9 Jenis Tanaman Hias yang Dipercaya Membawa Hoki di Rumah

oleh -39,629 kali dilihat
4 Jenis Anthurium yang Pernah Naik Daun, Bagaimana Nasibnya Kini?
Anthurium pedatoradiatum varegated - Foto/Iwan
Anis Kurniawan

Klikhijau.com – Banyak orang meyakini bahwa ada tanaman hias yang ditanam di rumah tak hanya untuk memperindah rumah, tetapi juga membawa hoki atau keberuntungan. Percaya tidak percaya, tapi persepsi ini dipertahankan banyak orang. Benar tidaknya, tentu kembali ke diri masing-masing.

Satu hal pasti bahwa memperbanyak tanaman di rumah sangatlah baik, sehingga secara alami akan memberikan kesejukan bagi penghuninya. Suplai oksigen meningkat dan tentu saja akan memberikan pengaruh bahagia pada orang-orang di sekitarnya. Ini memang fungsi istimewa dari tanaman.

Lebih dari sekadar estetika dan penyejuk udara alami, inilah sebagian tanaman hias yang juga dipercaya membawa energi positif dan hoki bagi pemiliknya. Ini 9 diantaranya!

KLIK INI:  Tips Menjaga Tanaman Hias dan Bahayanya bagi Anak
#Bunga Matahari
Di Balik Warna Terangnya, Ini 7 Filosofi Bunga Matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus L)-Foto/Pixabay

Bunga matahari (Helianthus annuus L) merupakan bunga dari keluarga kenikir (asteraceae) yang pesonanya melambangkan matahari. Selain keindahan dibalik warna terangnya yang bersinar, bunga satu ini juga dikenal sebagai tanaman misterius karena sifatnya yang selalu condong ke matahari. Bunga matahari diyakini sejumlah orang membawa keberuntungan. Warna terangnya juga dipercaya memancarkan energi keceriaan bagi pemiliknya.

#Lidah Mertua
Tak Ada Ruginya Menaman Lidah Mertua, Ini 5 Manfaatnya yang Mengejutkan
Tanaman lidah mertua/foto-stock/Chansom Pantip

Lida mertua atau sansiviera, satu tanaman yang cukup populis dan kerap dijumpai di halaman rumah. Lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Ia dapat menyerap racun serta polutan di udara secara cepat. Di balik itu, banyak pula yang percaya bahwa tanaman ini membawa keberuntungan bagi yang menanamnya.

#Kuping Gajah (Anthurium crystallium)
lidah gajah (Anthurium Warocquoenum)
lidah gajah (Anthurium Warocquoenum) – Foto/ Iwan

Di kalangan pegiat tanaman hias, Anthurium sangat populis dan dikenal luas lantaran harga pasarnya yang cukup mahal. Hal ini tentu setara dengan manfaat dan pesonanya. Daunnya yang lebar membuatnya dinamai kuping gajah. Anthurium memiliki beberapa jenis, beberapa diantaranya adalah jenis dengan harga fantastis. Tanaman ini dipercaya dapat mendatangkan kekayaan materi jika di tanam di rumah.

#Bunga Lili
Makna yang Kelilingi Bunga Lili Berdasarkan Warnanya
Bunga lili merah/Foto-Ist

Lilia atau lilium sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Jenis ini merupakan salah satu genus dari suku/family liliaceae. Ada beberapa jenis lili yang dibedakan berdasarkan warnanya. Ada lili merah, oranye, kuning dan putih. Setiap warnanya melambangkan makna tersendiri. Lili merah misalnya dijadikan simbol kemakmuran dan kekayaan yang berlimpah. Sehingga banyak orang menanamnya sebagai tanaman hoki.

KLIK INI:  Berikut 6 Pilihan Warna yang Bisa Tumbuhkan Mood di Tahun 2020 Ini!
#Anggrek
5 Macam Bunga dengan Warna Menawan yang Layak Ditanam di Halaman Rumah
Anggrek Dendrobium ungu – Foto/Pixabay

Dalam dunia feng shui dikatakan bahwa anggrek dapat memberikan keberuntungan pemilik dalam hal percintaan atau relationship. Kelebihan istimewa dari bunga anggrek adalah tanaman ini dapat melepaskan oksigen pada malam hari, jadi sangat baik diletakkan di dalam kamar agar kualitas udara menjadi lebih baik saat Anda tidur.

Terlepas dari keindahannya, anggrek juga dipercaya akan memberikan keberuntungan asmara, sekaligus ketentraman untuk setiap orang yang melihatnya. Selain itu, bunga ini juga dipercayai bisa mempererat hubungan setiap anggota keluarga.

#Sri Rezeki (Agalonema)
bunga sri rezeki
Bunga Sri Rezeki – Foto/Tokopedia

Dari namanya saja, bunga Sri Rezeki atau Agalonema sudah melambangkan keberuntungan. Itulah yang membuat banyak orang percaya bahwa tanaman ini dapat mendatangkan kelimpahan rezeki.

Ciri dari agalonema terletak pada daun yang memiliki corak warna hijau yang berbeda. Mulai dari agak terang, hingga adanya guratan hijau tua yang terlihat sangat jelas. Semakin terlihat jelas warnanya semakin dipercaya membawa keberuntungan pada pemiliknya.

#Pohon Uang (Money Tree atau Pachira)
bunga pohon uang
Pohon uang – Foto/Shopee

Tanaman hias satu ini memang selalu identik dengan uang dan kelimpahan rezeki. Namanya saja pohon uang, dipercaya sebagai satu tanaman pembawa hoki. Wajar saja bila tanaman ini banyak dipelihara oleh pebisnis atau wirausaha.

Untuk bisa membawa keberuntungan, dalam ilmu feng shui ini pemilik harus memilih batang pohon yang berangka ganjil misalnya tiga sampai 5 yang dikepang bersamaan. Sedangkan, pohon dengan batang empat justru diyakini membawa sial.

KLIK INI:  Tanaman Pot Primadona, Pilih Aglonema atau Janda Bolong?

#Philodendendron

11 Jenis Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!

Meski dikenal memiliki kandungan beracun pada bagian tanaman ini, philodendron dipercaya sebagai satu tanaman pembawa hoki. Wajar saja bila tanaman ini termasuk yang paling disukai para pencinta tanaman hias. Ada banyak jenis philodendron yang tersedia, kini telah dihargai selangit.

#Lucky Bamboo / Bambu Hoki

Bambu hoki
Bambu hoki – Foto/blanja.com

Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman jenis bamboo punya manfaat positif bila ditanam di halaman rumah karena memiliki kelebihan dalam menyuplai oksigen. Bambu hoki termasuk yang paling tren di tanam di halaman rumah karena diyakini termasuk tanaman yang membawa keberuntungan. Ini sesuai dengan namanya lucky bamboo.

Uniknya, bambu hoki bisa hidup pada media tanah atau air. Jika ditanam di media air, tetap ingat untuk tidak menaruhnya ke dalam air terlalu banyak agar tidak busuk. Bambu hoki merupakan tanaman yang tidak kuat jika harus terkena matahari langsung.

Itulah 8 tanaman hias yang banyak dikait-kaitkan dengan keberuntungan atau hoki. Apakah sudah ada yang ditanam di halaman rumahnya? Percaya tidak percaya, sekali lagi hampir semua tanaman memiliki manfaat alami bagi pemiliknya.

KLIK INI:  Makna Filosofis Warna Hijau Pada Rumah