Mengetahui 5 Sumber Daya Alam Utama yang Dimiliki Indonesia

oleh -8,372 kali dilihat
Bagaimana Interaksi Manusia dengan Lingkungan?
Ilustrasi /foto-Quipper

Klikhijau.com – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk cukup besar dan potensi sumber daya alam melimpah. Letaknya yang berada di garis tropis membuat Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam, baik biotik maupun abiotik.

Sumber daya biotik meliputi makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan. Sedangkan abiotik meliputi benda mati, seperti udara, air, tanah, hutan, dan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara kita, Indonesia.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, bahkan ada penggalan lirik lagu bebunyi “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman”. Memang benar, karena Indonesia memiliki segalanya. Mari kita lihat satu per satu sumber daya alam Indonesia

  1. Tanah

Sebenarnya tak hanya Indonesia saja, namun setiap negara pastilah memiliki tanah dan memiliki wilayah kekuasaan.

Di atas tanah inilah seluruh kehidupan manusia berjalan. Makhluk hidup, terutama manusia dapat memanfaatkan keberadaan tanah ini untuk beragam kegiatan seperti bercocok tanam, mendirikan hunian, hingga membuat pulau baru. Ada beberapa jenis tanah yang berada di Indonesia, diantaranya:

KLIK INI:  Pencitraan Bisa Menyesatkan Pengelolaan Lingkungan

Tanah Vulkanik, yaitu tanah yang terbentuk akibat letusan gunung berapi yang masih aktif. Tanah jenis ini sangat mudah diolah dan tanah yang baik dan subur untuk bercocok tanam, sehingga tak heran jika banyak orang yang bercocok tanam di kaki gunung.

Tanah Non Vulkanik, yaitu tanah yang bukan merupakan hasil dari vulkanisasi. Biasanya ditemukan di wilayah Riau, Pulau Sumatera, dan Kepulauan Bangka.

Tanah Organik, yang memiliki nama lain gambut atau humus. Anda dapat menemukan tanah khusus ini di sekitar rawa. Tanah ini berawal dari tumbuhan yang sudah busuk dan sering ditemukan di Pulau Merauke dan Kalimantan. Tanah ini berwarna hitam pekat dan juga sangat baik untuk tanaman.

  1. Udara

Sumber daya alam selanjutnya adalah udara. Banyak yang salah mengira udara bukan termasuk sumber daya alam karena bentuknya yang tak terlihat. Anggapan ini salah. Udara menjadi salah satu sumber daya terpenting.

KLIK INI:  Kasus Pencabutan Izin Usaha Perkebunan di Sorong, Pertanda Moratorium Sawit Diperpanjang

Di Belanda udara dimanfaatkan sebagai energi melalui teknologi kincir angin. Sumber daya udara sendiri dibagi menjadi tiga kategori, mulai dari sumber energi matahari, sumber energi angin, dan sumber energi gas. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri-sendiri.

  1. Laut / Samudera

Lautan menjadi salah satu sumber daya melimpah yang ada di negara ini. Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita harus bangga dengan banyaknya lautan di setiap sudut pulau.

Laut memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Potensi ikan laut Indonesia bahkan ditaksir bisa mencapai 6 juta ton tiap tahunnya.

Kementerian Kelutan dan Perikanan beserta nelayan telah melakukan beragam upaya untuk memaksimalkan hasil panen setiap tahunnya. Salah satunya dengan membuat beragam produk olahan ikan yang cukup terkenal, yakni ikan kalengan.

  1. Hutan

Jika membicarakan hutan, maka Indonesia menjadi salah satu negara yang luar biasa. Indonesia memiliki 99,6 juta hektar yang tersebar diseluruh nusantara.

KLIK INI:  Mengenal Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Tidak Dapat Diperbaharui

Walaupun hanya 1,3% saja dari seluruh luas dunia, namun hutan Indonesia ini sangat kaya dan kekayaannya bahkan mencakup 25% dari semua jenis ikan diseluruh planet ini, 17% dari semua burung, 16% dari jumlah reptile dan 12% mamalia.

Keberadaan hutan sangatlah penting dan banyak sekali memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan kayunya, Anda bisa membuat hunian maupun furnitur.

Bahkan Anda juga bisa menemukan hewan yang tinggal didalamnya untuk dimanfaatkan sebijak mungkin. Bukan berarti Anda bisa menebang dan berburu seenaknya. Jangan serakah

  1. Pertambangan

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan sumber tambang. Tiga sumber tambang utama yang dimiliki Indonesia adalah gas, minyak bumi, dan batu bara. Hasil tambang inilah yang kerapkali diolah untuk dijadikan bahan bakar mesin untuk keperluan sehari-hari.

Gas alam yang berasal dari fosil tumbuhan dan hewan yang terkubur jutaan tahun lalu juga dapat diolah menjadi bahan bakar.

Selain itu, gas alami juga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan generator listrik, industri, manipulasi cuaca, dan sebagainya. Banyaknya manfaat gas alam ini tentu membantu sistem perekonomian kita.

Minyak bumi juga menjadi sumber daya alam penting untuk kehidupan manusia. Di era teknologi yang serba canggih ini kita tidak bisa hidup tanpa solar, bensin, dan bahan bakar lainnya.

Minyak bumi memiliki peranan penting dalam menopang kehidupan manusia. Sayangnya minyak bumi menjadi sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga gunakan dengan bijak ya!

KLIK INI:  Bisakah Pemkot Makassar Mencontoh Pemkot Surabaya?