Manfaat Petai Cina yang Jarang Diketahui, Cocok untuk Diet!

oleh -261 kali dilihat
Manfaat Petai Cina yang Jarang Diketahui, Cocok untuk Diet!
Kopi-kopi (Makassar), tanaman yang rasanya mirip petes - Foto/Eva Engeline
hamrani hamid
Latest posts by hamrani hamid (see all)

Klikhijau.com – Salah satu tumbuhan yang memiliki ragam khasiat mumpuni untuk ragam pengobatan adalah tanaman Petai Cina.

Petai Cina adalah salah satu tanaman yang istimewa sebab mudah beradaptasi dengan cuaca dan kondisi tanah.

Tanaman yang di Sulawesi Selatan lebih familiar dengan nama kopi-kopi ini merupakan jenis polong-polongan yang berasal dari Meksiko dan sekitar Amerika Tengah. Ratusan tahun lalu diperkenalkan pertama kali di tanah Jawa.

Kemudian, menyebar ke daerah-daetah lain di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Di daerah Gowa,Sulawesi Selatan dilabeli kopi-kopi.

Tanaman perdu dari kelas Magnoloiopsida yang berasal dari Family Fabaceae ini bernama latin Leucaena Leucocephala.

Menurut Founder Rumah Hijau Denassa (RHD), Darmawan Denassa, kopi-kopi bahkan dijadikan campuran kopi oleh orang-orang dulu. Tujuannya agar menghasilkan kopi dengan aroma yang lebih pahit dan lebih gurih, sehingga mampu memanjakan lidah para penikmat kopi di masa itu.

KLIK INI:  RSJ Soeharto, Rumah Persiapan bagi Caleg Sakit Jiwa
Morfologi

Pohon Petai Cina terbilang tanaman berpostur tidak besar, tinggi sekitar 3-10 meter. Memiliki akar  yang kokoh . Akarnya yang menembus kedalaman tanah yang tinggi, membuat tanaman ini tidak mudah tumbang ataupun roboh meskipun diterpa oleh angin.

Barangkali tidak banyak yang mengetahui bahwa batang pohon Petai Cina yang masih muda bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, seperti, kambing, sapi dan domba. Sedangkan batang dan pohon yang sudah tua kerap dijadikan sebagai kayu bakar untuk memasak dan juga dijadikan bahan dasar pembuatan meubel karena batangnya yang terbukti sangat keras dan kuat.

Pada bagian daun menyirip rangkap, ujungnya  runcing, mirip daun asam, pangkal daunnya miring dan terdapat rambut-rambut halus pada permukaan daun. Selain itu, daunnya memiliki beberapa khasiat, seperti, mampu menghilangkan gatal-gatal, menyembuhkan luka, menyembuhkan kulit kering dan kemerahan.

Bagian bunga tanaman ini berbentuk bongkol (bunga-bunganya bergerombol pada satu permukaan yang tak bergagang). Ada sekitar 100 sampai 150-an kuntum bunga pada beberapa bongkol yang tersusun rapi. Membentuk bulatan dengan warna putih kekuning-kuningan. Diameternya sekitar 10 hingga 22 mm, mampu memanjakan mata yang melihatnya.

Sementara buahnya berbentuk lurus, lebih tipis daripada petei pada umumnya. Biji buahnya berbentuk bulat pipih, sekitar 6 sampai 10 mm dengan lebar 4,5 mm. Sama seperti buah pada tanaman lainnya, jika masih muda, buahnya berwarna kehijauan, sedangkan yang sudah masak akan berubah menjadi kecoklatan.  Untuk setiap buah yang dihasilkannya terdapat 14-30-an biji.

KLIK INI:  Sering Disepelekan, Alami Hal Ini Bisa jadi Gejala Penyakit Jantung
Manfaat petai cina

Petei Cina dapat dijadikan sebagai campuran penyedap rasa pada makanan, khususnya pada sayur. Dan tidak jarang dijadikan pengganti kacang atau pete untuk membuat sambal.

Meski rasanya mirip dengan pete pada umunya tetapi buah pada tanaman ini tidak mengeluarkan bau seperti petei pada umumnya.

Darmawan Dennassa menyebut untuk menyiasati mahalnya harga pete di pasaran, kita bisa beralih menanam pohon Petei Cina yang terbilang pertumbuhannya lebih cepat dan mudah serta terjangkau.

Selain itu, manfaat paling menonjol yang terdapat dalam Petei Cina berasal dari nutrisi kandungan daun dan buahnya. Keduanya memilik komposisi dan khasiat yang berbeda untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat penting dari tanaman satu ini:

KLIK INI:  7 Manfaat Mengangkat Kaki di Dinding Bagi Perempuan, Poin Terakhir Paling Mengejutkan
  1. Membunuh Cacing di Tubuh

Cacingan adalah salah satu gelajah yang menyerang pencernaan manusia. Sasaran penyakit ini pada umumnya terjadi pada anak-anak. Ini mengakibatkan pertumbuhan pada anak bisa terhambat. Salah satunya, berat badan anak akan susah bertambah. Biji Petai Cina dapat dijadikan rujukan obat herbal yang manjur untuk penyakit cacingan. Petai Cina dipercaya dapat membunuh cacing (cacing cincin dan cacing gelang) sudah banyak dimanfaatkan di Tingkoak dan negara-negara lainnya.

  1. Herbal untuk Diet

Tidak sedikit orang yang menganggap berat badan yang berlebihan (gemuk) adalah suatu beban baginya. Sehingga orang-orang akan rela berusaha keras untuk diet semaksimal mungkin mengkomsumsi obat-obatan yang belum tentu cocok dan aman. Petei Cina yang kaya protein, rendah lemak dan protein terbukti aman dalam proses menurunkan berat badan. Karena, kandungan protein dalam Petai Cina mampu mengurangi rasa lapar dan membantu meningkatkan metabolisme serta membakar kalori dalam tubuh sepanjang hari.

  1. Mencegah Diabetes

“Lebih baik mencegah daripada mengobati” begitulah nasihat klasik yang sarat makna untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat susah disembuhkan. Bahkan katanya, belum ditemukan obat yang betul-betul mampu menyembuhkan penderita diabetes. Namun, kita bisa mencegahnya dengan mengkomsumsi Petai Cina.

Petai Cina mengandung saponin yang mampu menurunkan gula darah, lipid darah dan menurunkan respons glukosa darah. Sehingga cocok dikomsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Itulah perkenalan kita dengan petai cina alias kopi-kopi, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Merawat Keharmonisan Bercinta Selama Pandemi dengan 7 Cara Ini!