Di Balik Warna Terangnya, Ini 7 Filosofi Bunga Matahari

oleh -27.885 kali dilihat
tanaman herbal bunga matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus L)-Foto/Pixabay
Anis Kurniawan

Klikhijau.comFilosofi Bunga matahari (Helianthus annuus L) memang dalam. Bunga dari keluarga kenikir (Asteraceae) ini seolah melambangkan pesona matahari. Kekhasan utamanya ada pada bunganya yang berwarna kuning terang benderang.

Namanya juga bunga matahari, jenis satu ini ternyata punya keunikan dalam hidupnya yakni senantiasa menghadap ke matahari. Makanya, bunga ini kerap dijumpai diruang terbuka dan disukai banyak orang karena wujudunya yang juga instagramable.

Bunga matahari awalnya berasal dari Amerika Serikat dan tumbuh sekitar 1.000  tahun sebelum masehi. Dahulu, orang Amerika  membudidayakan bunga ini sebagai sumber makanan. Para seniman impresionisme juga sering menggunakan bunga ini dalam karya seni mereka sebagai simbol agama.

Selain keindahannya yang seolah menjadi simbol matahari terbit, ada filosofi bunga matahari yang menarik jadi inspirasi. Berikut 7 filosofi bunga matahari yang menarik Anda ketahui.

KLIK INI:  Bunga Lawang untuk Bumbu Masakan dan Pengobatan Ragam Penyakit
#Simbol energi positif

Bunga matahari melambangkan suatu energi positif yang sangat penting dimiliki setiap orang. Sebagai cerminan matahari, bunga ini selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan. Untuk diketahui, bunga matahari juga tidak mudah rapuh dan tidak mudah menyerah dalam segala kondisi cuaca. Ini pembelajaran menarik betapa pentingnya energi postif dalam diri dihidupkan.

#Persatuan

Menariknya, bunga matahari tergolong bunga majemuk yakni terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan bunga kecil. Itu artinya bunga ini memiliki arti kebersamaan dan kesatuan. Semangat persatuan dalam bunga matahari memberi makna kuat betapa pentingnya saling merangkul dan bersatu sebab itulah kekuatan sejatinya kehidupan.

#Kegembiraan dan Keceriaan

Memandangi bunga matahari seolah memantulkan kegembiraan dan keceriaan. Di balik tampilan bunganya yang kemuning cerah, bunga ini akan membuat siapa pun dapat bergembira melihatnya. Ini memberi satu makna betapa kehidupan harus selalu dilewati dengan kegembiraan. Setiap kegembiraan akan menularkan semangat dan kegembiraan pada yang lainnya.

#Idealisme dan kesetiaan
KLIK INI:  Bunga Pukul Sembilan, Sering Dianggap Gulma Namun Kaya Manfaat

Setiap awal pagi, bunga matahari akan menghadap ke arah timur, sedangkan pada sore hari akan berputar ke arah barat mencari posisi matahari. Keunikan ini dikenal dengan istilah fototropisme. Peristiwa pada bunga matahari ini juga melambangkan suatu kesetiaan dan idealisme. Bunga matahari setia pada matahari dengan cara mengikuti alur matahari. Bahkan, menyerupai kecerahan matahari itu sendiri. Maka, salah satu manifestasi dari cinta adalah kesetiaan sebagaimana bunga matahari pada matahari.

#Semangat dan Optimis

Dari warnanya yang kuning terang, bunga matahari memancarkan semangat dan optmimisme pada kehidupan. Dipercaya juga bahwa bunga berukuran besar ini dapat memberikan energi positif bagi siapa pun yang melihatnya. Pentingnya bunga matahari ini sama dengan matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan.

#Persahabatan

Meski memiliki warna terang, bunga matahari bukan bunga yang memberi kesan romantis. Simbol kesetiaan yang ada dalam bunga matahari lebih dekat dengan persaudaraan atau persahabatan. Dengan kata lain, arti bunga matahari mengacu pada sukacita dan kesetiaan kepada saudara atau teman, atau persahabatan universal.

#Pesan tentang kekayaan palsu

Sebuah cerita pernah berkembang bahwa bangsa Spanyol yang menjajah Benua Amerika di masa lampau mengira bunga matahari terbuat dari emas murni. Ini tentu saja salah bear. Sejak itu, bunga dan warna ceria pada bunga ini dianggap mewakili suatu pesan penting soal “kekayaan palsu”.

Itulah filosofi bunga matahari semoga menginspirasi kita semua.

KLIK INI:  Bromelia, Tanaman Hias Sederhana dan Fakta Menarik Tentangnya