Bromelia, Tanaman Hias Sederhana dan Fakta Menarik Tentangnya

oleh -612 kali dilihat
Bromelia, Tanaman Hias Sederhana dan Fakta Menarik Tentangnya
Tanaman Bromelia - Foto/Ist

Klikhijau.com – Bromelia, namanya cukup indah seperti nama perempuan. Jangan salah, ini nama tanaman lho!

Penasaran apa saja yang menarik dari tanaman Bromelia ini?

Bromelia merupakan tanaman dari keluarga Bromeliaceae yang memiliki banyak varian. Ada berapakah jenis spesies Bromelia?

Beberapa sumber menyebut bahwa terdapat sekira 3.000 spesies yang ada saat ini. Tanaman ini juga telah dikembangkan lebih luas lagi sehingga terdapat ribuan jenis hibrida terbaru.

Dari penampilannya yang sederhana, Bromelia sebetulnya menyimpan pesona. Namun, tidak pada kejutan dari saat melihatnya pertama kali—daya tarik tanaman ini justru akan tampak setelah diperhatikan lebih seksama lagi.

Bagian paling mengagumkan adalah kesederhanaannya. Namun, tak sedikit yang menilai bahwa penampilan tanaman ini terlalu sederhana dan kurang estetik. Beberapa jenisnya bahkan lebih mirip nanas. Tidak cukup istimewa, dibanding tanaman hias khas daun atau bunga.

Akan tetapi jangan salah yah Sahabat hijau, sebab ternyata ada jenis Bromelia yang dapat menampakkan bunganya yang cantik. Bahkan ada pula yang menghasilkan buah, sangat mirip dengan nenas. Tak hanya itu, buahnya pun bisa dimakan.

KLIK INI:  Salvia, Tanaman Hias dengan Bentuk Bunga Unik dengan Warna Mencolok

Dikutip dari Wikipedia, umumnya Bromelia tumbuh dengan dedaun roset dan tanpa batang. Ukurannya bervariasi, ada yang sangat mungil yakni jenis Tillandsia, ada pula yang paling besar yakni Puya raimondii.

Tanaman ini bahkan bisa tumbuh tinggi mencapai 10 meter. Bromelia tergolong tanaman dengan kemampuan adaptasi baik, sebab dapat dijumpai tumbuh pada pepohonan sebagai tanaman epifit hingga di bebatuan.

Klasifikasi tanaman

Berikut ini klasifikasi ilmiahnya:

Kerajaan         : Plantae

Ordo                : Poales

Family            : Bromeliaceae

Sub-family      : Bromolioideae

Genus              : Bromelia L.

Fakta menarik tentangnya
Bromelia
Bromelia berwarna ungu yang juga tampak menawan – Foto/Ist

Di Kota Bunga Malino Kabupaten Gowa, beberapa jenis Bromelia bisa dijumpai. Suhu yang dingin sepertinya cukup disukainya. Warga di Malino membudidayakannya dalam pot dan ditempatkan di teras rumah. Sebagian lagi, dijual pada para pengunjung yang berminat.

Tanaman Bromelia memiliki daun lebar dengan bentuk khas menyerupai pedang atau sendok. Setiap helai daunnya membuka diri untuk memberi tempat pada pertumbuhan dedaunnya yang lain. Struktur daun begitu teratur dan inilah estetika khusus dari tanaman ini.

Di bagian tengah dari tanaman ini terdapat sebuah lubang bundar. Bagian ini sebetulnya akan menjadi tempat keluarnya buah. Yah, pada saat yang tepat, beberapa varian bromelia akan mengeluarkan buah.

Sebelum buahnya muncul, lubang di tengahnya ini akan menjadi tempat penampungan air.

KLIK INI:  11 Jenis Philodendron Paling Populer di Tanah Air, Klik Ini!

Hal itu dikatakan Nurhayati (46), seorang pegiat tanaman hias di Kota Malino. Apakah air yang menggenang di bagian tengahnya dapat mengganggu pertumbuhannya?

“Di bagian tengahnya menampung air. Ini yang unik saya lihat. Air ini berasal dari sisa penyiraman atau sisa air hujan. Namun, tidak mengganggu pertumbuhannya,” kata Nurhayati.

Lalu, berapa harga Bromelia di pasaran yang umum dijumpai? Beberapa jenis yang ada di Kota Malino, tanaman ini dijual cukup terjangkau antara 50 ribu hingga 300 ribu. Tergantung jenis dan ukurannya.

Perawatannya

Tanaman Bromelia lebih tepat ditempatkan dalam ruangan. Hal itu karena sifatnya yang lebih menyukai cahaya sedang.

Untuk kamu yang pemula, perlu diketahui bahwa tanaman ini tidaklah memerlukan pot yang dalam. Ia lebih menyukai tumbuh di pot dangkal. Bahkan, cocok pula ditanam di media tanam rendah seperti media tanam khusus yang banyak dipakai menanam anggrek.

Menariknya, tanaman ini tidak rewel dan tidak memerlukan pupuk khusus. Menurut Nurhayati, yang biasa ia lakukan untuk menjaga pertumbuhan Bromelia adalah dengan sekadar menambahkan kompos pada media tanam setiap beberapa bulan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah proses penyiraman. Siram tanaman dalam jumlah yang sesuai dengan tidak membiarkan ada air yang tergenang di akarnya. Hal ini penting sebab genangan air di akar akan menimbulkan busuk akar.

Oya, ketika sudah berkembang, sewaktu-waktu perlu mengamati pinggiran pot. Anakannya akan muncul dan itu perlu segera dikeluarkan. Pindahkan anakannya di pot yang lain untuk unit tanaman lainnya.

Saat mengambil anakannya, tentu perlu menambahkan media tanam agar tidak menimbulkan lubang pada pot.

Itulah perkenalan singkat mengenai Bromelia, semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Anubias Pinto, Tanaman Mungil yang Bisa Buat Anda Terancam Kaya