7 Nilai Penting Kupu-Kupu Bagi Manusai dan Lingkungan

Publish by -196 kali dilihat
Penulis: Idris Makkatutu
Selain Fenomena Metamorfosanya, 6 Hal Ini Menarik Diketahui Seputar Kupu-Kupu
Kupu-kupu tergolong dalam bangsa Lepidoptera dan Bantimurung adalah salah satu kerajaannya/foto-Kabare.id

Klikhijau.com – Kupu-kupu merupakan bagian dari keanekaragaman hayati yang harus dijaga  kelestariannya. Karena memiliki nilai penting bagi manusia dan lingkungan.

Keberadaannya di suatu habitat sangat erat kaitannya dengan faktor lingkungan yang ada, baik abiotik seperti intensitas cahaya matahari, temperatur, kelembaban udara dan air; maupun faktor biotik seperti vegetasi dan satwa.

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera ini. Menariknya 50 persen yang ada di Indonesai merupakan jenis endemik.

Sayangnya,  makhluk yang indah ini sekarang mulai mengalami ancaman kelangkaan, apabila jika tidak dilakukan perlindungan, pelestarian serta pembinaan habitat agar tetap lestari.

KLIK INI:  Terancam Punah, Buah-Buahan Kenangan Ini Bakal Jadi Bahan Nostalgia

Menurut  Teguh Heny Sulistyani ( 2013) penyebabnya karena  area hutan yang semakin berkurang karena konversi hutan menyebabkan gangguan terhadap hutan dan kehidupan di dalamnya, termasuk semakin bertambahnya jenis kupu-kupu yang terancam punah di alam.

Sekitar 19 jenis kupu-kupu Indonesia terancam punah. Padahal menurut  Lamatoa dkk (2013 ) kupu-kupu mempunyai nilai yang sangat penting, yakni:

  • Memiliki nilai ekologi

Serangga ini menjadi salah satu indikator lingkungan. Ia memiliki nilai ekologi yang sangat penting. Itu disebabkan karena imago banyak melakukan pollinasi terhadap tumbuhan tertentu.

  • Memiliki nilai budaya

Jika Anda berkunjung ke Bantimurung, Maros. Anda akan temukan banyak souvenir atau cendera mata yang dipajang.

Sebagain dijual dan sebagainnya lagi bentuk dekoratif dan bernilai senih yang indah. Bagi masayarakat Bantimurung serangga ini memiliki nilai budaya yang tinggi dan harus dilestarikan.

  • Memiliki nilai pendidikan

Meski hanya serangga, tapi  telah mengantar banyak orang meraih gelar akademik seperti sarjana. Itu karena banyak pelajar dan mahasiswa melakukan penelitian  terhadap berbagai aspek kupu-kupu.

  • Memiliki nilai endemisme

Kurang lebih 50 persen kupu-kupu yang ada di Indonesia merupakan endemik. Itu artinya  memiliki nilai endemisme, baik berupa endemisme regional, pulau maupun endemisme lokal.

KLIK INI:  2019, BBKSDA Sulsel Selamatkan Puluhan Satwa Liar Dilindungi, Sebagian Besar Serahan Masyarakat

Namun, sayangnya jenis endemisme lokal sangat rentan terhadap kepunahan, sehingga memerlukan perhatian yang besar.

Khusus di Bantimurung, Mattimu (1977) menjelaskan bahwa beberapa jenis kupu-kupu endemik dapat ditemukan di sana, antara lain : Papilio blumei, P. polites, P. satapses, Troides halliptron, T. helena, T. hypolites, dan Graphium androcles.

  • Memiliki  nilai estetika

Wallacea, pada tahun 1857 pernah tinggal di Bantimurung dan melukiskan kupu-kupu ekor sriti (Papilio androcles) sebagai berikut: Bila makhluk yang indah ini terbang, ekornya yang panjang berwarna putih berkilat-kilat seperti umbai-umbai, dan bila  hinggap di tepi sungai, ekornya akan diangkat k eatas seakan mencegahnya dari kemungkinan kerusakan (Whitten dkk, 1987)

Kupu-kupu ekor sriti mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi karena warna dari sayapnya yang menawan dan sangat artistik. Ia mempunyai bentuk sayap yang has, sehingga terlihat sangat berbeda dengan yang lain.

  • Memiliki nilai konservasi

Statusnya yang terancam punah menjadikannya memiliki nilai konservasi yang tinggi. Khususnya jenis kupu-kupu endemik lokal. Mereka mempunyai nilai konservasi yang sangat tinggi, sehingga memiliki nilai perioritas utama untuk di konservasi dan dilindungi.

KLIK INI:  Padang Loang, Tempat Nostalgia dengan Pasukan Kahar Muzakkar
  • Memiliki nilai ekonomi

Tidak bisa dipungkiri jika beberapa jenis kupu-kupu memiliki nilai ekonomi.  Bukan hanya imagonya yang dapat dijual dalam bentuk cendera mata, tetapi justru kepompong mempunyai nilai ekspor yang cukup tinggi.

Saat ini kepompong beberapa jenis kupu-kupu tertentu telah di ekpor ke pasaran internasional, terutama ke Inggris.

Kepompong ini dimasukkan ke taman kupu-kupu untuk dipertontonkan kepada pengunjung, bagaimana spektakulernya imago yang sedang keluar dari kepompong.

Sayangnya, karena adanya nilai ekonomi itulah, menyebabkan  terjadinya ancaman terhadap kehidupan kupu-kupu di alam.

Nah, itulah nilai penting kupu-kupu terhadap manusia dan lingkungan.

KLIK INI:  Ini Jenis Burung yang Dinyatakan Telah Punah atau Mendekati Kepunahan
Editor: Idris Makkatutu

KLIK Pilihan!