7 Cara Agar Sirih Gading Tumbuh Cepat dan Memukau

oleh -193 kali dilihat
7 Cara Agar Sirih Gading Tumbuh Cepat dan Memukau
Sirih gading-foto/Shopee

Klikhijau.com – Sirih gading memiliki pesonanya sendiri, khususnya jika ditanam dalam ruangan (indoor). Tanaman hias yang berasal Australia, Jepang, Indochina, China, Malenesia (termasuk indonesia) ini. Termasuk tanaman dari  famili Araceae.

Tanaman ini bernama latin Epipremnum aureum, cara tumbuhnya merambat semi-epifit. Ia merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya.

Tanaman hias ini tidak hanya ditanam sebagai tanaman indoor, tetapi juga sebagai tanaman outdoor untuk menghias pekerangan.

Sirih gading sangat mudah dikenali dari daunnya yang berbentuk hati. Daunnya memiliki warna belang kuning cerah hingga kuning pucat. Namun, bila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil.

KLIK INI:  Berbagai Tips Agar Minim Sampah di Bulan Ramadan

Menanam sirih gading saat ini, di tengah kepungan polusi udara sangat cocok. Sebab tanaman hias ini tidak hanya indah, tetapi juga mampu menyerap racun dan polusi udara di ruangan.

Jika tertarik memelihara sirih gading, berikut sederet tips cara merawatnya agar tumbuh dengan cepat dan memesona:

  • Jaga suhu ruangan

Menjaga suhu ruangan sangat penting pula, sirih gading adalah tanaman yang dapat menikmati kelembapan dengan suhu tinggi sekitar 21 hingga 23 derajat celcius.

Jadi, jika ingin merawat tanaman ini, pastikan suhu udara berada dikisaran  21 hingga 23 derajat celcius. Meski begitu, tanaman ini masih bisa kompromi di suhu rendah 10 derajat celcius.

  •  Periksa kondisi tanaman

Sebelum menanam sirih gading, sebaiknya periksa kondisi tanah sejak awal. Kondisi tanah akan berpengaruh besar terhadat pertumbuhannya. Meski demikian, tanaman ini bisa ditanam di wadah yang berisi air. Hanya saja pertumbuhannya tidak secepat dan sesubur ketika ditanam di dalam tanah.

KLIK INI:  Berkenalan dengan Bunga Oxalis, Tanaman Cinta yang Mudah Dirawat
  • Pastikan terkena sinar matahari, tapi tidak langsung!

Keseimbangan cahaya sangat dibutuhkan oleh tanaman ini. Mereka memerlukan cahaya yang terang, namun tidak dapat menahan sinar matahari secara langsung terlalu lama. Hal itu disebabkan daunnya akan mudah terbakar.

Caranya yang dapat dilakukan agar terkena sinar matahari, tapi tidak langsung adalah meletakkannya di dekat jendela.

Cara tersebut akan membuat tanaman ini  tetap bisa menikmati cahaya terang dari matahari secara tidak langsung.

Jangan tempatkan di ruangan gelap

Sirih gading kurang cocok ditempatkan di ruangan atau sudut yang gelap. Karena daunnya  akan kehilangan variegasinya.

Jadinya, proses pertumbuhan dan kesehatannya akan terusik.

KLIK INI:  Tips Ahli: Merawat Tanaman Hias Agar Tetap Cantik di Musim Hujan
  • Pilih tanah pot yang baik

Menggunakan pot yang standar dan memiliki memiliki drainase baik  akan membuat tanaman ini cepat tumbuh.

Apalagi jika terdapat campuran tanah pot yang bagus. Hal itu akan membuat tanaman ini  bertumbuh dengan subur.

Perlu diketahui, sirih gading akan menikmati pH tanah di angka 6,1 hingga 6,5. Namun,  jika pH tanah sedikit takaran tersebut, tidak akan terlalu banyak menimbulkan reaksi merugikan

  • Beri pupuk tiap 2-3 bulan

Tanpa pupuk pun, sirih gading bisa tumbuh baik apabila menggunakan tanah baik pula. Hanya saja dengan memberinya pupuk setiap 2 hingga 3 bulan selama musim tanam dapat mengoptimalkan tingkat pertumbuhannya.

Pupuk yang ideal digunakan adalah adalah pupuk rumah tangga yang memiliki keseimbangan dan larut di dalam air.

KLIK INI:  Benda-Benda yang Dapat Menyimpan COVID-19 dan Durasinya Bertahan!
  • Siram air saat tanah kering

Penyiraman tanaman perlu dilakukan, khusus untuk tanaman ini tidak bisa menerima air terlalu banyak. Sebab daunnya akan terlihat lemas dan layu, bahkan dapat berubah warna menjadi kuning.

Namun, jika menerima terlalu sedikit menerima air juga dapat berdampak buruk. Karena daunnya akan melengkung, kemudian menjadi lemas lalu pada akhirnya  akan rontok.

Jadi, untuk meminimalkan risiko-risiko tersebut, biarkanlah tanah tanaman mengering dulu baru  disiram. Ketika dua inci tanah bagian atas sudah mengering, itu waktu yang baik untuk menyiramnya

Nah, sahabat hijau, itulah cara merawat tanaman hias sirih gading agar tetap tumbuh subur dan memukau. Selamat mencoba!

KLIK INI:  Laris Manis, 7 Jenis Bunga Ini Paling Diburu di Makassar!