Bisa Dibuat Sendiri, Ini Campuran Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias

oleh -34 kali dilihat
Bisa Dibuat Sendiri, Ini Campuran Media Tanam Terbaik untuk Tanaman Hias
Syngonium pink - Foto/Ig:Iwan1510

Klikhijau.com – Selain karena hobi, merawat tanaman hias di rumah dapat memberi rasa bahagia secara psikologis. Selain itu, koleksi tanaman di rumah akan memberi dampak lingkungan dan kesehatan.

Namun, salah satu kendala selama ini dalam menanam tanaman hias adalah media tanam. Kesalahan memilih media tanam akan membuat pertumbuhan tanaman terhambat.

Beberapa jenis tanaman hias bahkan secara spesifik membutuhkan media tanam khusus untuk bisa tumbuh subur. Media tanam adalah sumber nutrisi yang diperlukan tanaman dalam pertumbuhannya.

Nah, bagaimana membuat campuran media tanam yang terbaik untuk kualitas tumbuh tanaman? Artikel ini akan memandu Anda membuatnya sendiri di rumah.

Sebagaimana dilansir dari kanal YouTube Pupuk Lahan, Rabu (8/9/2021), berikut ini beberapa standar utama sebuah media tanam yang subur, antara lain: harus gembur, porous (air tidak mengendap lama), punya rongga udara, tidak masam, steril, dan dapat mengikat air.

Selain itu, media tanam haruslah mengandung unsur hara yang memadai. Nah, berikut ini beberapa campuran untuk media tanam dengan nutrisi yang cukup:

KLIK INI:  Cara Bijak Mengurangi Sampah Makanan di Rumah
Tanah kebun

Tanah kebun terbaik bisa dijumpai di pedesaan. Tandanya cukup mudah yakni seberapa subur tanaman bertumbuh di atasnya.

Bila Sahabat hijau berkunjung ke pedesaan, cobalah mengambil tanah kebun untuk dijadikan campuran media tanam.

Apakah setelah diambil sudah bisa langsung digunakan? Pastikan jangan langsung menggunakannya sebagai campuran media tanam.

Hal yang perlu dilakukan adalah menjemurnya terlebih dahulu di bawah terik matahari selama beberapa hari. Terik matahari diperlukan agar cacing, jamur dan bakteri yang melekat pada tanah bisa hilang.

Saat tanah dijemur, aduklah agar keringnya merata dan benar-benar bebas dari parasit.

KLIK INI:  Jangan Buang Tisu Basah ke Lubang Toilet! Ini Dampaknya
Sekam padi

Sekam padi memang banyak dimanfaatkan untuk media tanam. Namun, sama dengan tanah kebun, sekam padi pelu dipermentasi terlebih dahulu.

Bagaimana caranya? Sekam padi direndam dengan air mendidih selama beberapa menit. Tujuannya adalah agar sekam padi steril dari parasit dan lainnya.

Kompos

Penggunaan kompos atau pupuk kandang bisa jadi alternatif pupuk. Hal istimewa dari kompos adalah sifatnya yang lebih alami dan ramah lingkungan.

Pilihlah kompos terbaik yang sudah matang dan siap digunakan. Di pasaran, kompos yang dijual biasanya ada yang matang dan yang belum. Kompos matang punya kualitas terbaik untuk digunakan.

Arang sekam

Arang sekam juga banyak dimanfaatkan sebagai opsi campuran media tanam. Campuran satu ini dapat menambah kesuburan tanaman.

Bila semua bahan di atas sudah siap, langkah selanjutnya adalah mencampurkannya satu sama lain. Komposisinya adalah sebagai berikut:

Siapkan dua bagian tanah kebun, satu bagian kompos, setengah sekam padi, serta setengah bagian arang sekam. Aduk rata semua bahan media tanam hingga rata, lalu masukkan ke dalam pot.

Media tanam sudah siap digunakan untuk tanaman hias idaman Anda. Gampang kan? Selamat mencoba dan menanam!

KLIK INI:  7 Jenis Adenium Hibrida dengan Tampilan Kembang yang Merona