Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji

oleh -519 kali dilihat
Murah dan Efektif, Ini Khasiat Ajaib Daun Jambu Biji
Daun jambu biji/foto-Idris Makkatutu
Irhyl R Makkatutu
Latest posts by Irhyl R Makkatutu (see all)

Klikhijau.com – Persoalan diare, dulu di kampung saya. Sebelum obat-obat kimia “menghinggapi” kepala warga. Daun jambu baji, khususnya yang masih muda atau pucuknya selalu menjadi solusi mengusir diare.

Cara mengonsumsinya cukup sederhana, cukup petik pucuk daun jambu biji lalu kunya dan telan. Terkadang pula dicampur dengan garam.

Lalu obat-obat kimia datang, daun jambu biji perlahan banyak ditinggalkan jika diare menyerang. Warga lebih senang mengonsumsi obat-obat dari iklan televisi (obat kimia)

Penyebab lainnya, kenapa daun jambu biji ditinggalkan sebagai obat diare, sebab pohonnya mulai berkurang di kampung saya.

Saya lalu bertanya apakah khasiat daun jambu biji, khususnya yang masih muda hanya untuk mengusir diare. Rupanya tidak, ada puluhan manfaat yang dikandungnya.

  • Mengatasi diare

Daun jambu biji telah dikenal luas sebagai obat alamiah yang akan sangat manjur mengatasi diare. Pakar kesehatan juga menemukan fakta menarik bahwa kandungan alami daun jambu biji ternyata efektif dalam menekan frekuensi dan keparahan dari buang air besar diare.

Daun jambu biji memiliki senyawa antibakterinya yang kuat, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

  • Mengobati bronkitis

Daun jambu membantu mengobati bronkitis dengan membuka paru-paru, mengendurkan lendir dan menenangkan batuk.

  • Mencegah diabetes

Daun jambu biji dapat mencegah penyerapan sukrosa dan maltosa oleh tubuh, yang membantu menurunkan kadar gula darah.

Daun jambu biji secara efektif dapat menurunkan glukosa darah pada pasien diabetes.

  • Menurunkan berat badan

Daun jambu biji dapat mencegah pati kompleks diubah jadi gula. Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara rutin jika sedang melakukan program penurunan berat badan.

  • Penyakit gigi dan gusi

Ya, karena daun jambu biji ini memiliki sifat anti-inflamasi juga. Mereka efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan dan mulut.

  • Mencegah rambut rontok

Daun jambu diketahui bisa mencegah rambut rontok. Ekstrak dari daun jambu biji bisa dioleskan ke kulit kepala untuk mencegah rambut rontok.

  • Pencernaan

Daun jambu biji dapat merangsang produksi enzim pencernaan. Sifat anti-bakteri pada daun dapat membunuh bakteri dan mencegah sakit perut.

  • Mengobati demam berdarah

Daun jambu biji digunakan sebagai obat alami untuk mengobati demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah platelet dalam darah.

  • Mengurangi alergi

Daun jambu biji mencegah pelepasan histamin yang efektif dalam menghambat reaksi alergi.

  • Mengobati luka dan mencegah infeksi

Daun jambu biji memiliki khasiat menyembuhkan dan dapat mengobati luka bakar. Senyawa antibakteri juga dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan infeksi.

  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Daun jambu biji disebut juga dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

  • Anti penuaan

Daun jambu biji mengandung antioksidan yang membunuh radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Ini membantu dalam memperbaiki warna kulit dan melindungi kulit Anda dari penuaan.

  • Mengobati jerawat

Daun jambu biji menghilangkan jerawat dan bintik hitam dari kulit. Mereka mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selamat mencoba, selamat kembali pada alam.