Ketika Pohon Nangka yang Ditanam Menteri LHK Langsung Berbuah

oleh -35 kali dilihat
Pohon nangka yang ditanam menteri LHK-foto/Ist

Klikhijau.com – Penghujung tahun 2023. Membawa cerita tersendiri bagi “dunia” perpohonan. Cerita itu ditorehkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Di mana KLHK melakukan penanaman pohon secara serentak di 38 provinsi seluruh Indonesia.

Aksi penanaman pohon itu  pada hari Sabtu, 30 Desember 2023 yang dipimpin oleh pejabat KLHK Pusat dan Daerah.

Penanaman pohon tersebut, juga melibatkan staf UPT KLHK, Dinas LHK, Aparatur Sipil Negara, dan masyarakat umum/keluarga ASN.

Bibit pohon berupa bibit kayu-kayuan, penghasil HHBK, buah-buahan, dan jenis multi-purpose tree species (MPTS) untuk kegiatan ini berasal dari persemaian-persemaian KLHK yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang berasal dari pusat-pusat persemaian skala besar, persemaian permanen maupun pembibitan lainnya.

KLIK INI:  Menteri Siti Sampaikan Capaian Ekonomi Hijau Indonesia pada Ultah UNEP ke-50

Menteri LHK, Siti Nurbaya sendiri memimpin langsung pelaksanaan penanaman. Ia melakukan penanaman di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Setidaknya ada 200 bibit pohon yang ditanam pada kesempatan tersebut, yaitu rasamala 75 batang, damar 25 batang, salam 20 batang, nangka 20 batang, bisbul 20 batang, buni 20 batang, dan kemang 20 batang.

Bukan seremonial belaka

Menteri LHK menyampaikan, penanaman serentak tersebut sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan.

Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk membangkitkan semangat, motivasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon.

KLIK INI:  Mengungkap Perdagangan Ilegal Tumbuhan Dilindungi ke Luar Negeri

“Penanaman pohon serentak ini bukan seremonial belaka, akan tetapi akan terus dilanjutkan dengan pemeliharaan dan didorong untuk terus mengajak peran serta masyarakat luas untuk semakin meningkatkan tutupan lahan,” ujar Menteri Siti, Sabtu 30 Desember 2023 lalu.

Menteri Siti menambahkan, keberadaan pohon dan tutupan lahan yang baik akan meningkatkan daya dukung alam dalam mitigasi perubahan iklim, ketahanan pangan, energi dan kesejahteraan seluruh makhluk hidup.

Pohon langsung berbuah

Di antara banyak pohon yang ditanam. Pohon nangka yang ditanam Menteri Siti menarik perhatian.

Jika kita perhatikan foto-foto yang beredar. Akan terlihat jika pohon nangka yang ditanam Menteri Siti telah menghasilkan buah atau berbuah.

KLIK INI:  Hutan Gunung Halimun Salak Dapat Penghuni 30 Ekor Kukang Jawa

Buahnya memang tidak banyak, hanya satu biji saja. Namun, sepertinya masyarakat tidak bakal menunggu lama untuk menikmati buah dari pohon nangka yang ditanam Menteri LHK dua periode itu.

Namun, apa pun jenis pohonnya, entah telah berbuah atau tidak. Hal terpenting adalah melalui kegiatan penanam pohon serentak tersebut. KLHK m mengajak semua pihak dan masyarakat luas untuk terus menanam pohon.

Tidak hanya menanam saja, tetapi juga memelihara pohon serta meningkatkan tutupan lahan sebagai bagian dari komitmen untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya melalui Indonesia’s FoLU Net Sink 2030. Dan semoga cerita tentang dunia perpohonan terus ada dan berlanjut.

KLIK INI:  Energi Baru Terbarukan di Desa, Paradoks dalam Kepingan Harapan