6 Tanaman Hias yang Piawai Melepaskan Oksigen di Malam Hari

oleh -69 kali dilihat
6 Tanaman Hias yang Piawai Melepaskan Oksigen di Malam Hari
Ilustrasi tanaman lidah mertua - Foto/ Katerina Maglogianni dari Pixabay

Klikhijau.com – Tak sekadar hobi, tanaman hias juga memiliki fungsi lain baik secara ekologis maupun kesehatan.

Seorang penggemar tanaman yang baik sudah selayaknya juga mengerti penempatan tanaman, apakah di dalam rumah (indoor) atau di luar rumah (outdoor).

Yah, memang ada jenis tanaman tertentu yang tak bisa hidup dengan paparan cahaya matahari langsung. Karenanya, tanaman ini mesti ditempatkan di dalam ruangan atau di bawah naungan.

Begitu pula sebaliknya, ada tanaman seperti bunga matahari yang hanya bisa hidup bila menyatu dengan sinar matahari langsung. Bunga matahari pun harus ditanam di ruang terbuka agar bisa berkembang.

Namun, bukan hanya soal ini yang perlu diperhatikan. Ada sisi lain yang juga penting dan menarik yakni ada jenis tanaman yang sangat cocok ditempatkan dalam rumah karena kemampuan tanaman tersebut mengeluarkan oksigen di malam hari.

Tanaman yang bisa melepaskan oksigen di malam hari tentu sangat baik bagi kesehatan. Lalu, apa saja tanaman hias yang melepas oksigen di malam hari dan menyerap karbondioksida?

Untuk diketahui tanaman yang melepas oksigen di malam hari melakukan jenis fotosintesis yang dinamai Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

Artinya, bila jenis tanaman ini ditaruh dalam rumah, tentu akan memperbaiki kualitas udara di rumah. Tanaman ini bahkan dapat membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Mengutip Ferns n Petals dari CNN Indonesia, berikut ini beberapa jenis tanaman yang melepaskan oksigen di malam hari.

KLIK INI:  Peperomia dan Tali Hati, Penghias Teras yang Estetik Bermahar Selangit

Tanaman yang melepas oksigen di malam hari

Ada asumsi bahwa menaruh tanaman dalam ruangan di malam hari akan berdampak buruk pada kesehatan. Hal itu karena terjadi perebutan oksigen antara manusia dan tanaman.

Asumsi ini tidaklah salah. Namun, ada jenis tanaman tertentu yang memang tidak masalah bila ditempatkan dalam rumah di malam hari. Tanaman tersebut bahkan dapat melepas oksigen di malam hari. Berikut jenis tanamannya:

  • Palem kuning

Palem merupakan satu tanaman terbaik yang berasal dari hutan tropis lebat. Palem dikenal bisa tumbuh baik meski dengan sedikit akses cahaya matahari.

Palem kuning memiliki kemampuan menyerap semua jenis gas berbahaya di udara seperti formaldehida dan benzene. Tanaman ini juga berperan penting dalam menjaga kelembapan udara.

Meletakkan palem dalam rumah bahkan sangat cocok bagi penderita sinus. Palem mampu melepaskan oksigen di malam hari sehingga membantu pernapasan dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

KLIK INI:  Synchronize Fest 2019: Konser Musik Berkonsep Ramah Lingkungan
  • Lidah Mertua

Lidah mertua merupakan tanaman hias dengan tampilan sederhana dan tidak terlalu glamor. Hal istimewa lainnya pada tanaman ini adalah harganya yang murah-meriah.

Tanaman ini dikenal karena kualitasnya dalam menghasilkan oksigen di malam hari. Lidah mertua juga dapat membantu menghilangkan formaldehida dari udara.

Selain itu, lidah mertua mudah tumbuh dan tak memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini bisa tumbuh bugar meski jarang disiram dan pada ruangan yang minim cahaya.

  • Tulsi

Daun tulsi dapat mengeluarkan aroma khas yang menenangkan saraf dan membantu mengurangi kecemasan. Tanaman ini juga memiliki kemampuan melepas oksigen di malam hari sehingga cocok dirawat di balkon atau dekat jendela. Tulsi dapat membuat tidur kita lebih nyenyak saat malam hari.

KLIK INI:  Bunga Chamomile, Antibakteri dan Kaya Manfaat untuk Kecantikan
  • Lidah buaya

Lidah buaya adalah sukulen yang paling mundah tumbuh bahkan dengan intensitas penyiraman super minim. Lidah buaya juga cocok ditempatkan dalam rumah karena perannya yang luar biasa dalam melenyapkan bahan kimia berbahaya dari air- formaldehyde dan benzene.

  • Peace lily

Peace lily merupakan satu tanaman terbaik yang dapat memurnikan semua senyawa organik yang mudah menguap di udara, seperti benzena, formaldehida, toluena, karbon monoksida, xilena dan lainnya.

Tanaman ini dikenal dapat meningkatkan kelembapan ruangan hingga 5 persen. Dengan peran dan manfaatnya yang istimewa ini, Peace lily sangat baik untuk pernapasan di malam hari.

  • Spider plant

Spider memiliki, sebuah tanaman hias yang bentuk daunnya memanjang laksana jarum.

Tanaman ini juga cocok ditempatkan dalam rumah di malam hari, sebab dapat membantu menambah lebih banyak oksigen. Spider plant juga mampu menyaring senyawa volatil berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan karbon monoksida yang memungkinkan orang bernapas lebih mudah di malam hari.

Itulah 6 tanaman hias dengan peran istimewa bagi kesehatan, semoga beberapa diantaranya sudah ada di rumah Sahabat Hijau yah….

KLIK INI:  Penggunaan Masker Sekali Pakai Lahirkan Bukitan Sampah Plastik