Selain untuk Kejantanan, Ini 7 Manfaat Lain Serbuk Velvet Tanduk Rusa

Publish by -171 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Rahasia Kejantanan Pria Ternyata Ada di Tanduk Rusa
Serbuk velvet

Klikhijau.com – Serbuk velvet yang dihasilkan dari ranggah atau tanduk rusa yang masih muda mengandung khasiat istimewa bagi kesehatan. Mariana Takandjandji, dkk, peneliti dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan KLHK mengungkap adanya 12 kandungan velvet yang kaya manfaat.

Kandungan nutrisi dari serbuk velvet rusa timor (Rusa timorensis) dianalisis di beberapa laboratorium yakni asam amino (kromatografi/HPLC), dan asam lemak (kromatografi/GC) dilakukan di laboratorium kimia Puslitbang Hasil Hutan.

Sedangkan, uji mikroba (bakteri dan jamur) patogen dianalisis di Laboratorium Balai Besar Penelitian Veteriner, Kementerian Pertanian.

Kesimpulannya, komposisi bahan kimia yang terkandung di dalam serbuk velvet mengandung dua belas (12) komponen mineral. Diantaranya phosphor, kalium, kalsium, magnesium, natrium, sulfur, besi, aluminium, mangan, tembaga, seng, dan boron (Takandjandji, Setio & Garsetiasih, 2011).

KLIK INI:  Sering Alergi? Begini Anjuran Cara Mengatasi dan Mencegahnya!

Kandungan mineral tersebut secara medis memiliki efek yang berkaitan dengan osteoporosis, pertumbuhan dan perkembangan serta penyembuhan tulang pada manusia, keindahan kulit dan menjaga stamina (Darsono, 2009).

Mariana Takandjandji, dkk kemudian mengembangkan inovasi produk velvet yang dihasilkan dari penangkaran rusa timor (Rusa timorensis Blainville, 1822). Mereka melakukan pengamatan intensif selama tahun 2016 – 2019.

Parameter yang diamati yaitu umur rusa, umur velvet, bobot badan, bobot velvet, panjang dan diameter velvet, berat serbuk velvet dan jumlah kapsul yang dihasilkan.

Hasil produksinya sudah dibuat dan dikonsumsi kalangan terbatas. Hanya saja, kata Mariana, velvet racikannya belum dijual bebas karena sementara proses izin BPOM.

Faktanya, serbuk velvet rusa memberikan efek androgonik dan gonadotropik, yang membantu mengatur aktivitas organ seks.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan Semiadi dan Nugraha (2004) menunjukkan velvet rusa mengandung bahan biologis aktif yang berkhasiat bagi organ seks pria dan wanita sehingga berguna mengatasi masalah biologis.

Selain untuk Kejantanan, Ini 7 Manfaat Lain Serbuk Velvet Tanduk Rusa.

KLIK INI:  Waspada, Paparan Air Banjir Juga Mengirim Ancaman Bagi Kulit
  1. Berefek tonik

Di Rusia pada tahun 1930-an, pengujian telah dilakukan pada velvet rusa (pantocrin) untuk membantu tentara yang terluka akibat peperangan sehingga kembali kuat dan sehat.  Ekstrak velvet (pantocrin) berperan mempercepat proses penyembuhan alami pada tubuh dengan meningkatkan daya tahan terhadap pengaruh eksternal yang merugikan (Semiadi dan Nugraha, 2004; Rizki, 2016).

  1. Memperbaiki sirkulasi darah

Velvet juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan penyumbatan pembuluh darah sehingga memperbaiki sirkulasi darah.  Velvet juga dapat mengurangi resiko serangan jantung secara fatal dan stroke (Rizki, 2016).

  1. Menambah darah

Velvet rusa dapat meningkatkan jumlah eritrosit dan merangsang sintesis sel darah merah, haemoglobin, leukosit, dan dapat meningkatkan percepatan peremajaan sel (Rizki, 2016).  Menurut Ismanto (2013), ekstrak velvet rusa sambar bermanfaat sebagai antihipertensi.

  1. Mengatasi efek penuaan

Semiadi, Nugraha & Jamal (2012) menyebutkan bahwa ekstrak velvet rusa dapat meningkatkan kadar testoteron pada tikus jantan sekaligus menurunkan kadar enzim yang berhubungan dengan proses penuaan.

  1. Meningkatkan kemampuan otot

Rata-rata kesehatan atlet meningkat setelah mengkonsumsi pantocrin (Rizki, 2016).

  1. Mempercepat kerusakan jaringan urat syaraf

Ekstrak velvet rusa dapat mempercepat proses penyembuhan kerusakan jaringan urat syaraf, luka, bisul dan keluhan emosi (Ismanto, 2013).

  1. Anti kanker

Serbuk velvet juga mengandung senyawa Hexadecanamide sebesar 1,23% yang dapat menghambat proliferasi sel kanker.  Kandungan asam amino yang terdapat di dalam serbuk velvet rusa timor diduga merupakan sumber peptida bioaktif yang digunakan sebagai agen anti kanker

KLIK INI:  Punya Masalah dengan Rambut? Daun Waru Bisa Jadi Solusinya
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!