Pisang dan 8 Makanan Ini Mampu Menaklukkan Perut Kembung

oleh -4,930 kali dilihat
Pisang, 8 Makanan Ini Mampu Menaklukkan Perut Kembung
Ilustrasi perut kembung/foto-doktersehat
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Percayalah, sungguh tak enak rasanya jika perut kembung!. Tak ada posisi yang enak, baik duduk, baring atau berdiri. Perut terasa penuh.

Rasa penuh biasanya disebabkan karena perut terisi terlalu banyak gas, air, atau zat-zat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Perut yang terasa penuh ini dikenal dengan istilah begah. Ada berbagai hal yang bisa jadi penyebabnya, misalnya makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, minum dari sedotan, makan permen karet, atau perubahan hormon yang terjadi pada saat perempuan menstruasi.

Namun demikian ada pula makanan yang bisa ‘mengusir’ perut yang kembung. Dilansir dari hellosehat, Minggu, 20 Juni 2020 ini sembilan jenis makanan yang bisa mengatasi rasa kembung di perut:

KLIK INI:  Bawang Putih Bisa Perpanjang Ingatan dan Kenangan?
  • Pisang

Makanan ini terbilang mudah ditemukan. Pisang diyakini bisa mengatasi masalah perut kembung karena kaya akan kalium.

Kalium akan menetralkan kadar sodium dalam tubuh dan mencegah retensi cairan. Keunggulan lain dari pisang adalah mengandung serat larut yang akan melancarkan saluran pencernaan.

Dengan mengonsumsi pisang akan membuat makanan  yang tertumpuk di perut akan lebih cepat terurai.

  •   Kunyit

Sejak lama khasiat kunyit tekah dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Termasuk   perut kembung.

Sifat kunyit serupa kekasih, mampu menenangkan. Jika kekasih menenangkan jiwa dari rindu, kunyit  mampu menenangkan sistem pencernaan.

Caranya  dengan mengusir gas yang terjebak dalam tubuh. Jadi, jika perutmu sedang kembung minumlah sari kunyit (jamu) atau  campurkan dengan makananmu.

KLIK INI:  Perut Kembung dan Terlihat Membesar? Begini penyebabnya!
  •   Semangka

Mandike, itu nama semangka di kampung saya. Buah  ini memiliki banyak kandungan kaliu. Mandike bersifat diuretik sehingga ginjal akan semakin terpacu untuk membuang air seni.

Semangka mengandung 92% air, semangka kaya akan elektrolit dan enzim yang dibutuhkan guna mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan.

Memakan semangka akan  mempercepat mengempiskan perut  yang begah karena kelebihan gas atau cairan.

  •    Timun

Mengonsumsi timun berarti kamu menemukan silika, asam kafeat, dan vitamin C yang berfungsi untuk mencegah retensi cairan dalam tubuh.

Timun juga kaya akan kandungan quercetin, salah satu zat aktif bersifat antioksidan yang mampu membantu mengempiskan perut yang begah dan membengkak.

  • Pepaya

Kandungan enzim papain dalam buah ini akan membantu mengurai protein dalam saluran pencernaanmu.

Pepaya juga kaya akan serat dan zat-zat anti-peradangan yang akan mempercepat proses melegakan perut yang begah.

Pepaya menawarkan segudang manfaat untuk pencernaan yang lebih sehat

  •   Yogurt

Kandungan probiotik dalam yogurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik yang bisa meredakan perut kembung. Untuk khasiat mengusir kembung yang lebih cepat, kamu bisa mengonsumsi yogurt dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya.

KLIK INI:  Catat, Pantang Makan 7 Buah-Buahan Ini Selama Konsumsi Obat!
  •   Jahe

Rupanya jahe juga cocok untuk mengatasi sistem pencernaan.  Ini karena jahe memiliki kandungan protease bernama zingibain yang ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut.

Bagaimana cara mengonsumsinya, sebaiknya konsumsi jahe segar, bukan produk yang sudah melalui proses pengemasan dan mengandung pengawet atau pemanis tambahan.

Seduh jahe dalam air panas atau teh dan perut kembung  akan segera membaik.

  • Seledri

Siapa sangka jika  seledri  bisa membantu meredakan perut kembung. Seledri bisa  membersihkan tubuh dari berbagai racun dan zat berbahaya mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaan.

Makanya jangan heran jika sayuran hijau ini  ampuh untuk mencegah penumpukan makanan atau cairan dalam perut.

  •   Bawang putih

Bawang putih mampu merangsang sistem pencernaan dan membuang kelebihan cairan dalam tubuh.

Kandungan allicin yang ditemukan pada bawang putih juga akan bekerja dengan baik bersama protein alami yang bisa mengurai berbagai zat dalam tubuh.

Nah, itulah makanan yang bisa mengusir perut yang kembung, semoga bermanfaat bagi sahabat hijau.

KLIK INI:  Polusi Udara Jadi Ancaman Kesehatan Global Sepanjang Tahun Ini