Bagaimana Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman?

oleh -55,172 kali dilihat
Bagaimana Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman?
Ilustrasi tanaman-Foto/Pixabay

Klikhijau.com – Bagaimana pengaruh suhu terhadap tanaman atau pertumbuhan tanaman? Selain cahaya, suhu juga punya pengaruh penting terhadap tanaman.

Suhu memiliki pengaruh penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama dalam beberapa proses fisiologis di bawah ini:

  1. Buka dan menututupnya stomata
  2. Kinerha enzim
  3. Transpirasi
  4. Penyerapan air dan nutrisi (unsur hara)
  5. Pembentukan primordia bunga
  6. Respirasi
  7. Fotosintesis
  8. Cita rasa tanaman

Pada tanaman hortikultura suhu merupakan faktor penting dalam pembentukan primordia bunga, dimana dalam pembentukan bunga tanaman dibutuhkan suhu optimal yaitu suhu yang dibutuhkan tanaman dalam pembentukan primordia bunga.

KLIK INI:  Meniran, Tumbuhan Liar yang Bisa Melindungi Hati

Dalam pembentukan bunga, tanaman memerlukan suhu optimal untuk pembentukan primordia bunga.

Suhu tinggi pada tanaman dapat merusakkan enzim sehingga metabolisme tidak berjalan baik. Sedangkan, suhu rendah pun menyebabkan enzim tidak aktif dan metabolisme terhenti.

Pengaruh suhu pada pertumbuhan tanaman

Suhu yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman dikenal sebagai suhu kerdinal yaitu meliputi suhu optimum, suhu minimum dan suhu maksimum.

Suhu kardinal berbeda-beda tergantung pada jenis tanamannya. Suhu di bawah batas maksimum atau di atas optimum tidak baik untuk tanaman, keadaan ini disebut suhu ekstrim.

KLIK INI:  Guppy, Ikan Hias Primadona Sejuta Umat

Pengaruh faktor suhu pada tanaman menimbulkan gangguan-gangguan pada tanaman baik secara morfologi maupun fisiologinya.

Pengaruh suhu terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat dibedakan sebagai berikut:

Suhu Optimum

Batas suhu yang membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman diketahui sebagai suhu optimum. Pada batas ini semua proses dalam perkembangan dan pertumbuhan tanaman akan berjalan baik dari segi morfologi muapun fisiologinya.

Proses fisiologi tersebut antara lain yaitu :

  • Fotosintesis
  • Respirasi
  • Penyerapan air
  • Transpirasi
  • Pembelahan sel
  • Pemanjangan sel dan
  • Perubahan fungsi sel

Tanaman yang menghendaki batas suhu optimum yang rendah (tanaman musim dingin), yaitu tanaman yang tumbuh baik pada suhu 45-600F. Sedangkan, tanaman yang menghendaki batas suhu optimum yang tinggi (musim panas), yaitu tanaman yang tumbuh baik pada suhu antara 600F sampai 750F

Berikut tipe-tipe tanaman dan suhunya:

KLIK INI:  Bagaimana Meletakkan Tanaman dalam Kamar Tidur Menurut Feng Shui?
Tanaman Musim Dingin (suhu Optimum = 45-600F)
Tanaman buah-buahan Tanaman sayuran Tanaman hias
 Apel, pear dan strawbery   Kubis, wortel, kentang dll  Gramenium, petunia
Tanaman Musim Dingin (suhu Optimum = 60-750F)
 Apricot, grape, citrus   Tomat, waluh, ketimun  Rose, orchid
Batas suhu yang merugikan

Batas suhu yang tidak merugikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat dibedakan  baik secara morfoligi dan fisiologinya.

Suhu di atas Maksimum berpengaruh terhadap :

  1. Respirasi yaitu terjadinya proses respirasi dan absobsi air yang tinggi sehingga terjadi proses-proses perombakan protein dan terhambatnya kinerja enzim (denaturasi).
  2. Terganggunya pembentukan sel generatif yang  terjadi karena rusaknya pembelahan sel secara mitosis sehingga biji akan mandul atau kosong.
  3. Terjadinya translokasi yaitu terganggunya proses pengangkutan dan penyebarann assimilat (hasil fotosintesis) dari sumber fotosintesis ke bagian-bagian tanaman yang menggunakan atau menyimpan cadangan makanan seperti : buah, batang dan umbi.
  4. Terjadinya mutasi gen akibat adanaya suhu yang terlalu tinggi yang menyebabkan berubahnya susunan genetik tanaman atau adanya sinar gamma.
  5. Tanaman kekurangan unsur hara, karena suhu tinggi dapat mengganggu perombakan-perombakan senyawa-senyawa penting bagi tanaman.
  6. Tanaman menjadi layu akibat suhu yang tinggi sehingga absorbsi air yang rendah dan tingginya evapotranspirasi.

Sedangkan suhu di bawah minimum berpengaruh terhadap :

  1. Perlambatan pertumbuhan dan perkembangan serta menghambat pembungaan tanaman.
  2. Absorbsi unsur hara dan air terganggu karena air akan membekupada suhu dibawah minimum dan akar tanaman akan membeku yang menyebabkan fikositas  menjadi naik. Penyerapan unsur hara juga terganggu karena bakteri-bakteri pengurai akan mengalami dormansi atau istrihat.
  3. Respirasi menurun karena kebutuhan air dan udara dalam tubuh tanaman menjadi rendah seiring rendahnya aktivitas-aktivitas dalam tubuh tumbuhan.
  4. Perkecambahan benih akan teganggu dimana embrio akan rusak yang disebabkan rusaknya membran sel dalam biji.
  5. Sufokasi (suffocationI)lambatnya pertumbuhan tanaman karena suhu udara yang rendah pada tanah dan kekurangan oksigen.
  6. Dedikasi yaitu terjadinya kekeringan fisiologis karena absorbso air terhambat karena kurangnya permeabilitas selaput akar atau karena naiknya visikositas air dalam air bahkan membeku.

Demikianlah penjelasan mengenai pengaruh suhu terhadap perkembangan tanaman. Semoga bermanfaat!

KLIK INI:  Tanaman Bisa Mendengar dengan Baik Meski Tak Punya Telinga