Tentang Hama Tanaman Hidroponik dan Cara Mengatasinya

oleh -114 kali dilihat
Berkebun di Rumah, Gaya Hidup Alami Selama Pandemi dan 5 Alasan Mempertahankannya
Tanaman selada dengan media hidroponik di rumah Billy Sulaikha Nenda di Parepare - Foto/ Billy
Yusrawati

Klikhijau.com – Kini tanaman hidroponik semakin banyak digemari oleh masyarakat di wilayah perkotaan. Selain karena dalam proses  menanam dan perawatannya tidak memerlukan wilayah yang begitu luas, tanaman hidroponik semakin digemari karena budidayanya yang mudah dan tidak perlu kotor-kotoran.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tanaman hidroponik pun tidak luput dari serangan hama dan penyakit pada saat proses penanaman berlangsung.  Umumnya hama tanaman hidroponik tidak jauh berbeda dengan hama pada tanaman lain. Berikut beberapa jenis hama pada tanaman hidroponik dan cara mengatasinya:

  1. Ulat

Kerusakan pada tanaman yang disebabkan oleh ulat biasanya berupa lubang pada bagian daun. Hal ini tentu akan merugikan tanaman sayur karena lambat laun akan menjadi gundul dan mati. Adapun cara untuk mengatasi hama ulat ini ada dua yaitu:

KLIK INI:  5 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Lahan Sempit dengan Hidroponik
  • Menyemprot langsung daun menggunakan obat pemberantas hama pada waktu malam dan siang hari. Lakukan secara rutin selama 1 minggu sekali.
  • Buang bagian daun yang sudah rusak dan berlubang karena dimakan ulat. Hal ini dilakukan untuk menghindari ulat bersembunyi di sela-sela daun tersebut yang akhirnya akan menyerang tanaman yang lainnya.
  • Tanamlah di dalam green house untuk mencegah masuknya jenis hama serangga lain.
  • Tanamlah tanaman inang untuk mengalihkan hama dari tanaman hidroponik, seperti kenikir.
  1. Belalang

Belalang menjadi jenis hama tanaman yang sangat menganggu bagi tanaman hidroponik, sebab belalang biasanya akan menyerang tanaman secara bergerombol sehingga membuat petani merasa kewalahan.  Cara untuk mengatasinya sebagai berikut:

  • Menggunakan musuh alami belalang, seperti laba-laba, lalat perampok sampau kodok. Selain itu, tanamlah jenis tanaman bunga matahari, aster, dan lain lain di dekat tanaman hidroponik. Teknik ini termasuk cara yang paling aman.
  • Buatlah area tanaman hidroponik yang ramah burung. Hal ini dilakukan karena burung seperti alap alap dan lark menjadi predator yang akan memakan belalang dalam jumlah besar.
  • Gunakan insektisida. Teknik ini merupakan pilihan terakhir karena menggunakan bahan kimia. Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan ketika mengggunakan insektisida sebab sebenarnya cara ini tidak memberikan kendali penuh. Hal ini terjadi karena belalang yang terbang bisa kembali lagi.
KLIK INI:  Urban Farming, Solusi Pertanian Berkelanjutan Masyarakat Perkotaan
  1. Tungau

Kerusakan yang disebabkan oleh tungau biasanya dapat terlihat pada bagian bawah daun, yakni muncul bercak putih kecil. Dampak selanjutnya akan membuat daun menguning dan berguguran. Cara mengatasi sebagai berikut:

  • Buang dan bakar daun yang sudah terserang tungau
  • Untuk mencegah agar tungau tidak menyebar buanglah tanaman hidroponik yang telah terserang tungau.
  • Tanamlah tanaman hidroponik di green house.
KLIK INI:  Satgas Yonif MR 411 Kostrad Ajarkan Anak-anak Perbatasan Cara Menanam Hidroponik
  1. Lalat buah

Biasanya jenis hama ini akan menyebabkan bintik pada buah. Hal ini terjadi karena lalat buah bertelur dengan cara meyuntikkan telurnya langsung pada buah sehingga buah akan langsung membusuk setelahnya. Cara mengatasinya sebagai berikut:

  • Kumpulkan semua buah yang terserang lalat buah dan bakar
  • Buatlah perangkat dari botol yang sudah dilubangi kemudian masukkan kapas dan cairan metil eugenol, larutkan dengan dengan air secukupnya/diisi dengan minyak goreng. Terakhirnya gantung di sekitaran tanaman.
KLIK INI:  Panduan Menanam Mentimun dalam Pot
  1. Thrips

Jenis hama ini biasanya menyerang tanaman dengan mengisap cairan yang ada pada daun. Daun yang telah diserang akan menjadi keriput dan melengkung ke atas. Adapun jenis tanaman yang diserang biasanya adalah tanaman cabai. Adapun cara mengatasi hama ini sebagai berikut:

  • Pasang kertas IATT (Insecr adhesive trap thrips)
  • Tanamlah tananan hidroponik dalam green house
  • Menanam tumbuhan inang untuk mengalihkan hama dari tanaman hidroponik, seperti kenikir.
KLIK INI:  Langkah Sederhana Mengolah Sampah Dapur Jadi Kompos
  1. Hama kutu

Biasanya hama kutu akan menyebabkan tanaman menjadi cacat. Selain cacat kutu akan membuat tanaman menjadi kerdil, batang lemah, daun menjadi keriting dan menggulung.

Cara untuk mengatasi hama ini bisa dilakukan dengan cara memusnahkan semua tanaman hidroponik yang telah terinfeksi oleh hama. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebarannya.

Adapun cara lain yang bisa dilakukan bisa dengan cara membersihkan tanaman hidroponik tersebut dengan air hangat selama 1 kali dan seminggu. Jika ingin menggunakan cara kimiawi bisa juga dilakukan dengan langsung menyemprot tanaman dengan malathion.

Oke, sahabat hijau itulah tadi jenis hama tanaman hidroponik dan cara untuk mengatasinya. Semangat berkebun.

KLIK INI:  Agar Lamanti (Leunca) Tumbuh Subur, Berikut Cara Budidayanya!