Monstera Deliciosa, Tanaman Hias Mewah dengan Buah Lezat yang Misterius

Publish by -1.345 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Monstera - Foto/angusandceleste

Klikhijau.com – Monstera deliciosa, satu jenis tanaman hias indoor dari jenis Monstera yang sangat terkenal karena kesan mewah dan daunnya yang super indah. Tanaman ini berasal dari hutan tropis di Meksiko Selatan dan Guatemala.

Sebagaimana Monstera, pada daunnya yang sudah dewasa akan berlubang atau dikenal sebagai fenustrasi. Monstera deliciosa dikenal juga dengan salad buah (Fruit Salad Plant) karena di saat yang tepat, tanaman ini akan mengeluarkan buah misterius.

Yah, buah tanaman hias ini bisa tumbuh memanjang hingga 25 cm. Bentuknya seperti jagung dengan ubin heksagonal hijau menutupinya. Memandangnya, tentu menggiurkan dan tak sabar menyantapnya. Namun, jangan buru-buru, sebab salah makan, bisa jadi tragedi bagi Anda.

Ini soal keamanan Anda. Diperlukan semacam panduan khusus sebelum memakan buah Monstera ini. Hal itu karena, pada buahnya itu dipenuhi asam aksolat atau asam organik yang 10.000 kali lebih kuat daripada asam asetat. Zat kimia ini biasa digunakan untuk memutihkan kayu dan membersihkan karat dari logam.

KLIK INI:  Agar Aglaonema Tampak Cetar Mempesona, Ini Pilihan Pot dan Media Tanam Terbaik!

Waw, ngeri juga kan! Jadi bila ada buah yang harus dumakan dengan buku panduan keamanan itu adalah buah Monstera deliciosa. Memang apa bahayanya? Kesalahan saat menggigit buahnya yang belum matang akan mengalami sakit tenggorokan dan iritasi kulit akut.

Namun, di saat buahnya benar-benar matang, buah misterius ini sangat lezat, sebagaimana namanya “monster yang lezat”.

Dikutip dari Angusandceleste, buahnya hanya bisa dimakan saat benar-benar sudah matang. Ini bisa memakan waktu hingga satu tahun. Saat sudah matang, ubin heksagonal akan jatuh. Rasa buahnya amat lezat dan kompleks yakni terasa seperti kombinasi antara nanas, pisang, kelapa dan mangga. Emmmm…..!

Di negara asalnya yaitu Meksiko, Guatemala, Panama, dan Kosta Rika, buah itu biasanya dimakan secara langsung atau disiapkan menjadi selai.

KLIK INI:  Kaktus dan Sukulen Menjadi Tanaman Hias Favorit, Ini Perbedaan Keduanya!
Buah Monstera deliciosa – Foto/Wikipedia Commons

Terkadang para koki di sana juga menyiapkannya sebagai makanan penutup, baik memasangkannya dengan sedikit krim atau memasukkannya ke dalam cangkir sop buah atau es krim.

Tahukah Anda? Di beberapa daerah asli, Tanaman Salad Buah ini ternyata juga digunakan untuk mengobati gigitan ular dan radang sendi. Sedangkan, akarnya digunakan juga untuk membuat keranjang dan tali.

Nah, penasaran dengan buahnya yang misterius dan daunnya yang eksotik? Tak ada salahnya memburu Monstera deliciosa, walah harganya sudah pasti mahal.

Penting diketahui bahwa Monstera deliciosa disukai para pencinta tanaman hias karena kemudahan perawatan dan penampilannya yang menarik.

Bila kelak memilikinya, berikut tips bagi Anda untuk menjaga dan merawat tanaman ini agar tetap sehat.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Aglonema Sang Ratu Daun, Primadona Ibu-Ibu Muda
Lingkungan dan suhu

Posisi terbaik untuk si salad buah Anda adalah di area yang terang, namun dengan cahaya yang disaring. Bila ditempatkan di bawah sinar matahari langsung, daunnya akan terbakar.

Tanaman Salad Buah dapat bertahan hidup di bawah cahaya. Namun semakin sedikit cahaya yang didapat tanaman Anda, semakin kecil daunnya. Level cahaya yang lebih tinggi akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih cepat dan daun yang lebih besar.

Pupuk dan Tanah

Pemupukan sebaiknya dilakukan sekali sebulan dan bisa lebih intens saat musim panas.

Pengairan

Tumbuhan ini tidak terlalu suka air. Kelebihan air dapat membuatnya mati. Saat menyiram, beri mereka perendaman yang baik dan biarkan air mengalir. Jangan biarkan tanaman duduk di air, karena ini dapat menyebabkan pembusukan akar. Tanda-tanda ini adalah daun menguning atau layu.

Tips lain yang baik adalah mengarahkan akar udara, yang tumbuh dari batang utama, ke dalam wadah berisi air. Ini memungkinkan tanaman mengambil air dan mengurangi kebutuhan untuk menyirami campuran dalam pot Anda.

Hama

Tanaman ini cukup rentan terhadap hama. Menjaga kebersihan daun membantu mengendalikan hama.

Itulah penjelasan singkat mengenai Monstera Deliciosa, tanaman hias mewah dengan buah lezat yang misterius. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Panduan Memilih dan Merawat Tanaman Hias di dalam Rumah

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!