Hutan Pinus Tala-Tala Maros, Sensasi Layaknya di Musim Gugur dan Semi

Publish by -269 kali dilihat
Penulis: Muhammad Imran Irwan
Hutan Pinus Tala-Tala Maros, Sensasi Layaknya di Musim Gugur dan Semi
Hutan Pinus Tala-Tala Maros - Foto/Dokumentasi Pribadi @abdhi

Klikhijau.com – Jika Anda berkunjung di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, sangat banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, diantaranya Hutan Pinus Tala-Tala.

Belum banyak diketahui oleh wisatawan jika di Maros, memiliki hutan pinus yang masih asri dan sejuk. Hutan pinus di Maros merupakan Kawasan hutan nasional dengan luas kurang lebih 50 hektare, terletak di Dusun Tala-Tala, Kecamatan Tompobulu.

Ketua komunitas Jalan-Jalan Seru Regional Sulawesi, Abdillah mengatakan bahwa keindahan alam di hutan pinus Tala-Tala tetap terjaga meskipun pernah terbakar pada tahun 2016.

“Meski pernah terbakar pada tahun 2016 lalu dan membuat beberapa pohon pinus menghitam, namun keindahan hutan pinus di sana masih memberikan keindahan dan kesejukan,” ujarnya kepada Klikhijau, Senin 10 Agustus 2020.

Di balik bencana kebakaran yang terjadi di masa lampau, kini hutan pinus Tala-Tala memiliki wajah baru.

KLIK INI:  Suaka Margasatwa, Manfaat dan Daftar Lengkapnya di Seluruh Indonesia

Abdhi sapaan akrabnya mengatakan, salah satu efek samping dari kebakaran yang terjadi di masa lalu tersebut, yaitu banyaknya batang pinus yang hitam dan mengakibatkan beberapa pohon pinus bagian kanan ketika kita masuk telihat mati dan bagian kiri masih subur nan hijau.

“Pasca bencana kebakaran yang terjadi di masa lampu, kini hutan pinus di sana memiliki wajah baru yaitu sebelah kanan lahan hutan pinus pada pohon yang mati daunnya nampak kecoklatan layaknya musim gugur (autumn) dan sebelah kiri lahan pinus yang hijau dan subur layaknya musim semi (spring),” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk bisa mengunjungi hutan pinus Tala-tala harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Maros, lalu melanjutkan perjalanan ke Batangase terus hingga mendapat pertigaan carangki (area kostrad kariango).

Kemudian melanjutkan perjalanan ke area Tompobulu, jalur yang biasa dilalui untuk mengunjungi Air Terjun Pumbunga. Namun Anda harus belok kiri sebelum jembatan (akan ada papan nama yang menandakan jalur ke hutan pinus tala-tala dengan tulis lokasi SPN).

“Lanjutkan perjalanan Anda dengan belok kiri dan silahkan ikuti jalur beberapa saat kemudian Anda akan mendapat pertigaan jalan beton, silahkan terus ikut jalanan yang anda tempuh kurang lebih 15 menit dengan motor untuk sampai ke area hutan pinus tersebut,” jelasnya.

KLIK INI:  Pesona Giethoorn, Desa Tanpa Polusi Kendaraan
Masuk ke Tala-Tala masih gratis

Sebagai tambahan informasi, beberapa tahun ke depan Anda masih bebas untuk mengunjungi hutan pinus tala-tala sebelum tempat ini dijadikan sebagai Sekolah Polisi Nasional (SPN) POLRI. Jadi jika ada waktu berkunjunglah! Selagi masih bebas dan gratis.

Diketahui, Hutan Pinus Tala-Tala ini merupakan salah satu kawasan hutan pinus yang ada di kabupaten maros, selain beberapa kawasan hutan pinus yang ada di kecamatan Tompobulu pada khususnya.

Hutan Pinus Tala- Tala ini menyajikan pemandangan alam yang indah, karena pohon pinus di daerah ini tertata rapi. Selain itu kawasan ini memberikan kesejukan layaknya hutan pinus lainnya, hal itu bisa dilihat dari banyaknya kabut segar di lokasi ini.

Bila tertarik ke sana, sebaiknya Anda persiapkan waktu di musim kemarau. Bila musim hujan, rasanya perlu berpikir seribu kali karena jalanannya yang didominasi tanah merah yang becek—kecuali bila Anda menggunakan motor trail.

KLIK INI:  Jika ke Soppeng, Ini Wisata Alam yang Harus Dikunjungi dan Bersiaplah Jatuh Cinta
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!