

  1. Philodendron epipremnum aureum

Tanaman ini dikenal dengan istilah sirih-sirihan atau Sirih gading kuning gantung. Jenis ini merupakan satu tanaman hias gantung favorit para pencinta bunga.

KLIK INI:  Meredam Kekhawatiran Corona dengan Lagu "Aisyah Istri Rasulullah"

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Philodendron epipremnum aureum yang cara tumbuhnya menjuntai. Dengan cara tumbuh seperti itu tentunya tanaman bergenre daun ini sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman hias gantung.

  1. Philodendron scandens medio pictum
Philodendron scandens medio pictum
Philodendron scandens medio pictum

Inilah jenis tanaman hias gantung yang paling direkomendasikan para desainer pertamanan. Nama tanamannya adalah sirih belanda varigata.

Sirih belanda ini sebenarnya adalah jenis philodendron yang memiliki nama ilmiah Philodendron scandens medio pictum atau sering disebut dengan “Flame Leaved Heart Plant”.

Sekilas tanaman philodendron ini sangat mirip dengan Philodendron epipremnum aureum, namun keduanya berbeda. Hal ini dapat dibedakan pada warna dan garis pada daun.

KLIK INI:  7 Kiat Simpel Menjaga Berat Badan Usai Lebaran
  1. Spider plant
tanaman hias gantung
Spider plant-Foto/daun.com

Nama latinnya Chlorophytum comosum, tetapi familiar disebut Spider Plant. Tanaman ini aslinya berasal dari Afrika Selatan, tetapi mudah dibudidayakan di mana saja. Di Indonesia tanaman ini juga sangat banyak dijumpai sebagai tanaman hias gantung yang tak kalah menariknya.

Daunnya yang panjang dan rimbun tersedia dalam warna hijau atau strip kuning dan strip putih. Batangnya yang panjang sebenarnya kokoh dan banyak ditumbuhi bunga putih.

Dilansir Greeners, secara fisik, Spider Plant memiliki daun yang panjang dengan ujung yang meruncing. Panjangnya bervariasi antara 20 hingga 40 centimeter. Meski dapat dibiarkan tumbuh di tanah, namun Spider Plant lebih umum ditempatkan di dalam pot yang digantung.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dalam cahaya terang yang tidak langsung. Spider Plant mungkin dapat mentolerir cahaya langsung dari sinar matahari. Namun jika penerimaan cahaya itu terjadi pada tengah hari, daun-daun tanaman akan terbakar.

KLIK INI:  Panduan Singkat Saat Melakukan ‘Forest Healing’ di Hutan
  1. Cornosa compacta
Tanaman hias gantung cornosa
Cornosa Compocta-Foto/Ist

Dari bentuknya, tanaman hias ini tergolong unik. Menyerupai plastik yang menjuntai. Cornosa compacta satu tanaman hias gantung yang digemari.

Menariknya harga di pasaran untuk jenis satu ini relatif murah di kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Tetapi dari bentuknya yang cukup menawan, tidak justru membuat jenis ini jadi murahan.

  1. Hoya carnosa variegated
hoya tanaman hias gantung
Hoya carnosa variegated-Foto/Ist

Satu rumpun dengan Cornosa compacta, tetapi jenis hoya cornosa variegated tampak beda dari dedaunnya yang melebar.

Corak putihnya tampak dari daunnya menambah daya tariknya. Hoya carnosa variegated layak jadi tanaman gantung andalan.

KLIK INI:  Tips Sederhana Membeli Tempat Sampah untuk di Rumah