Buah Rambutan, Lezat Dagingnya dan Jangan Sepelekan 4 Manfaat Ajaib Bijinya

oleh -1,395 kali dilihat
Buah Rambutan, Lezat Dagingnya Tapi Jangan Sepelekan 4 Manfaat Ajaib Bijinya

Klikhijau.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, musim rambutan punya kisahnya sendiri. Di kebun saya di Selatan Sulsel, buah rambutan mulai memerah di akhir bulan Maret ini. Seperti biasa, saya mencicipi manisnya langsung dari pohonnya.

Tapi, sebelum ini, saya sudah cukup lama merasakan nikmatnya buah rambutan. Sepanjang jalan se isi kota Makassar dan sekitarnya, buah rambutan dijajal murah meriah. Tak peduli siang atau malam, kota seolah terkepung buah rambutan.

Sekadar diketahui buah rambutan adalah salah satu buah tropis yang berasal dari Asia, khususnya Asia Tenggara.

Sampai saat ini, buah rambutan dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti mengobati anemia, diare, disentri, menurunkan kolesterol, hingga mengobati radang.

KLIK INI:  Ini Manfaat Jika Mengonsumsi Buah Rambutan

Rasanya pun manis, bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan makanan sajian lainnya, seperti sup buah, salad, hingga manisan.

Tentunya dengan rasa yang manis dan beragam manfaat tersebut membuat orang menjadi lebih suka mengonsumsi jenis buah yang satu ini.

Tapi tidak hanya buahnya saja, baru-baru ini ada sebuah studi baru yang menjelaskan bahwa biji rambutan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Meskipun sempat ada rumor yang mengatakan bahwa biji dari rambutan tak layak makan, namun rumor tersebut telah terbantahkan dengan hasil studi ini. Nah, berikut adalah 4 manfaat biji rambutan bagi kesehatan.

1. Mencegah Diabetes

Rasa dari biji rambutan memang berbeda dengan dagingnya. Jika dagingnya memiliki rasa manis, justru biji rambutan rasanya cenderung pahit dan kadang asam.

Diklaim pula bahwa tidak hanya mencegah diabetes, biji rambutan pun bisa mengontrol kebersihan di dalam darah. Karena rasanya yang cenderung pahit, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara memanggang terlebih dahulu layaknya kacang-kacangan.

2. Mengobati Sariawan

Telah dijelaskan jika biji rambutan memiliki serangkaian vitamin yang baik bagi kesehatan. Salah satu kandungan vitamin yang dominan adalah vitamin C.

Seperti yang diketahui, vitamin C sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh serta bisa mengobati penyakit musiman, seperti flu dan sariawan.

3. Melancarkan Pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan atau sembelit, tidak ada salahnya Anda mencoba biji rambutan. Pasalnya, biji dari buah tropis ini mengandung serat yang cukup baik dan tentunya bisa mengobati keluhan-keluhan dalam pencernaan.

Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsinya terlalu banyak karena bisa menyebabkan usus menjadi lebih keras dalam bekerja.

KLIK INI:  Saat Komunitas Literasi Berkebun: Tanam Pohon Tin, Panen Rambutan
4. Meningkatkan Imun

Sampai saat ini, bawang putih adalah salah satu hasil alam yang dipercaya memiliki manfaat sebagai sistem imun tubuh seseorang. Nah, jika tidak ada bawang putih, Anda bisa menggantinya dengan biji rambutan.

Sebab, telah dibuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi biji rambutan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak pernah mengonsumsi biji rambutan

****

Nah, setelah mengetahui ini, saya malah berpikir untuk menanam dua tiga pohon rambutan di depan rumah. Kelak bisa menikmati buahnya yang ditanam dari tangan sendiri.

Saya juga akhirnya paham, mengapa di kebun kami banyak pohon rambutan bertumbuh tak beraturan, orang tua kami selalu berpesan: simpan biji rambutan yang telah kau makan dan lemparkan bijinya di kebun dan di samping rumah!

KLIK INI:  Peperomia dan Tali Hati, Penghias Teras yang Estetik Bermahar Selangit