Murah Meriah, Ini 9 Obat Maag Alami yang Mudah Ditemukan

oleh -791 kali dilihat
Murah Meriah, Ini 9 Obat Alami Atasi Maag yang Mudah Ditemukan
Irhyl R Makkatutu

Klikhijau.com – “Maag kambuh,” tulis seorang teman di story Whatsappnya lengkap dengan emotikon menangis. Istilah maag adalah saat sedang naik. Padahal asam lambung dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Akan jadi masalah jika produksi asam lambung berlebihan ditambah lagi dengan rusaknya sfingter lambung. Akibatnya, asam lambung naik ke kerongkongan, menimbulkan sensasi nyeri dan panas, baik di area dada maupun tenggorokan. Selain itu, perut akan terasa mual dan kembung

Penyakit asam lambung seperti ini dalam dunia medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD menjadi penyakit asam lambung yang paling umum dialami orang-orang yang kemudian lebih dikenal dengan istilah maag.

Untuk mengobati asam lambung atau maag, biasanya penderita akan lari ke apotik untuk mencari obatnya, tapi sebenarnya banyak obat alami asam lambung yang bisa ditemukan di rumah atau sekitaran rumah:

KLIK INI:  Keripik Daun Kelor, Memang Ada? Ini kisah dan Khasiatnya!
  • Mustard

Mustard diperkaya oleh mineral dan cuka. Tak hanya itu, mustar juga mengandung alkalin, yang mana zat ini bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

Saat mulai merasakan gejala asam lambung naik, segeralah mengonsumsi sekitar 1 sendok makan mustard untuk meredakan nyeri pada area dada dan tenggorokan.

Mustard adalah bahan tambahan makanan yang juga bisa dijadikan obat asam lambung alami.

  • Lidah buaya

Mengonsumsi lidah buaya dipercaya efektif meredakan peradangan lambung yang menyebabkan asam lambung naik. Saat merasakan gejala asam refluks lambung, siapkan daun lidah buaya, lalu olah menjadi jus lidah buaya dan minum sebelum makan.

Lidah buaya yang selama ini kita ketahui bermanfaat untuk menyuburkan rambut, ternyata juga merupakan obat asam lambung alami.

  • Teh chamomile

Rebus daun chamomile, lalu tunggu selama kurang lebih 1 menit. Produk teh chamomile saat ini banyak dijumpai di supermarket. Guna menambah cita rasa, Anda bisa mencampur teh chamomile dengan lemon atau madu.

daun chamomile berguna menetralkan asam lambung. Obat alami asam lambung ini dapat diminum sebelum tidur, tepatnya satu jam sebelum tidur.

KLIK INI:  Wow, 8 Obat Alami Ini Bisa Membuat Suasana Harmonis Pasangan

Selain mengobati asam lambung naik, teh chamomile juga efektif untuk meredakan stres yang menjadi salah satu pemicu asam lambung naik.

  • Air kelapa

Baik air kelapa hijau atau minyak kelapa dapat menyembuhkan maag. Air kelapa memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh.

Sedangkan minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag.

Kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Selain menyegarkan, peradangan karena maag juga akan sembuh secara perlahan.

  • Jahe

Jahe dapat memberikan respons gastroprotektif, yaitu mencegah peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, jahe juga berfungsi untuk melawan bakteri Helicobacter pylori, yakni bakteri yang hidup pada asam lambung.

Adanya bakteri tersebut ditengarai akan memperparah kondisi penyakit asam lambung.

Campurkan jahe dengan segelas air panas, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kamu juga bisa menambahkan lemon untuk menambah cita rasa. Minum air jahe setengah jam sebelum makan.

  • Buah-buahan

Buah-buahan memang punya segudang manfaat, termasuk mengatasi asam lambung. Buah adalah obat asam lambung alami yang sangat disarankan untuk Anda konsumsi.

Sebagai contoh, buah pisang. Buah berkulit kuning ini efektif mengatasi asam lambung naik karena memiliki kandungan zat yang bersifat antasid alami.

Selain pisang, ada juga buah apel. Konsumsi buah apel sebaiknya menjelang tidur agar saat Anda terlelap, tekanan dan volume asam lambung dapat terkontrol.

KLIK INI:  Menelisik Manfaat Kayu Secang yang Menggiurkan
  • Air rebusan kunyit

Kunyit mengandung curcumin, yang merupakan kandungan anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial. Kandungan ini dapat menenangkan mukosa pada lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag.

Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, atau bisa juga dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, konsumsi air kunyit setiap hari atau setidaknya satu kali setiap dua hari.

  • Madu dan lemon

Madu memiliki kandungan alami yang dapat membunuh bakteri jahat, anti-inflamasi, dan juga kaya akan antioksidan. Sedangkan lemon, meskipun bersifat asam, ia mampu melindungi lambung.

Jika dicampurkan dengan air dan sesuai dosis yang dianjurkan, lemon dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida dalam lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka atau peradangan dengan memicup produksi mucus.

Awali harimu dengan mengkonsumsi honey-lemon shot setiap pagi, dalam keadaan perut kosong. Dosisnya adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat.

Apabila rutin diminum, kamu akan merasakan perbedaan pada lambung dan juga metabolisme badan secara keseluruhan.

  • Jus air kentang

Jus air kentang dapat digunakan untuk mengobati maag secara alami karena kandungan garam alkalinya. Garam alkali dalam air kentang akan bereaksi dengan asam lambung yang berlebih dalam lambung dan juga mengurangi peradangan lapisan lambung.

Kupas 2 kentang, lalu cuci sampai bersih. Ketika sudah bersih, parut dan peras air jus dari hasil parutan. Tuangkan sampai setengah gelas lalu campur dengan air hangat, setelah itu minum ± 30 menit sebelum makan.

Kamu bisa minum campuran jus air kentang ini dua kali sehari.

Hal lainnya yang perlu kamu lakukan adalah mencobanya, selamat mencoba!

KLIK INI:  Bayam Duri, Gulma yang Tumbuh Liar Namun Kaya Manfaat