Urban Farming, Solusi Pertanian Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan

oleh -665 kali dilihat
Meski Bernutrisi Tinggi, Hindari 6 Hal Ini Saat Konsumsi Sayur Bayam!
Sayur Bayam organik dari halaman rumah Eben dan Bamba, petani milenial inspiratif di Makassar - Foto/Ist

Klikhijau.com – Urban farming saat ini lagi tren di perkotaan sebagai satu solusi mengatasi ancaman krisis pangan sekaligus mendorong sistem pertanian organik.

Ada banyak komunitas yang sukses mengembangkan pertanian ala urban dan menjadikannya sebagai sebuah gaya hidup. Konsep ini dinilai bisa jadi solusi untuk pertanian berkelanjutan.

Urban farming juga bisa menjadi jembatan untuk mengubah cara pandang kita terhadap apa yang kita makan dan korelasinya dengan perubahan iklim. Faktanya, sistem pangan saat ini mulai dari cara pembuatan, pengolahan, pengangkutan, distribusi ke konsumen, hingga pengelolaan sampah terus menjadi perdebatan publik, karena sering dianggap merusak lingkungan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melalui pangan yang ditanam secara lokal sehingga bisa dikonsumsi dan menghasilkan produksi pangan yang bertanggung jawab. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah atau sekitar lingkungan kita (urban farming).

KLIK INI:  5 Infomasi Penting Perihal Sistem Pertanian Organik

Kebun Belakang salah satu komunitas pertanian perkotaan di Bandung yang dikelola oleh Misbah Dwiyanto dan Ivana sejak 2014 melakukan penanaman, pengolahan dan mendistribusikan sayuran, bahan makanan atau hasil ternak dari kebun mereka sendiri dan juga dari jejaring petani lokal di sekitar wilayah mereka.

Semua orang menurut Misbah bisa memulainya, “Sebenarnya ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan oleh setiap orang sesuai dengan kemampuan kita. Misalkan dengan menanam yang kita butuhkan dan bisa langsung mendapatkan manfaatnya,” katanya pada Webinar “Ketahanan Iklim melalui Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan”, Minggu 1 November 2020.

Inspirasi dari Swedia

Kedutaan Besar Swedia menginisiasi sesi ini dalam rangkaian Pekan Diplomasi Iklim. Swedia sendiri dikenal memiliki pertanian perkotaan yang lebih maju dengan memanfaatkan teknologi artificial intelegence.

SweGreen sebuah perusahaan teknologi pertanian yang berbasis di Swedia mengembangkan sistem pertanian vertikal di perkotaan yang memanfaatkan gedung bertingkat.

KLIK INI:  5 Cara Sederhana Persemaian dan Tanam Porang dengan Bulbil

“Kami menggabungkan ilmu komputer modern, teknologi dan pengetahuan pertanian, untuk secara efisien menumbuhkan sayuran hijau kualitas terbaik dan paling ramah lingkungan di pasar dan 100 persen tanpa limbah, hasilnya bisa dinikmati masyarakat lokal di sana,” kata Sepehr Mousavi, Chief Innovation Officer dan Founding Partner SweGreen.

Vanessa Letizia, Direktur Eksekutif Greeneration Foundation menyebutkan sistem pertanian perkotaan bisa menjadi solusi menjawab permasalahan isu perubahan iklim utamanya dalam mengubah sistem pangan nasional untuk mengatasi susut dan limbah pangan (food loss & food waste).

Sementara itu Duta Besar Swedia untuk Indonesia H. E. Marina Berg dalam sambutannya mengatakan di tengah perubahan iklim yang terus berlangsung ke depan paradigma pemanfaatan sumber daya alam mesti diubah.

Ekonomi sirkular yang mengedepankan menjaga sumber daya dapat dipakai selama mungkin harus dipercepat.

“Jadi sumber daya harus digunakan lebih dari satu kali dan tidak boleh dibuang begitu saja,” katanya.

Swedia sebagai negara yang memiliki reputasi sebagai pelopor lingkungan hidup saat ini terus melakukan upaya mempercepat transisi ke ekonomi sirkular.

“Penerapan ekonomi sirkular ini lebih cerdas dan lebih murah. Jauh lebih baik bagi lingkungan, juga memungkinkan kita menciptakan peluang lapangan kerja baru dan bisnis yang berkelanjutan,” ujarnya.

KLIK INI:  10 Penyebab Tanaman Outdoor Menguning Plus Cara Mengatasinya