Mengenal Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui

Publish by -15.447 kali dilihat
Penulis: Redaksi
Fungsi Alam Semesta dan Cara Bijak bagi Manusia Menjaga Kebermanfaatannya
Ilustrasi /foto-Quipper

Klikhijau.com – Apa saja sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui? Sumber daya alam adalah bahan atau benda yang dimanfaaatkan manusia dan berasal dari bumi.

Yang pertama, adalah sumber daya alam yang terbarukan (dapat diperbaharui). Sesuai namanya, sumber daya ini dapat diperbaharui dan tumbuh kembali, sehingga tidak akan pernah habis. Berbeda dengan yang kedua, yakni sumber daya alam tak terbarukan (tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang terbarukan (dapat diperbaharui)

Jika melihat sumber daya alam yang terbarukan, pohon menjadi salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena ia dapat tumbuh kembali setelah ditebang. Contoh lainnya adalah hewan. Hewan yang mati entah akibat diburu, usia, ataupun kecelakaan akan tergantikan oleh hewan yang baru lahir.

KLIK INI:  Kutu Menghuni Bulu Mata Wanita Ini karena Malas Bersihkan Sisa Makeup

Diantara  sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini, pohonlah yang paling banyak dimanfaatkan, terutama bagian batangnya. Dengan memanfaatkan batang pohon, maka kita bisa menghasilkan beragam benda yang berbeda, seperti furnitur, kertas, hingga kardus.

Pohon pun dapat menghasulkan produk sampingan yang terbuat dari sisa makanan, diantaranya saat pohon telah ditebang, maka akan menghasilkan serbuk kayu yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar, pembuatan papan partikel dan produk sampingan lainnya.

Udara dan air juga menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Udara maupun air memang tidak tumbuh kembali seperti pohon maupun melahirkan bayi seperti binatang. Namun, udara dan air memiliki siklus, sehingga keberadaannya akan selalu ada.

Sumber daya alam tak terbarukan (tidak dapat diperbaharui)

Sumber daya alam tak terbarukan biasanya banyak ditemukan di dalam tanah. Sumber daya ini bukanlah makhluk hidup, sehingga sulit ditemukan.

KLIK INI:  Komisi IV DPR RI Dukung Pengembangan Wisata Alam Papua

Sumber daya ini tidak dapat tumbuh kembali  atau terganti. Ini termasuk bahan bakar fosil yang digunakan untuk menghasilkan gas alam, minyak, hingga batubara. Mineral yang digunakan dalam pembuatan logam juga merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam tak terbarukan ini terbentuk dalam waktu jutaan tahun.  Bisa dibayangkan jika tidak diikuti dengan penggunaan yang bijak, maka sumber daya alam ini akan habis dan kita pun tidak akan mampu menikmati penggunaan minyak, gas alam, dan batubara.

Bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara, dan gas tidak akan bertahan lama. Material ini tidak akan dapat diperbarui. Karena alasan inilah, banyak orang yang mencari alternatif pengganti untuk digunakan sebagai bahan bakar, seperti tenaga angin dan matahari yang lebih ramah untuk masa depan.

Kedua sumber alam inilah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia mulai dari makanan, rumah, pakaian, dan apapun kebutuhan lainnya.

KLIK INI:  Hujan Ekstrem Jadi Penanda Indonesia Alami Krisis Iklim?

Misalnya saja Anda memiliki rumah, maka pasti bangunan rumah Anda memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam ini, seperti kayu yang berasal dari pohon. Selain itu digunakan batu bata, semen, maupun logam yang terbuat dari mineral.

Baik sumber daya alam yang dapat diperbarui maupun tidak, kita harus memanfaatkan keduanya dengan bijak demi kelestarian sumber daya alam.

Menggunakan secara bijak bukan berarti tidak menggunakannya. Hanya saja, kita ahrus mempertimbangkan penggunaannya, karena jika dieksploitas berlebihan dapat menyebkan habisnya sumber daya alam ini. Kalau bukan kita yang melindungi, siapa lagi?

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menjaga sumber daya alam?

Anda dapat mengurangi, menggunakan kembali, maupun mendaur ulang sumber daya alam yang akan Anda gunakan. Misalnya saja matikan lampu saat tidak digunakan.dengan begtu Anda menghemat penggunaan listrik, karena untuk menghasilkan listrik dibutuhkan bahan bakar fosil yang saat ini mulai sulit didapat.

KLIK INI:  Mengetahui 5 Sumber Daya Alam Utama yang Dimiliki Indonesia

Ada juga bisa memulai dengan menhemat penggunaan bensin (bahan bakar kendaraan) dnegan memperbanyak penggunaan sepeda atau berjalan kaki jika memang tempat yang Anda tuju dekat. Misalnya saja hanya ke warung depan, mengapa tidak mencoba berjalan kaki.

Selanjutnya, mulailah mengurangi penggunaan plastik dengan membawa sendiri tas belanja Anda. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali sibandingkan kantong plastik. Dengan begitu Anda akan membantu mengurangi sampah dan menjaga bumi.

Anda juga dapat mendaur ulang. Mendaur ulang artinya memanfaatkan kembali sumber daya alam atau produk alami untuk membuat sesuatu yang baru.

Sayangnya, tak semuanya bisa didaur ulang. Anda harus mengumpulkan jenis sampah yang dapat di daur ulang, seperti plastik, kertas, karton, alumunium, hingga baja.

Semoga mencerahkan!

KLIK INI:  Makassar Digital Valley Selenggarakan Program Green Network
Editor: Anis Kurniawan

KLIK Pilihan!