Manfaat Istimewa di Balik Hobi Mengamati Burung di Alam Bebas

Publish by -281 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Ilustrasi burung
Ilustrasi burung/foto-Franka Slothouber

Klikhijau.com – Untuk diketahui, ada banyak manfaat dari hobi mengamati burung. Setiap orang punya hobi masing-masing, ada seperti mendaki gunung, bersepeda, memancing dan lainnya. Ada hobi yang berbiaya murah, ada pula yang berbiaya mahal. Namanya hobi, apa pun bisa dilakukan untuk menggandrunginya.

Mengamati burung di alam bebas kini menjadi satu hobi yang disenangi banyak orang. Hobi ini berkembang di negara-negara maju seperti Belanda, Jepang, Kanada, dan Taiwan. Orang yang melakukan hobi ini disebut bird watcher.

KLIK INI: Menyedihkan, Burung Langka Diselundupkan dalam Botol Mineral

Hobi mengamati burung sangat cocok untuk pendidikan kecintaan terhadap alam dan pengembangan ekowisata. Mengapa minat ini banyak digandrungi oleh masyarakat di negara-negara maju? Karena di negara maju masyarakatnya telah memiliki kesadaran tinggi terhadap perlindungan flora, fauna, dan lanskap lingkungan.

Penggemar mengamati burung biasanya membentuk komunitas atau club-club yang berminat di bidang konservasi burung. Di Indonesia, kelompok pencinta burung juga mulai bertumbuh di beberapa kota seperti Bandung, Malang, Samarinda, Palu, Bogor, Denpasar, dan lainnya.

Berkat hobi ini, akhirnya banyak rahasia tentang burung yang akhirnya terungkap. Para pengamat burung di alam bebas telah menyumbang pelbagai informasi tentang aspek biologi, ekologi dan lainnya dari burung.

Di Indonesia hobi ini cocok dikembangkan mengingat negeri ini memiliki keanekaragaman jenis burung yang tinggi di dunia. Bahkan, beberapa jenis burung endemik dan khas ditemukan di Indonesia.

KLIK INI: Fakta Lain dari Burung Hantu yang Jarang Diketahui

Mengembangkan hobi mengamati burung tentu dapat bermanfaat pada kelestarian burung itu sendiri. Mengingat banyaknya gangguan terhadap kehidupan berbagai jenis burung di Indonesia seperti hilangnya habitatnya, gangguan pestisida, perburuan liar, dan perdagangan ilegal.

Di Indonesia, dikenal beberapa daerah perlindungan khusus burung misalnya Pulau Rambut dan Pulau Dua di Pulau Jawa, dan Gunung Api di lautan Banda Aceh. Di kota Bandung dan sekitarnya juga cocok untuk hobi pengamatan burung.

Paling penting karena hobi mengamati burung punya manfaat yang besar terhadap peminatnya. Selain mengembangkan aktivitas rekreasi yang menyenangkan, hobi ini dapat membuat badan lebih sehat dan bahagia karena para pengamat burung tersebut terbiasa jalan kaki dan bersepeda.

Ayo dicoba!

KLIK INI:  OPAB GEMPA, Barometer Organisasi Pencinta Alam di Makassar
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!