Lili Paris, Tanaman Hias Indoor yang Ampuh sebagai Pembersih Udara

Publish by -1.529 kali dilihat
Penulis: Anis Kurniawan
Lili Paris, Tanaman Hias Indoor yang Ampuh sebagai Pembersih Udara
Chlorophytum comosum  vareigatum - Foto/GardenersWorld

Klikhijau.comLili paris (Chlorophytum comosum), tanaman hias daun yang penampilannya sederhana tapi disukai banyak orang. Lili paris biasa juga disebut bulu ayam, karena memiliki daun berbentuk memanjang kecil bertepi putih dan beruas hijau tua.

Tanaman ini cocok ditumbuhkan dalam ruangan. Dikenal tahan banting alias tidak rewel. Itu sebabnya, kamu tak perlu repot untuk selalu menyiramnya setiap saat. Tunggu saja momen yang tepat menyiramnya yakni saat media tanam benar-benar kering.

Berikut klasifikasi lengkap tanaman satu ini:

Kingdom                : Plantae
Subkingdom         : Tracheobionta
Superdivisi           : Spermatophyta
Divisi                     : Magnoliophyta
Kelas                     : Liliopsida
Subkelas               : Liliidae
Ordo                     : Liliales
Famili                  : Liliaceae
Genus                  : Chlorophytum
Spesies                : Chlorophytum comosum var. vittatum
KLIK INI:  Tak Ada Ruginya Menaman Lidah Mertua, Ini 5 Manfaatnya yang Mengejutkan

Tiga penampilan daun

Panjang dedaun sang bulu ayam bervariasi antara 10-40 cm dan lebar 1,5 – 2,5 cm. Dari bentuk daunnya, lili paris dikategorikan ke dalam 3 varietas sebagai berikut:

#Chlorophytum comosum  vareigatum
lili
Chlorophytum comosum  vareigatum – Foto/GardenersWorld

Jenis ini tampak umum dijumpai di mana-mana. Warna daunnya khas yakni didominasi hijau pucat, bagian tepinya putih. Umumnya varietas ini daunnya lebih panjang dan lebar dibanding varietas lainnya. Ukuran daun bisa mencapai sekitar 25-40 cm dan lebar 2-2,25 cm.

#Chlorophytum comosum vittatum
Chlorophytum comosum vittatum
Chlorophytum comosum vittatum – Foto/ShrublandNurseries

Penampakannya nyaris sulit dibedakan dengan Chlorophytum comosum  vareigatum. Perbedaannya pada ukurannya, jenis ini lebih kecil dari saudaranya. Warna daun juga hijau pucat, namun dibarengi dengan garis-garis putih sepanjang daun. Ukuran daunnya sekitar 15-20 cm dan lebarnya 1,5 -2 cm.

# Chlorophytum comosum mandaianum
Chlorophytum comosum mandaianum
Chlorophytum comosum mandaianum – Foto/SentraPertanian

Varietas ini punya warna daun yang berbeda dengan lainnya. Daunnya hijau gelap dan bagian pusat daun bergaris. Pada sepanjang daun berwarna kuning terang. Ukuran daunnya antara 10-15 cm dan lebar 1,5 cm.

KLIK INI:  Tak Hanya Indah, 7 Tanaman Hias Ini Ampuh Mengusir Nyamuk

Manfaat Lili paris

Walau penampilannya sederhana, tanaman satu ini kaya manfaat. Selain sebagai tanaman hias gantung, jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanam (groundcover).

Selain dua hal itu, lili paris ternyata punya manfaat penting untuk kesehatan lingkungan. Yah, tanaman ini ampuh melenyapkan senyawa berbahaya  yang menyebar bebas di udara seperti formaldehyde. Senyawa ini menempel pada benda-benda yang dibawa dari luar rumah juga pada pakaian.

Chlorophytum comosum juga dapat melenyapkan karbon monoksida yang bergentayangan di udara bebas serta senyawa berbahaya lainnya. Jadi, tanaman hias satu ini sangat cocok sebagai pembersih udara di rumah terutama di dalam ruangan.

Cara menanamnya

Lili paris dapat ditanam dengan akses sinar matahari terbatas yakni dalam ruangan. Tanaman ini menyukai tanah basah tapi alergi dengan media tanam kelebihan air atau tergenang.

KLIK INI:  Lebih Dekat dengan Philodendron, Tanaman Hias Berjuta Pesona

Perbanyakan tanaman ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni; Pertama, memisahkan sebagian rumpuh dari induknya; Kedua, memotong anakan kecil yang menggantung.

Lalu, bisa ditanam langsung atau dalam pot tak masalah, sesuai selera saja. Bila ingin ditanam langsung di tanah, buatlah lubang-lubang tanam ukuran panjang 10 cm dan lebar 10 cm. Galian ditambahkan pupuk kandang sebelum ditanam, lalu disiram.

Bila ditanam dalam pot gantung, media tanamnya boleh menggunakan tanah subur plus kompos. Pada dasar pot diberi sedikit pecahan genting atau batah merah. Bibit ditanam, lalu disiram sampai basah.

Tempatkan pot tersebut di tempat yang teduh dan aman. Penyiraman dilakukan secukupnya saja yakni 1-2 hari sekali di musim kemarau. Sedangkan, di musim hujan, cukup sekali seminggu saja.

Pemupukan dilakukan bila dianggap penting saja yakni dengan pupuk NPK sebanyak 4 gram (1 sendok teh), dilakukan 3 bulan sekali.

Bila tanaman sudah memenuhi pot dan akar-akarnya telah sampai di dinding pot, sebaiknya lakukan pergantian pot. Hal itu karena, tanaman sedang dalam pertumbuhan maksimal.

KLIK INI:  Kenali 7 Jenis Pot, Tanaman yang Pas dan Plus Minusnya!

Tip penataannya

Bagaimana menata lili paris agar tampak lebih menarik. Sebagaimana tanaman hias lainnya, ada dua pilihan; yakni menggantung atau melingkar.

Karena memiliki akar yang menjuntai keluar dan bisa menghasilkan bunga-bunga kecil, si bulu ayam cocok sebagai tanaman hias gantung. Ada baiknya, menaruhnya dalam pot lalu digantung di teras depan rumah.

Kamu juga bisa mencoba penataan lain yakni melingkarkan pada tanaman lain. Misalnya, melingkarkan pada tanaman palem botol. Atau bisa juga mengombinasikannya dengan varietas lili paris lainnya.

Misalnya, pada bagian tengahnya ditanami lili paris mandaianum, sedangkan di tepinya ditanami varietas variegatum atau vitatum. Kombinasi ketiganya akan tampak unik bukan? Kamu bisa membeli jenis ini di SINI!

Itulah penjelasan mengenai lili paris, tanaman hias yang juga memiliki manfaat sebagai pembersih udara. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Philodendron Variegated yang Lagi Booming dan Kontes Pertamanya di Indonesia

Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!