Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri

oleh -457 kali dilihat
Bunga Cleome, Tanaman Hias yang Bisa Menumbuhkan Dirinya Sendiri
Bunga cleome-foto/Ist

Klikhijau.com – Bunga cleome atau bunga kaki laba-laba. Termasuk tanaman hias yang memiliki dayak tarik sangat kuat karena keindahan bunganya.

Tanaman ini berbunga  pink atau ungu. Ada sentuhan warna putih di antaranya, namun ada juga yang hanya satu warna saja.

Saya pertama kali  melihat tanaman hias ini bulan Mei lalu ketika ke kebun memetik kopi. Tanaman ini banyak tumbuh di pekerangan rumah warga Dusun Siria, Desa Kahayya, Bulukumba.

Diakui banyak warga jika bunga cloeme memang termasuk bunga yang belum lama dikembangkan oleh masyarakat.

KLIK INI:  Perihal Bunga Salvia, Si Penyelamat Wazir Agung Kesultanan Seljuk

Untuk membudidayakan tanaman ini juga sangat mudah. Karena ia hanya dibudidayakan melalui bijinya—yang dalam satu buah terdapat puluhan biji dengan ukuran yang kecil.

Biji-biji itu jika telah matang dan jatuh ke tanah akan tumbuh sendiri tanpa perlu menyemainya. Jika ingin menamannya, sebaiknya kamu menabur langsung bijinya ke tempat yang kamu inginkan. Tak perlu menyemainya terlebih dahulu.

Karena beberapa jenis dari tanaman ini  sangat sulit  beradaptasi setelah dipindahkan. Biasanya mereka akan layu dan kemudian mati dengan cepat.

Bunga laba-laba merupakan jenis tanaman yang mampu  bertahan  di tanah  kering. Namun, kamu sebaiknya tetap menyiramnya  jika melihatnya dalam kondisi yang buruk alias akan layu.

KLIK INI:  Kenali 6 Media Tanam Anggrek juga Kelebihan dan Kekurangannya
Pengusir serangga jahat

Tanaman ini,  jika ditanam di perkebunan sayur akan memiliki manfaat ganda. Selain membuat kebun terlihat semarak dan indah dengan bunganya, juga   mampu mengundang serangga lain yang bia mengusir serangga “jahat”  yang suka menghancurkan tanaman.

Bunga yang berasal dari   daerah dengan iklim tropis ini memiliki tandan bunga mencolok dengan kelopak bertangkai panjang.

Bunganya yang wangi dan indah akan menarik serangga mendekatinya, khususnya serangga penyerbuk seperti kupu-kupu.

Ia juga memiliki benang sari unik yang mencuat panjang. Benang sari ini terlihat sepertinya akan mekar selamanya. Hal itulah yang  membuatnya  tak perna alpa berbunga. Itu karena bunga-bungaya tumbuh di sekitar pangkal tandan memudar saat kuncupnya terbuka.

Pada tiap bunganya memiliki benang sari yang panjang dan tipis. Benang sari inilah yang  sangat mirip dengan kaki laba-laba. Karenanya ia dinamai bunga kaki laba-laba.

KLIK INI:  Cara Merawat Sansevieria agar Tumbuh Baik Memberi Sejuta Manfaat!
Cara budidaya cleome

Tanaman ini cukup tangguh berhadapan langsung dengan paparan sinar matahari. Ia menyukai  tempat yang cerah, di mana bisa langsung  bersentuhan dengan sinar matahari  enam  sampai delapan jam dalam sehari.

Karenanya, tak terlalu sulit membudidayakannya, karena  tak  memiliki banyak tuntutan. Ia bisa bertahan  dalam kondisi yang kering dan basah.

Cleome ini merupakan tanaman yang tidak manja. Ia bisa menumbuhkan dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia.

Meski begitu, cara perawatan terbaik untuk tanaman ini adalah menyiangi gulma yang menggorogotinya. Dan juga menyinggirkan ranting yang telah menua. Hal ini akan memberi peluang pada ranting-ranting baru untuk berbunga.

Menanam bunga kali laba-laba memberi keuntungan tersendiri, karena selain membuat halaman rumah atau kebun lebih eksotis, juga penanamnnya hanya sekali saja. Karena seperti disinggung di atas, tanaman ini bisa mengembangkan atau menumbuhkan dirinya sendiri.

Perihal manfaat bunga ini bagi kesehatan manusia, belum ada penelitian yang mengungkapkannya.

Bunga cleome atau bunga kaki laba-laba